by

Tips Memilih Nama Toko Online

-Bisnis-218 views

Sebelum meluncurkan bisnis online seperti toko online, Anda tentu saja sangat membutuhkan branding yang tepat untuk nama toko online Anda. Nama toko online yang Anda pilih akan ikut serta membantu membangun eksistensi bisnis Anda. Jadi, dalam memilih nama toko online Anda tidak bisa sembarangan dan harus mempertimbangkan aspek-aspek penting dalam penamaan sebuah brand. Jika Anda masih bingung/kesulitan dalam menentukan nama yang tepat untuk toko online Anda, berikut beberapa tips membuat nama toko online yang bisa Anda jadikan acuan. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

Tips Memilih Nama Toko Online
Tips Memilih Nama Toko Online

Tips Dalam Memilih Nama Toko Online

1. Berkesan dan Mudah Diingat

First impression pembeli adalah pada nama toko Anda. Jika nama toko Anda susah diingat dan berbelit, tentu hal ini akan sangat menyusahkan bagi pembeli dan calon pembeli. Untuk itu, carilah nama yang gampang diingat dan berkesan.

Anda dapat menggunakan spesifikasi-spesifikasi tertentu, seperti nama hari, bulan, atau nama benda. Dengan begitu pengunjung akan mudah mengingat dan mencari toko online Anda. Tak hanya itu pengunjung juga dapat dengan mudah merekomendasikan toko Anda pada kerabat mereka. Sehingga akan memudahkan dalam marketing dari satu individu ke individu yang lain.

2. Buatlah Nama Toko yang Efektif dan Efisien

Efisien berarti tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Buatlah yang sederhana namun unik sehingga gampang diingat. Pastikan bahwa pengunjung toko online Anda dapat mengeja dengan gampang.

Hindari penggunaan singkatan dan simbol. Singkatan akan mempersulit pengunjung mengeja toko Anda, begitu pula dengan simbol. Coba praktikkan pada rekan sekitar, jika mereka mengeja dengan mudah maka nama tersebut bisa dipertimbangkan. Nama yang mudah juga mempermudah pelanggan ketika harus browsing di internet nantinya.

3. Jangan Terpaku pada Branding Toko Sebelah

Toko sebelah mungkin jauh lebih dulu memulai bisnis online dan telah memiliki banyak pelanggan. Nama brand mereka yang populer jangan dijadikan alas untuk memilih nama toko Anda. Selalu jauhi nama brand-brand terkenal yang ada, dan buatlah sesuatu yang baru dan kreatif.

Jadilah inovatif, perhatikan setiap hal disekitar Anda yang dapat menarik perhatian serta unik untuk digunakan. Dengan begitu, toko Anda akan lebih berwibawa dibandingkan harus mengekor branding orang lain.

4. Perhatikan Makna Nama

Sebagian orang menganggap nama adalah doa. Tentu saja ini adalah hal yang positif dan Anda dapat menggunakannya. Penyisipan makna dalam nama toko juga dapat berarti memasukkan unsur pribadi pemilik maupun jenis dagangan yang ditawarkan.

Gunakan spesifikasi yang unik dan menarik serta makna yang baik bagi nama toko Anda. Hindari nama-nama yang mengandung unsur sara maupun berbau kontroversi karena dapat merugikan usaha Anda.

5. Uji Terlebih Dahulu Sebelum Mematenkan

Ujilah nama yang telah Anda pilih pada kolom pencarian Google. Pastikan semuanya aman dan tidak ada unsur negatif maupun unsur yang memicu munculnya kontroversi. Jika nama yang dipilih mengandung kontroversi atau hal negatif meskipun terdengar unik dan menarik, sebaiknya carilah nama baru yang mengandung unsur positif di dalamnya.

Begitulah beberapa tips dalam memilih nama toko online yang sebaiknya Anda terapkan. Nama serta branding yang tepat sangat berpengaruh pada masa depan bisnis Anda. Aplikasikan tips yang kami berikan untuk memilih nama toko online agar bisnis Anda dapat berkembang dengan lebih baik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *