by

Tips Jitu Membangkitkan Semangat Bekerja pada Hari Libur

Sebuah lembaga atau instansi tertentu kadang memiliki kebijakan sendiri dalam mengatur waktu libur karyawannya. Ada kalanya, karyawan harus tetap bekerja di kantor meskipun hari minggu ataupun saat hari libur nasional. Bagi sebagian orang terutama karyawan, hal ini memang menjenuhkan. Mereka mungkin akan merasa iri terhadap karyawan lain yang bisa beristirahat dan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama keluarga.

Tips Jitu Membangkitkan Semangat Bekerja pada Hari Libur
Tips Jitu Membangkitkan Semangat Bekerja pada Hari Libur

Selain kebijakan dari perusahaan, seseorang terkadang juga harus rela bekerja pada hari libur karena tumpukan pekerjaan dan deadline yang semakin sempit. Walau sangat manusiawi apabila tidak mau menerima pekerjaan pada hari libur, akan tetapi karena alasan tertentu membuat orang tak punya pilihan lain selain mengikuti aturan di tempat kerjanya.

Tentunya anda sebagai karyawan tidak perlu stres menghadapi masalah ini. Anda harus tetap membangkitkan semangat pada diri Anda supaya tetap fokus bekerja agar hasil yang di dapat bisa maksimal. Nah, caranya bagaimana? Simak dan terapkan 4 trik sederhana tapi manjur yang kami rangkum berikut ini.

Empat Trik Sederhana Membangkitkan Semangat Bekerja pada Hari Libur

  1. Bangkitkan Semangat Sejak Membuka Mata di Pagi Hari

Rasa malas bekerja kemungkinan besar akan bangkit pada saat pertama kali Anda membuka mata (bangun tidur) di hari libur. Kesadaran Anda bahwa hari tersebut adalah hari libur akan membuat Anda malas bangun. Padahal, pekerjaan sudah menanti. Oleh karena itu, motivasi diri Anda sejak bangun tidur. Pikirkan hal-hal yang positif agar semangat pun kembali muncul. Tidak perlu iri terhadap pekerjaan orang lain, karena Anda memang sudah di takdirkan sedemikian rupa, sehingga Tuhan memilih Anda untuk mendapatkan pekerjaan itu. Coba pikir diluar sana banyak orang pengangguran yang sangat kesulitan mencari pekerjaan, sedangkan Anda? Tidak !, tinggal menjalani. 

  1. Bentuk Antusiasme

Setelah berhasil bangun pagi dengan semangat yang cukup membara, pertahankan semangat tersebut dan tularkan dengan rekan-rekan Anda. Bentuk antusiasme yang kuat dalam diri Anda dan lingkungan Anda. Di lingkungan yang bersemangat, Anda akan lebih fokus dan bersemangat dalam menjalankan pekerjaan meskipun Anda tahu bahwa hari tersebut adalah hari libur. Selalu pikirkan untuk memberi yang terbaik, karena percayalah tidak akan ada yang sia-sia dalam pekerjaan.

  1. Pikirkan Hal Menyenangkan dari Pekerjaan Anda

Agar semangat Anda tetap terjaga, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan dari pekerjaan Anda. Bisa terkait dengan gaji dan bonus yang akan Anda dapatkan, atau apa pun yang membuat Anda merasa bersemangat. Jangan sekali-sekali Anda mengeluh karena keluhan dapat menurunkan semangat Anda. Jalanilah pekerjaan Anda dengan bersemangat seperti hari-hari biasanya. Buat diri Anda enjoy dan menikmati pekerjaan, sebab inilah kunci kita bahagia menjalani pekerjaan yang kita geluti.

  1. Pikirkan Perjuangan Anda dalam Mendapatkan Pekerjaan Anda Saat ini

Pekerjaan yang Anda dapatkan saat ini tentu tidak turun langsung dari langit. Anda tentu harus berjuang terlebih dahulu agar mendapatkan pekerjaan ini. Saat terpaksa Anda harus bekerja pada hari libur, anggap saja itu sebagai bonus dari pekerjaan Anda. Jangan berpikir negatif. Pikirkanlah perjuangan Anda untuk mendapatkan pekerjaan ini. Meskipun perjalanan yang harus Anda tempuh ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi Anda, jangan menyerah. Ingat, setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan ini, Anda pasti akan mendapatkan bayaran yang setimpal.

Tidak ada pekerjaan yang tidak memiliki hari libur. Meskipun waktu libur Anda saat ini harus dikobarkan untuk menyelesaikan tanggung jawab Anda, akan ada kesempatan lain yang mana Anda bisa membayar kerja keras Anda dengan liburan yang menyenangkan. Pikirkan hal ini untuk memotivasi diri Anda.

Demikian artikel tentang empat hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk menyemangati diri sendiri ketika harus bekerja pada hari libur. Oya, semangat tidak harus selalu berasal dari diri sendiri, Anda juga bisa mendapatkannya dari lingkungan kerja Anda, biasanya saat melihat teman sekantor semangat, maka Anda akan ikut bersemangat juga. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *