by

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

-Bisnis-90 views

Perkembangan teknologi saat ini memang berdampak luar biasa pada kehidupan serta kesejahteraan umat manusia. Tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Terlebih dalam hal ini pengaruh teknologi internet. Keberadaan internet membuat banyak orang menjadikannya sebagai jalan dalam mengembangkan usahanya.

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula
Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Karena seperti yang kita tahu, untuk memulai bisnis online tidaklah rumit. Tak harus memiliki skill programmer, karena orang awampun bisa melakukannya. Misalnya dengan memanfaatkan facebook, instagram, dan media sosial lainnya. Atau jika ingin lebih terlihat profesional, bisa dengan membuat website toko online sendiri.

Tips Sukses Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Nah, jika saat ini anda berencana membuka bisnis online, sebaiknya simak tips-tipsnya berikut ini.

  1. Tentukan Barang Dagangan yang Sekiranya Potensial dan Berkualitas

Sebelum memulai berbisnis online, Anda harus jeli mengenai produk yang akan Anda pasarkan. Anda harus pastikan bahwa minat masyarakat terhadap produk Anda tinggi. Misalkan, produk kecantikan, fashion, gadget, dan produk-produk populer lain.

Anda juga bisa memasarkan produk luar yang sulit ditemukan di Indonesia. Misalkan berupa sepatu atau tas bermerek dan aneka aksesoris gadget. Apapun barang yang Anda jual, pastikan kualitas barang tersebut bisa dijamin. Jangan sampai, pembeli kapok setelah membeli produk Anda, gara-gara mutu barang yang Anda jual berada dibawah standar.

  1. Buat Toko Online yang Profesional

Setelah Anda menentukan barang yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah dengan membuat toko online. Walau bisa juga menjual produk Anda di media sosial, namun kami sarankan Anda tetap mempunyai website toko online sendiri. Agar usaha Anda terlihat profesional, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk yang Anda jual menjadi tinggi.

  1. Pelayanan yang Terbaik pada Konsumen

Apapun usaha yang Anda geluti, entah itu jualan offline maupun online, pelayanan yang baik pada pelanggan menjadi kunci sukses usaha Anda. Meski Anda menjual produk dengan harga yang bersaing, dan dengan kualitas produk yang bagus, tak ada gunanya jika Anda tidak ramah pada pelanggan.

  1. Lakukan Promosi yang Maksimal

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis online Anda. Mulai dengan mengenalkan produk tersebut di akun media sosial, baik itu facebook, instagram dan twitter. Atau tak ada salahnya juga mencoba iklan yang berbayar, baik itu fb ads, maupun google adwords. Selain itu, membuat website dengan optimasi SEO yang maksimal bisa menjadi salah satu cara jitu menarik banyak pengunjung. Karena bila teknik SEO pada toko online Anda berhasil, dan bisa nangkring di halaman pertama Google, tentunya potensi mendapat banyak kunjungan akan sangat besar.

  1. Buat Tampilan Produk yang Menarik dengan Deskripsi Mendetail

Dalam memasarkan produk secara online, tampilan gambar produk adalah hal penting yang harus diperhatikan. Karena ini menjadi hal utama yang menjadi pertimbangan calon konsumen sebelum memutuskan membeli. Selain itu tulis deskripsi produk dengan semendetail mungkin agar calaon pembeli tidak ragu untuk memutuskan membeli.

Nah itu dia ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai tips memulai bisnis online bagi pemula. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *