by

Update Algoritma Google Terbaru, Burukkah?

Pada awal agustus tahun 2018 kemarin, Google mengumumkan bahwa mereka telah mengupdate algoritma pencarian mereka (Search Engine Result Pages) mereka yang akan berdampak secara global. Secara global disini maksudnya akan mempengaruhi seluruh area atau wilayah, sehingga diseluruh negara yang menggunakan Google akan mengalami efeknya walaupun kebanyakan dari pengguna pencarian Google tidak akan terlalu peduli akan hal ini.

Akan tetapi berbeda lagi dengan Blogger seperti kita yang juga mencari penghasilan melalui blog, setiap update algoritma Google akan membuat kita was-was, akankah blog yang kita kelola terkena efeknya atau tidak. Jika efeknya baik atau semakin banyak pengunjung tentu saja ini menyenangkan, akan tetapi jika efeknya buruk terjadi penurunan pengunjung tentu saja ini kabar buruk. Mengenai hal ini, saya sendiri yang juga seorang Blogger adalah salah satu yang terkena dampak efek buruk algoritma terbaru Google.

Sejak diluncurkannya algoritma terbaru milik Google, dibeberapa situs blog yang saya kelola telah terjadi penurunan visitor yang bervariasi, mulai dari yang sedikit hingga yang lebih dari 50%. Tentu ini kurang menyenangkan, akan tetapi seperti inilah kenyataan, sama halnya dengan hidup yang setiap hari harus lebih baik.

Danny Sullivan dalam jawabannya di twitter telah mengatakan bahwa algoritma Google kali ini memang berdampak secara Global, sehingga semua Google Wilayah akan terkena dampaknya. Berikut adalah kutipan tentang jawaban Danny Sullivan yang adalah seorang Co-Founder dari Search Engine Land pada akun sosial media twitternya.

Jawaban Danny Sullivan Pada Algoritma Google Terbaru
Jawaban Danny Sullivan Pada Algoritma Google Terbaru

Selain itu Google SearchLiaison yang adalah akun twitter resmi yang digunakan sebagai penghubung tentang hasil pencarian Google mengatakan bahwa algoritma terbaru Google memang berdampak luas dan global. Berikut adalah tweet dari akun Google SearchLiaison dalam pengumumannya tentang update terbaru agustus 2018.

Google SearchLiaison Tweet Tentang Update Algoritma Google Terbaru
Google SearchLiaison Tweet Tentang Update Algoritma Google Terbaru

Setelah terkonfirmasi bahwa Google melakukan update algoritma, saya juga melakukan monitor terhadap blog-blog yang saya kelola, dan hasilnya sungguh bikin was-was, bagaimana tidak, sebagian dari blog yang saya kelola mengalami penurunan visitor/pengunjung yang signifikan sehingga tentu membuat saya dan para Blogger akan mengalami sikap yang sama. Berikut data dan statistik pengunjung yang turun sejak bulan agustus 2018.

Blog Terkena Dampak Algoritma Google
Blog Terkena Dampak Algoritma Google
Blog Terkena Dampak Algoritma Google - 2
Blog Terkena Dampak Algoritma Google – 2

Setelah tahu terkena dampak yang kurang baik dari algoritma terbaru milik Google tentu pertanyaan selanjutnya yang paling bijak adalah bagaimana kita dapat mengatasi masalah ini? atau apa yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya?

Perbaikan Halaman Algoritma Google
Perbaikan Halaman Algoritma Google

Sayangnya dari jawaban Google SearchLiaison melalui twitter tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki efek buruk algoritma Google kecuali satu hal yakni kita disuruh fokus untuk memberikan konten bermanfaat ke pengunjung, konten yang beragam, dan memberikan konten yang tentu saja memberikan pengalaman terbaik ke pengunjung.

Kembali lagi ke 2013 sejak Google untuk masalah SEO dan Blogger yang telah mengatakan bahwa “Uang kita adalah halaman blog/situs kita”, ini memiliki arti bahwa jika kita mengelola blog kita dengan baik dan memberikan nilai guna, tentu saja Google juga akan memberikan reward untuk itu. Jadi tanggapan yang paling baik untuk para Blogger menanggapi algoritma Google terbaru adalah dengan memperbanyak konten berkualitas di situsnya, walaupun efeknya tidak bisa langsung dirasakan, namun dalam jangka panjang pasti akan terasa dan membuahkan hasil. Semoga membantu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. SEO merupakan ilmu yang tidak pasti, apalagi seo-nya Mbah google. Penuh dengan kejutan dan kita harus bisa beradaptasi setiap saat dan setiap waktu