by

4 Theme WordPress Gratis Terbaik

WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang sangat populer di kalangan para Blogger. Selain kemudahan penggunaan dan powerfullnya CMS yang satu ini, membuat banyak sekali situs-situs di internet yang kita temukan menggunakan WordPress sebagai enginenya.

Theme WordPress adalah yang paling sering diburu oleh para Blogger untuk mempercantik tampilan situs mereka. Selain terlihat lebih profesional, dengan theme yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimization) di mata mesin pencari seperti Google.

Banyak theme WordPress cantik dijual di internet (Premium). Namun kali ini saya akan membagikan info kepada Anda tentang theme WordPress gratis yang jika anda mampu memolesnya akan menjadi sangat indah, powerfull dan tentu saja tidak kalah dengan theme WordPress premium.

Daftar theme WordPress gratis yang cantik ini merupakan rangkuman saya selama bertahun-tahun menggunakan WordPress, sehingga sudah dipastikan saya sendiri pernah mencobanya dan tidak asal-asalan dalam memberi informasi kepada Anda, khususnya buat Anda para Blogger.

Lalu apa saja theme WordPress gratis terbaik menurut saya (baik dari desain, kecepatan, dan fitur)? Berikut ulasannya.

4 Theme WordPress Gratis Terbaik

  1. Frank Theme

Saya meletakkan theme WordPress yang bernama “Frank” ini diurutan pertama, alasannya adalah kecepatan dan desain. Kecepatan theme “Frank” ini tidak perlu diragukan lagi, saya masih ingat kira-kira pernah mengetes di GTMetrix bukan Google PageSpeed Insights, kecepatan theme Frank ini tanpa plugin kurang lebih mencapai diatas 90 untuk skor PageSpeednya, sedangnya untuk YSlownya kurang lebih skornya masih diatas 85, itu seingat saya, tetapi sudah tidak pernah saya tes lagi sekarang ini.

Frank-Theme
Frank-Theme

Download Theme >>

Namun jangan kuatir, saya memastikan theme WordPress ini memang sangat cepat, sehingga cocok buat Anda para Blogger yang suka tampilan blog dengan desain yang simpel dan cepat dari sisi loading. Serta cocok bagi Anda yang fokus pada isi konten web atau blog Anda. Saya juga pernah menggunakan theme ini di situs lama saya dalam waktu yang cukup lama. Saran saya agar semakin cepat, gunakan plugin WP Super Cache pada theme ini, maka hasil kecepatannya akan sangat memuaskan.

  1. Point

Theme WordPress yang bernama “point” ini adalah yang sekarang saya aktifkan di blog ini, saat artikel ini ditulis (tanggal 25/05/2017). Dengan desain yang minimalis dan elegan, Theme WordPress “point” akan membuat blog Anda nampak seperti blog/web premium. Theme ini cocok bagi Anda yang mempunyai blog/web berisi kuliner, wisata dan yang memiliki dokumentasi gambar menarik lainnya.

Point-Theme
Point-Theme

Download Theme >>

Walaupun gratis, theme “point” menurut saya memiliki fitur yang powerfull (ada rating, ruang ads, dan tata letak yang sangat profesional). Dari sisi SEOpun sudah lumayan jika digunakan fiturnya. Jika Anda kesulitan dalam konfigurasi theme ini, Anda dapat bertanya di forum MyTheme Shop, ataupun bertanya di halaman ini.

  1. ColorMag

ColorMag adalah theme WordPress yang di desain untuk menampilkan berita seperti (majalah), sesuai dengan namanya “Mag=Magazine”. Sehingga cocok bagi Anda yang memiliki blog berisi berita-berita/peristiwa terbaru.

Colormag-Theme
Colormag-Theme

Download Theme >>

Yang membuat saya menaruh theme ini masuk theme terbaik adalah, karena desainnya sangat responsive dan lumayan ringan jika di akses. Namun begitu, jika Anda menggunakan iklan, pastikan iklan Anda juga responsive agar tidak mengganggu tampilan laman blog/web Anda.

  1. Appointment

Mungkin dari keempat theme yang ada di daftar theme WordPress gratis terbaik, theme “Appointment” inilah yang paling berbeda. Kenapa? Theme ini memang fokus digunakan untuk landing page, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki Korporasi (Perusahaan), CV, atau jasa.

Appointment-Theme
Appointment-Theme

Download Theme >>

Dengan tampilan landing page yang sangat profesional, akan membuat Perusahaan Anda lebih terpercaya tentunya. Selain itu pada landing page juga di sediakan tempat untuk menulis produk serta “moto/jargon/tagline” dari perusahaan Anda. Theme “Appointment” ini juga responsive, dan tentu saja gratis.

Itulah daftar 4 theme WordPress terbaik menurut pengalaman saya. Tentunya masih banyak lagi theme-theme WordPress gratis yang tidak kalah dengan yang saya sebutkan. Karena keterbatasan penulis, sehingga hanya mampu memberikan referensi 4 theme tersebut. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments