by

Ukuran Iklan Google Adsense yang Direkomendasikan

Google Adsense memang merupakan salah satu dari penyedia iklan terbaik, karena kualitas yang sudah terpercaya dan dikelola oleh perusahaan besar seperti Google. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan penghasilan dari Google Adsense. Salah satunya adalah dengan memasang ukuran iklan Google Adsense yang direkomendasikan oleh pihak Google Adsense sendiri.

Lalu apa sebenarnya pengaruh ukuran iklan dengan penghasilan yang kita dapatkan dari Google Adsense dan ukuran iklan yang mana yang direkomendasikan oleh pihak Google Adsense?

A. Pengaruh Ukuran Iklan Google Adsense Terhadap Pendapatan Publisher

  1. Untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal dari Google Adsense memang ada banyak faktor, seperti trafik visitor, kualitas konten yang kita miliki, negara asal visitor (pengunjung) dan banyak lagi faktor lain, termasuk yang mungkin sering kita anggap sepele, yaitu ukuran iklan Google Adsense yang kita pasang di situs kita. Hal ini dikarenakan pada ukuran dan jenis iklan tertentu banyak sekali diminati oleh para Advertiser atau pihak pengiklan, sehingga pada ukuran-ukuran iklan tersebutlah banyak Advertiser yang mengiklankan produknya, dan secara otomatis hal ini akan menguntungkan bagi kita para Publisher Google Adsense karena akan mendapatkan kesempatan menayangkan iklan jauh lebih banyak, tidak sampai terjadi iklan Google Adsense yang blank atau tidak tampil di situs kita.
  2. Ukuran iklan Google Adsense juga mungkin berpengaruh terhadap CPC (Cost Per Klik). Ada beberapa ukuran iklan Google Adsense yang bekerja dengan sangat baik (performa yang paling tinggi) menurut Google Adsense sendiri. Saya sendiri juga membuat penalaran yang sederhana tentang hal ini, misalnya saja kita mengiklankan banner di jalan raya pasti biayanya tidak akan sama dari banner ukuran 2×2 meter dengan banner 5×5 meter. Biayanya akan jauh lebih tinggi banner yang berukuran 5×5 meter (mungkin bisa dua kali lipat). Lalu ukuran berapa saja yang sangat direkomendasikan oleh Google Adsense untuk dipasang? Berikut penjelasannya.

B. Ukuran Iklan Google Adsense yang Direkomendasikan untuk Dipasang

  1. Ukuran yang direkomendasikan oleh pihak Google Adsense untuk dipasang di situs kita mungkin saja tidak selamanya permanen itu-itu saja. Namun dari data terakhir yang saya dapatkan melalui email Google Adsense kemarin (tidak lama sebelum artikel ini ditulis), ada beberapa ukuran iklan yang oleh pihak Google Adsense dinyatakan mempunyai “highest performing ads” atau performa iklan yang paling tinggi, ukuran iklan tersebut antara lain: unit iklan 300×250, 336×280, 728×90, dan 160×600. Anda masih belum percaya? Silakan lihat gambar screenshot dari email yang saya dapatkan dari Google Adsense berikut.

    Ukuran Iklan Google Adsense yang Direkomendasikan
    Ukuran Iklan Google Adsense yang Direkomendasikan
  2. Nah, jika anda jeli pada email tersebut Google Adsense juga memberitahukan bahwa kita disuruh menyediakan konten yang lebih banyak daripada iklan Google Adsense/iklan lain yang kita pasang di situs kita. Itu artinya untuk memaksimalkan pendapatan kita dari Google Adsense, selain memasang iklan dengan ukuran terbaik, kita juga dianjurkan memiliki konten yang kaya (banyak kontennya) daripada banyak iklannya (mungkin hal ini bisa mengganggu pengunjung).

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sharingkan atau bagikan dengan anda mengenai ukuran iklan Google Adsense yang direkomendasikan untuk di pasang di situs kita. Meskipun konten situs akan tetap menjadi raja, setidaknya ukuran iklan yang kita pilih selain akan memaksimalkan pendapatan, juga dapat membuat situs kita terlihat enak dipandang (tidak terlalu banyak iklan). Sekedar informasi tambahan, kalau jumlah iklan Google Adsense yang dipasang saat ini boleh sebanyak-banyaknya, tidak seperti dahulu yang setahu saya hanya boleh 3 unit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *