by

Tips Berkeliling Asyik di Pulau Madura

-Wisata-77 views

Madura merupakan sebuah pulau kecil di seberang pulau Jawa yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Akhir-akhir ini, mulai banyak tempat wisata yang dieksplor di beberapa kota seperti Sumenep, Bangkalan, Sampit, dan kota lainnya di Madura.

Tips Berkeliling Asyik di Pulau Madura
Tips Berkeliling Asyik di Pulau Madura

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah di seantero nusantara dan juga wisatawan asing tertarik untuk singgah ke pulau yang dikenal sebagai penghasil garam terbesar di Indonesia ini. Nah, untuk lebih menikmati liburan Anda di pulau Madura, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda semasa berkunjung ke pulau ini menyenangkan dan tidak membosankan. Apa saja tipsnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Tips Berkeliling Asyik di Pulau Madura

  1. Pilih Transportasi yang diinginkan

Sebelum menuju ke Madura, tentukan transportasi apa yang ingin Anda gunakan. Terdapat tiga pilihan yaitu jalur darat, laut, dan udara. Jika memilih jalur darat, Anda bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus dari terminal di Surabaya.

Ada dua macam bus yakni ekonomi dan patas. Kalau anda ingin menaiki bus ekonomi, Anda akan melalui perjalanan laut dengan kapal menuju pelabuhan Kamal dengan rute terakhir di Kalianget, Sumenep. Sedangkan bus patas akan melewati Jembatan Suramadu.

Selain itu, Anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil. Untuk melewati Jembatan Suramadu, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp. 3.000 hingga 60.000 tergantung jenis kendaraan.

Jika tak ingin menempuh jalur darat, Anda bisa merasakan sensasi laut dengan menaiki kapal feri dengan fasilitas yang modern dan tarif yang murah. Anda juga bisa menyaksikan panorama lautan biru yang luas sepanjang penyebrangan. Jika mau Anda dapat mengabadikan pemandangan berbagai jenis kapal serta  patung Jalesveva Jayamahe yang berada di ujung dermaga. Untuk perjalanan alternatif, Anda juga bisa menempuh jalur udara dari bandara Juanda Surabaya menuju bandara Trunojoyo Madura.

  1. Jagalah Kesopanan

Dimanapun Anda berkunjung, hal yang perlu diperhatikan adalah kesopanan. Bersikaplah yang baik dengan sesama pengunjung maupun masyarakat lokal. Jangan terlalu gaduh dan heboh sehingga tidak mengganggu orang lain di sekitar Anda. Gunakan juga pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka sebab mayoritas penduduk Madura beragama Islam.

Ingat, jangan membuang sampah sembarangan apalagi merusak fasilitas dan cagar budaya. Ada baiknya sebelum ke Madura, Anda bisa mencari informasi terkait kebudayaan dan tradisi masyarakat Madura agar lebih memahami tindak tanduk yang harus dilakukan serta dilarang. 

  1. Sedia Minuman yang Banyak

Berkunjung ke Madura berarti harus siap untuk minum yang banyak. Pasalnya, pulau dengan penduduk sekitar kurang lebih 4 juta orang ini memang sangat panas. Jadi, untuk terhindar dari dehidrasi, haruslah meminum air putih dalam jumlah yang lebih dari biasanya.

Pastikan persediaan air minum selalu ada selama Anda berwisata disini. Apalagi, jika Anda berniat untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Madura seperti Gili Labak, Gili Genting, atau Kangean, karena di pulau tersebut air tawar merupakan hal yang langka dan mahal. 

  1. Bawalah Makanan yang Cukup 

Meskipun di pulau ini telah banyak berjajar warung dan restoran yang menawarkan kuliner khas Madura seperti Bebek, Sate, dan Soto Merah, Anda bisa membawa bekal makanan sendiri sebagai cadangan jika rasanya tidak cocok dengan lidah Anda. Apalagi jika Anda akan mengeksplor lokasi wisata yang masih berada jauh dari keramaian masyarakat Madura, maka sangat disarankan untuk membawa bekal persediaan makanan yang cukup. 

  1. Gunakan Sunblock di Siang Hari

Pulau Madura memang terkenal dengan hawanya yang panas. Bahkan, bisa sangat menyengat saat musim paceklik tiba. Maka dari itu, salah satu hal wajib yang harus Anda bawa adalah sunblock yang bisa digunakan untuk melindungi kulit Anda ketika terpapar sinar ultraviolet secara langsung. Selain sunblock, Anda juga bisa membawa alat pelindung kepala seperti selendang, topi, atau payung agar Anda bisa dengan nyaman menikmati pemandangan wisata yang ada.

Nah, itulah lima tips yang bisa Anda gunakan saat akan berkunjung ke pulau Madura. Semoga bermanfaat ! (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *