by

Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Online

-Bisnis-127 views

Jika Anda berkecimpung dalam bisnis jual beli online, memiliki supplier terpercaya merupakan hal yang sangat penting. Supplier merupakan tempat Anda membeli dagangan, sehingga jika tidak berhati-hati dalam memilih supplier yang tepat, kemungkinan Anda bisa merugi akan sangat besar.

Supplier yang baik adalah supplier yang memberikan layanan dan kualitas barang dengan kondisi yang baik pula. Sebagai bahan masukan untuk Anda para pebisnis online pemula, berikut beberapa tips dalam memilih supplier agar bisnis online Anda bisa sukses. Bagaimana caranya? Simak pembahasannya berikut ini.

Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Online
Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Online

Tips Memilih Supplier untuk Bisnis Online

1. Temukan Supplier yang Anda Mungkin Cocok lalu Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Tentang Supplier Tersebut

Banyak supplier online yang menawarkan produk-produk mereka dengan kualitas dan harga yang kelihatannya menarik. Namun, jangan gampang terkecoh dengan harga yang murah. Pastikan bahwa supplier tersebut benar-benar memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai supplier tersebut. Testimoni dan penilaian pelanggan dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk menyimpulkan kualitas dan tingkat kepercayaan supplier tersebut.

2. Pastikan Kredibilitas

Kredibilitas seorang supplier akan menentukkan jalannya bisnis Anda dengan Supplier. Dengan kredibilitas yang baik, Anda mendapatkan pelayanan yang baik pula. Selalu periksa penilaian pembeli lainnya serta feedback yang mereka berikan terkait hal tersebut. Meskipun harga yang ditawarkan murah, namun jika pelayanannya tidak profesional sebaiknya Anda hindari supplier tersebut dan carilah supplier lainnya.

3. Pastikan Supplier Mudah Dihubungi

Pastikan kontak supplier yang tertera. Cobalah semua kontak yang tercantum dan pilih mana yang sekiranya mendapatkan respon tercepat. Hindari supplier yang sulit di hubungi dan tidak bisa di telephone.

4. Pastikan Produk yang Ditawarkan Legal dan Asli

Kelegalan produk akan berpengaruh pada kredibilitas toko Anda. Pastikan jika supplier yang Anda pilih menjual produk yang legal. Misalkan, jika Anda berjualan dalam bidang kuliner, periksa apakah produk tersebut aman atau halal untuk dikonsumsi.

Jika Anda berkecimpung dalam penjualan barang dengan merek ternama, pastikan pula barang yang didapat original. Periksa dengan mencari informasi mengenai spesifikasi maupun harga pada halaman website asli brand tersebut.

5. Sebelum Memutuskan, Beli Sampel Terlebih Dahulu

Sebelum benar-benar membeli dalam jumlah banyak, wajib Anda pastikan terlebih dahulu kualitas barangnya. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kekecewaan atau kerugian di kemudian hari. Belilah sampel terlebih dahulu atau belilah dalam jumlah minimum, jika bisa ecer maka belilah dalam jumlah satuan terlebih dahulu. Dan jika sudah yakin barangnya berkualitas, baru beli dalam jumlah besar.

6. Sebaiknya Pilih Supplier yang Menerima Pengembalian Barang

Periksa segala kebijakan yang berlaku. Mengenai pengiriman barang, pembayaran maupun pengembalian barang. Karena ini akan berpengaruh pada kelancaran usaha yang Anda geluti.

Pastikan jika barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau berbeda dengan deskripsi dapat dikembalikan atau diretur. Jika tidak ada kebijakan ini, sebaiknya carilah supplier yang menerapkan sistem pengembalian barang.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana memilih supplier online yang baik. Pilihlah supplier sesuai dengan kriteria yang telah saya berikan di atas agar meminimalisir dari hal-hal yang tidak Anda inginkan dalam bisnis online.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *