by

Windows Defender, Cukupkah?

Windows Defender Antivirus
Windows Defender Antivirus

Windows Defender adalah antivirus sekaligus security bawaan sistem operasi Windows. Selama ini Windows Defender dianggap kurang mumpuni dalam menangani virus yang begitu cepat berkembang dan canggih. Namun pada Windows 10, Windows Defender sepertinya membuat perubahan yang signifikan dan mungkin cukup dapat diandalkan untuk menangkan virus komputer sekarang ini.

Dengan mode real time, Windows Defender akan selalu aktif dan berjalan di background meskipun Anda tidak mengaktifkannya. Dengan menggunakan mode real time karena Windows Defender akan secara otomatis memberi pemberitahuan jika terdeteksi program-program yang mencurigakan di drive komputer.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendekteksi virus juga cukup cepat dan tidak terlalu memakan memory seperti banyak antivirus yang ada di internet.

Disamping itu mode protection Windows Defender juga bisa disesuaikan diantaranya:

Mode Real-Time: Windows Defender akan menyala terus menerus, dan akan langsung memblokir file-file yang diduga virus atau malware jahat di drive Anda.

Manual Scan: Anda harus menekan tombol “Scan Now” agar Windows Defender mulai menscan drive di komputer Anda.

Automatic Scanning: Dengan mode ini Anda bisa menentukan schedule tanggal dan waktu kapan Windows Defender akan melakukan scanning file-file di drive komputer Anda.

Dapat Disesuaikan: Jika Anda memiliki sebuah file yang menurut Anda tidak berbahaya, namun Windows Defender menganggapnya sebagai virus, Anda bisa membuat pengecualian agar Windows Defender tidak memblokir file tersebut.

Anda juga bisa menentukan drive mana yang akan dimasukkan ke area scan dan drive mana yang tidak ingin di scan, namun direkomendasikan untuk menscan seluruh drive yang ada pada komputer Anda.

Kesimpulannya adalah Windows Defender cukup mumpuni mendeteksi file-file mencurigakan yang mungkin dianggap sebagai virus atau malware, selain itu Windows Defender cukup ringan digunakan dan konfigurasi mode protectionnya bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita. Bagi Anda yang membutuhkan Windows Defender, Anda dapat mendownloadnya melalui link berikut.

[ Download Windows Defender Antivirus ]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *