by

Tips Jitu Agar Produk Anda Bisa Tembus Pasar Ekspor

-Bisnis-120 views

Saat ini banyak pelaku bisnis yang tak hanya memusatkan perhatiannya dalam menjual produk pada pasar domestik saja. Sebagian besar pebisnis sudah mulai memperluas jaringan bisnisnya agar bisa menembus pasar internasional. Segala bentuk promosi pun dicoba, mulai dari mengikuti acara pameran hingga menitipkan barang-barang produksinya pada saudara atau teman yang berada di luar negeri.

Tips Jitu Agar Produk Anda Bisa Tembus Pasar Ekspor
Tips Jitu Agar Produk Anda Bisa Tembus Pasar Ekspor

Bagi Anda yang juga memiliki keinginan dan rencana untuk melebarkan sayapnya ke pasar ekspor, maka sebaiknya Anda ketahui dulu tips-tips penting agar produk Anda bisa tembus pasar internasional.

Tips Jitu Agar Produk Bisa Menembus Pasar Ekspor

  1. Paham Semua Prosedur Impor-ekspor 

Salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh para pebisnis adalah lemahnya informasi dan pemahaman mereka mengenai aturan ekspor-impor yang benar. Sebagian dari mereka mungkin tahu aturan mainnya, namun kurang memahami prosedurnya, sehingga mereka tidak tahu produk-produk apa saja yang dapat diekspor serta apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Salah satu syarat untuk mengekspor produk bisnis ke negara tujuan adalah menyiapkan dokumen-dokumen tertentu seperti kontrak penjualan, pemberitahuan ekspor barang, bill of leading, letter of credit, polis asuransi, faktur perdagangan, surat keterangan asal, packing list, wesel ekspor, serta surat pernyataan mutu.

Sementara tahapan-tahapan yang wajib dilakukan untuk mengirim produk bisnis Anda ke luar negeri yaitu, korespondensi, membuatkan kontrak dagang, menerbitan letter of credit, menyiapkan barang ekspor, daftarkan pemberitahuan ekspor barang, memesankan ruang kapal, mengirim barang ke pelabuhan, memeriksa bea cukai, memuat barang ke kapal, membuat SKA (surat keterangan asal barang), mencairkan letter of credit, dan yang terakhir pengiriman barang ke importir.

  1. Perhatikan Standar Mutu dari Produk Bisnis

Sebelum Anda  mengekspor barang atau produk ke negara tujuan, terlebih dahulu Anda perlu memperhatikan kualitas dari produk Anda, apakah sudah sesuai dengan standar mutu pasar internasional atau belum. Pasalnya, masalah seperti ini kerap dialami para pelaku bisnis sebab produk yang ditawarkan belum masuk standar mutu di negara tujuan ekspor mereka.

Karena itulah Anda perlu meneliti kualitas mutu produk Anda di negara yang akan menjadi tujuan ekspor. Dalam hal ini, pastikan produk Anda harus mempunyai keunggulan dan telah memiliki surat izin industri dari berbagai pihak yang bersangkutan.

Berbicara tentang standar mutu, ada beberapa pengetahuan yang perlu Anda pahami agar bisa menghasilkan produk yang bermutu. Pertama yaitu, pelajari teknologi yang dapat menghasilkan produk bermutu. Selanjutnya baru melakukan inovasi, baik dari segi logistik, kemasan maupun transportasi.

Pemahaman berikutnya yang perlu Anda kuasai yaitu cara melakukan perbaikan yang terus berlanjut dalam memproduksi barang dan yang terakhir yaitu mengasah kemampuan menangani pelanggan agar bisa mendapat kepercayaan. 

  1. Konsisten Memasok Produk Bisnis

Sebagai seorang eksportir atau pelaku bisnis, Anda dituntut untuk bisa selalu menjaga konsistensi pasokan dari produk atau barang yang diekspor agar klien Anda di negara tujuan ekspor tidak kecewa. Kapasitas dan kualitas produk juga harus selalu ditingkatkan agar bisa selalu memenuhi permintaan pasar ekspor yang semakin hari semakin besar serta dapat bersaing dengan produk lain di pasar internasional.

  1. Paham Lingkungan Pasar Internasional

Anda sebagai pelaku bisnis sangat penting untuk memahami lingkungan pasar internasional. Anda harus tahu sistem perdagangan global mulai dari karakteristik hukum, ekonomi, budaya hingga politik di negara tujuan bisnis Anda. Anda juga perlu memutuskan pasar yang akan menjadi target bisnis dan memperhitungkan tingkat risiko yang bisa terjadi, investasi, serta laba yang akan diraih.

Agar bisa menjadi seorang pebisnis sukses di pasar internasional, maka jangan ragu-ragu untuk mulai belajar dari awal mengenai ilmu ekspor-impor. Dan tentunya jangan lupa juga untuk menerapkan tips-tips penting di atas. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *