by

Trik agar Jago Jualan di Instagram

Sebagai pebisnis online tentu Anda memiliki cara tersendiri untuk memanfaatkan sosial media, khususnya untuk berpromosi. Nah, berbicara mengenai promosi di media sosial, tentunya Instagram menjadi salah satu yang cukup potensial dalam mendatangkan konsumen/pembeli.

Bagi yang masih pemula, berikut kami bagikan beberapa trik ampuh supaya jago jualan di Instagram, sehingga produk Anda akan laris manis dibeli konsumen.

Trik agar Jago Jualan di Instagram
Trik agar Jago Jualan di Instagram

Trik agar Jago Jualan di Instagram

  1. Buatlah akun khusus produk yang dijual

Dalam memaksimalkan penggunaan instagram sebagai sarana jualan,  idealnya jangan menggunakan akun yang bersifat pribadi. Untuk akun utama, sebaiknya buat akun khusus yang memang di optimasi untuk jualan. Seperti menggunakan nama produk atau brand sebagai nama profil. Intinya agar terlihat profesional dimata konsumen jangan sesekali mencampurkan akun bisnis Anda dengan akun pribadi Anda.

  1. Perbanyaklah Followers

Langkah selanjutnya yang tentunya sangat penting ialah harus mencari followers sebanyak mungkin. Makin banyak followers yang dimiliki tentunya makin luas pangsa pasar atau target market Anda. Untuk mendapatkan followers yang banyak langkah sederhana yang dapat Anda mulai adalah membangun relasi dengan akun-akun instagram yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Disamping itu, bisa juga dengan hunting akun yang menjual produk sejenis yang reputasinya bagus dan sudah populer. Biasanya akun seperti ini memiliki followers yang banyak.

Keuntungan lain menjadi followers akun yang lebih profesional, ialah Anda bisa belajar teknik-teknik penjualan/promosi yang mereka lakukan. Lalu terapkan pada akun bisnis online di instagram Anda.

  1. Lengkapi foto profil akun dengan data yang jelas

Pastikan akun Anda dibuat se-profesional mungkin. Lengkapi semua data yang tercantum, dan pilih foto profil yang bagus dan menjual. Intinya, semakin jelas atau semakin lengkap data yang Anda cantumkan, maka makin besar tingkat kepercayaan calon konsumen pada toko online Anda di instagram.

  1. Foto produk harus berkwalitas, jelas, dan deskripsi harus mendetail

Setiap foto produk yang diupload ke Instagram tentunya harus yang jelas, serta jangan lupa menyertakan deskripsi produk, dengan penjelasan yang mendetail. Mulai dari brand, nama produk, kode produk, warna, ukuran/size, model, bahan, harga dan sebagainya.

  1. Cantumkan berbagai testimoni positif dari pelanggan

Tak ada salahnya demi menarik minat pembeli, Anda memajang testimoni kepuasan dari para pelanggan yang telah mencoba produk Anda. Jadi jangan lupa, setiap terjadi transaksi, minta pembeli menuliskan testimoni, terkait produk ataupun pelayanan yang Anda berikan. Oh ya, walau testimoni ini cukup penting, namun tetap cantumkan testimoni yang benar-benar asli, bukan testimoni abal-abal dari hasil edit.

  1. Ramah dan sabar melayani pelanggan

Hal penting yang harus dimiliki penjual adalah sikap ramah serta sabar. Ingat pembeli produk yang Anda jual secara online adalah dari semua kalangan masyarakat dari sabang sampai merauke yang terjangkau internet. Jadi, mungkin saja Anda mendapati pembeli dengan temperamen atau sifat yang kurang baik/sopan. Dan apapun itu, agar jualan Anda sukses, Anda harus bisa bersabar dan tetap ramah melayaninya, hal ini akan memberikan feedback positif pada akun bisnis online Anda di instagram.

Nah, itu dia beragam trik supaya jualan di Instagram bisa sukses dan terus berkembang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *