by

11 Cara Atasi Komputer Lag Dengan Jitu

PC, Komputer, ataupun Laptop adalah alat yang banyak sekali digunakan oleh manusia sekarang ini. Selain karena fungsinya yang beragam dan digunakan untuk mempermudah serta mempercepat pekerjaan manusia, tak hayal hampir semua dari masyarakat terutama di kota banyak yang memiliki perangkat komputer ini.

Akan tetapi sering kali komputer mengalami hang atau ngelag saat digunakan untuk menjalankan program yang sedikit berat. Nah, berikut solusi buat kamu jika kamu memiliki laptop atau PC komputer yang sering ngehang.

11 Cara Atasi Komputer Lag Dengan Jitu
11 Cara Atasi Komputer Lag Dengan Jitu

Solusi Mengatasi Komputer yang Sering Ngelag

1. Menurunkan Resolusi Program/Game

Jika memungkinkan, kamu dapat mencoba untuk menurunkan resolusi program atau game yang kamu jalankan, sehingga kinerja memory komputer tidak akan terlalu berat. Menurunkan resolusi komputer memang sangat berdampak pada lancar tidaknya program yang kamu jalankan. Jika komputer kamu memiliki spek yang tinggi tidak akan menjadi masalah, akan tetapi jika spek komputer kamu rendah sedangkan grafis program kamu sangat berat, ini akan membuat komputermu sering hang dan macet, jalan alternatif adalah bisa dicoba untuk menurunkan resolusi komputernya. Biasanya pengaturan resolusi akan ada di folder instalasi program/game kamu jika memang disediakan.

2. Set Semua Grafis Ke Low (Rendah)

Kamu dapat mencoba menjalankan alternatif untuk membuat grafis komputer kamu ke pengaturan yang rendah atau (low). Biasanya pengaturan ini berada di kartu grafis yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan intel maka pengaturan itu bisa terdapat di driver intel yang kamu gunakan, begitu pula untuk Nvidia dan AMD. Namun jika kamu tidak menemukannya, kamu dapat mencoba mengaturnya melalui display komputer kamu pada klik kanan di desktop.

3. Pilih Best Performance (Performa Terbaik) Untuk Baterai

Mengatur baterai kamu menjadi best performance juga dapat meningkatkan kinerja komputer kamu. Berbanding lurus dengan kinerja komputer, cara ini juga berakibat baterai komputer kamu cepat habis, karena semua program/game yang berjalan akan di prioritaskan dengan kecepatan dan power terbaik yang mampu dilakukan komputer kamu.

4. Set High Performance di Pengaturan Grafis untuk Program Kamu

Cara ini bisa kamu lakukan dengan memilih dan menyeleksi program/game milik kamu yang akan dijalankan oleh komputer dengan tingkat performa grafis yang paling tinggi. Biasanya pengaturan ini terdapat di menu kartu grafis yang kamu gunakan, misalnya seperti Intel, NVidia, ataupun AMD. Cobalah cari pengaturan ini jika memang ada, maka ini akan sangat membantu untuk menjalankan program kamu tersebut untuk di prioritaskan oleh komputer.

5. Matikan Program Tidak Penting yang Sedang Berjalan

Cara ini benar-benar akan sangat membantu untuk mengurangi kinerja memori komputer kamu. Kamu dapat menonaktifkan program-program yang tidak penting dengan cara menekan tombol ctrl+shift+esc bersamaan, task manager akan terbuka, kamu bisa end process ataupun end task untuk menghentikan program tidak penting yang sedang berjalan, misalnya antivirus dan sebagainya. Opsi lain adalah buka pada tab startup dan disable semua program agar tidak otomatis berjalan ketika komputer kamu dihidupkan.

6. Kurangi Aplikasi yang Jarang Dipakai

Kamu sering install program ini itu namun tidak pernah kamu gunakan? Jika iya, maka kamu bisa mencoba untuk mempertahankan program/game yang mungkin sering kamu gunakan, dan hapus yang jarang kamu gunakan atau malah tidak pernah kamu buka sama sekali setelah beberapa waktu.

7. Clean Junk File dan History Komputer

Dengan menggunakan aplikasi bantuan seperti Iobit Uninstaller, Advanced System Care, dan CC Cleaner kamu dapat menghapus junk file dan juga history komputer yang biasanya disimpan sehingga komputer kamu akan menjadi lebih bersih. Hati-hati jika yang kamu bersihkan yang berjenis registry, jika kamu tidak teliti maka program tertentu milik kamu tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

8. Bersihkan Virus

Saya sendiri tidak pernah memakai Antivirus eksternal, saya cukup mengandalkan Windows Defender bawaan dari Windows saja. Namun poin pentingnya bukan disana, poin terpenting adalah memastikan PC kamu bersih dari Virus. Terus caranya bagaimana? Jika kamu selesai instalasi Windows baru jangan gunakan program bajakan, apalagi kamu tidak yakin itu aman atau tidak. Yang kedua selalu pastikan flashdisk ataupun harddisk eksternal yang kamu tancapkan ke komputer kamu benar-benar bersih, jika tidak virus akan dengan mudah menginfeksi komputer kamu, itulah gunanya Antivirus, akan tetapi Antivirus juga memakan banyak memori, sehingga kamu bisa memilih, berusaha sendiri atau mengandalkan Antvirius.

9. Jaga Kondisi PC/Laptop Tetap Dingin

Komputer hang sering juga dialami karena prosesor telah bekerja dengan sangat keras sehingga suhu komputer kamu menjadi sangat panas. Jika sudah seperti ini memang tidak ada cara lain, karena seperti manusia jika suhunya sudah sangat tinggi maka pekerjaan apapun akan terasa berat dilakukan. Kamu bisa mencoba coolingpad/pendingin saat menggunakan komputer sehingga suhu komputer akan terbantu untuk tetap dingin. Jika tidak usahakan program yang berjalan di komputer kamu tidak terlalu berat agar komputer tidak cepat panas dan akhirnya hang.

10. Bersihkan Hardware Laptop Terutama Heatsink Fan

Memang ngefek? Sangat ngefek, kenapa bisa begitu? Karena heatsink berfungsi akan menjaga suhu prosesor tetap dingin. Jika komputer Anda banyak debu dan sirkulasi terganggu maka prosesor akan cepat panas, sehingga komputer Anda akan langsung ngelag jika prosesor sudah panas. Maka dari itu menjaga sirkulasi angin dari heatsink ini sangatlah penting, dan harus rutin Anda bersihkan jika tidak ingin komputer Anda sering ngelag.

11. Upgrade Hardware Komputer Anda

Dengan mengupgrade hardware komputer Anda terutama untuk harddisk Anda akan dapat meningkatkan kinerja komputer dengan drastis. Cobalah untuk menggandi HDD laptop Anda dengan SSD, silakan baca artikel Kelebihan SSD Berikut. Anda juga bisa mengupgrade memory dan juga prosesor jika masih mempunyai dana tentu ini akan sangat membantu membuat kinerja komputer Anda menjadi lebih baik lagi.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *