by

Tips Berinvestasi dengan Dana Kecil

Berinvestasi adalah salah satu alternatif untuk mengembangkan uang selain dengan menabung. Alasan utama dari mereka yang lebih senang memilih menginvestasikan uang daripada menabung adalah, karena seperti yang kita tahu bunga tabungan sangatlah kecil nilainya, dan tidak bisa mengimbangi laju inflasi. Oleh karena itu jika hanya mengandalkan tabungan, jaminan di hari kemudian belum akan dapat teratasi seluruhnya.

Tips Berinvestasi dengan Dana Kecil
Tips Berinvestasi dengan Dana Kecil

Karena itulah saat ini tidak sedikit orang yang mulai belajar menginvestasikan harta mereka. Namun sayangnya, kesadaran akan investasi tersebut kebanyakan masih terjadi pada mereka yang ekonominya kuat, sedangkan untuk masyarakat menengah kebawah, cenderung tidak terlalu tertarik dengan yang namanya investasi.

Biasanya mereka tidak tertarik investasi bukan karena tidak sadar akan pentingnya investasi dalam mengelola keuangan, namun karena mereka merasa kesulitan untuk menyisihkan sebagian dananya buat investasi. Nah, untuk itu bagi anda yang hanya mempunyai dana kecil, jangan khawatir, anda masih bisa investasi apabila mau menerapkan 4 poin penting berikut ini. 

4 Poin Penting Agar Bisa Berinvestasi dengan Dana Kecil 

  1. Sisihkan Uang Pendapatan

Cara ini bisa dibilang sangat ampuh, hanya saja semua tergantung diri kita sendiri. Cobalah anda untuk menyisihkan sebagian uang penghasilan/gaji anda, katakanlah sebesar 20%, dan jangan gunakan uang tersebut. Jika dalan satu bulan penghasilan anda adalah 5 juta, maka setiap bulannya anda harus menyisihkan uang sebesar 1 juta. Investasikan uang senilai 1 juta tersebut perbulannya. Bayangkan jika anda bisa menginvestasikannya selama 1 tahun, anda bisa mendapatkan 12 juta.

Ketika anda berinvestasi, jangan berpikir bahwa anda bisa langsung menikmati manfaat uang yang di investasikan tersebut. Perlu diketahui, berinvestasi bukanlah hal yang bisa dirasakan manfaatnya dalam jangka pendek. 

  1. Memilih Waktu yang Tepat

Salah satu tips untuk berinvestasi dengan dana atau modal yang kecil untuk anda adalah pemilihan waktu yang tepat. Lalu kapan waktu yang tepat itu? Jawabannya adalah ketika kondisi perekonomian Dunia sedang bagus. Disini anda dituntut untuk selalu memantau keadaan ekonomi Dunia atau Negara, entah melalui media online, media elektronik ataupun media cetak. Selain itu, anda juga perlu menganalisis tentang keadaan perekonomian dunia tersebut. 

  1. Carilah Reksa Dana yang Tepat

Mungkin ada beberapa dari anda yang masih awam dengan yang namanya Reksa Dana. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Reksa Dana adalah wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar.

Perlu anda ketahui, Reksa Dana sendiri merupakan sebuah alternatif bagi anda yang hanya memiliki modal atau dana kecil untuk di investasikan melalui Perusahaan Manajer Investasi.

Dalam hal ini anda perlu untuk memilih produk Reksa Dana mana yang tepat untuk berinvestasi. Pilihlah produk Reksa Dana yang kondisinya stabil dalam beberapa periode terakhir. Ini penting untuk anda mengetahui gambaran tentang keamanan berinvestasi di produk Reksa Dana tersebut. Jika anda melupakan hal itu, apa yang anda investasikan tersebut akan berisiko untuk rugi. 

  1. Tentukan Tujuan Anda Berinvestasi

Sangat penting untuk anda menentukan apa tujuan anda berinvestasi. Apabila anda sendiri tidak mempunyai tujuan tertentu akan apa yang anda investasikan tersebut, anda hanya akan berhenti di tengah jalan.

Menentukan tujuan juga harus disesuaikan dengan skala prioritas, apakah untuk jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Misalnya, dengan anda berinvestasi sejumlah 1 juta perbulan anda mempunyai tujuan untuk bisa berhaji 4 tahun yang akan datang atau untuk persiapan menikah 3 tahun yang akan datang. Jika anda sudah menentukan tujuan anda, maka nantinya apa yang anda investasikan tersebut tidak akan sia-sia.

Berinvestasi sangatlah banyak manfaatnya, untuk anda yang penghasilannya pas-pasan, tak perlu ragu untuk memulai berinvestasi dengan menerapkan cara-cara seperti yang telah disebutkan di artikel ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *