by

Apa itu Pageview, Impression, RPM, CTR (RKT), CPC (BPK) di Google Adsense

Bagi seorang blogger yang baru mengenal Google Adsense mungkin masih dibingungkan dengan pengertian apa itu Pageview, Impression, RPM, CTR (RKT), CPC (BPK), yang didalam kurung adalah khusus singkatan untuk Adsense Indonesia.

Setelah mengikuti webinar dari Google Adsense, saya juga sedikit mengetahui gambaran apa itu sebenarnya istilah-istilah tersebut yang sudah saya sebutkan diatas. Nah agar lebih jelas silakan lihat penjabarannya satu persatu dari istilah-istilah yang sangat sering kita sebutkan saat bermain Google Adsense tersebut.

Apa itu Pageview, Impression, RPM, CTR (RKT), CPC (BPK) di Google Adsense
Apa itu Pageview, Impression, RPM, CTR (RKT), CPC (BPK) di Google Adsense
Apa itu Pageview, Impression, RPM, CTR (RKT), CPC (BPK) di Google Adsense-2
Apa itu Pageview, Impression, RPM, CTR (RKT), CPC (BPK) di Google Adsense-2

a.) Pageview (Tampilan Laman)

Pageview dalam Google Adsense adalah tampilan halaman situs atau blog yang kita buat yang telah kita pasang iklan Google Adsense. Lalu pertanyaannya jika belum kita pasang iklan Google Adsense apakah halaman yang dibuka user termasuk kedalam istilah pageview? Ya benar, hal itu masih termasuk pageview, akan tetapi halaman yang belum kita pasangi iklan tidak akan masuk dalam hitung-hitungan Google Adsense, yang berarti tentu tidak akan menambah penghasilan kita. Pageview dalam Google Adsense adalah pageview halaman yang telah dipasang unit iklan Google Adsense.

b.) Impression (Tayangan Iklan)

Impression adalah jumlah iklan yang telah dibuka oleh pengguna, jumlah impression hampir selalu akan melebihi jumlah pageview, kenapa? Karena jika Anda memasang 3 iklan disebuah halaman blog, saat halaman itu dibuka satu kali maka jumlah Pageview=1, sedangkan jumlah Impression=3 (dalam kondisi normal user tidak menggunakan adblocker).

c.) RPM/PPS (Pendapatan Perseribu Impresi)

Impression RPM atau yang lebih dikenal dengan RPM/PPS adalah jumlah pendapatan dari iklan Google Adsense per 1000 impression. Sehingga dapat disimpulkan jika RPM/PPS dari Google Adsense akan sangat berpengaruh pada jumlah impression yang kita dapat dari situs atau blog yang kita kelola.

d.) CTR/RKT (Rasio Klik Tayang)

CTR/RKT adalah istilah yang masuk dalam induk RPM/PPS/Jumlah per 1000 impression. CTR/RKT sendiri dalam penjelasan yang saya dapatkan dalam webinar Google Adsense adalah jumlah klik dibagi jumlah impression yang kita dapatkan dari situs/blog yang kita kelola. Atau dengan mudah dapat dijelaskan CTR/RKT ini adalah berapa banyak user yang mengklik iklan blog yang kita kelola dari keseluruhan jumlah impression yang kita dapatkan=presentase klik iklan pengunjung dari total tayangan iklan yang tampil.

e.) CPC/BPK (Biaya Per Klik)

CPC/BPK adalah nilai yang kita dapatkan dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung. Nah, faktor CPC/BPK inilah yang sangat sering mempengaruhi seberapa besar pendapatan Google Adsense yang kita peroleh. Bisa jadi klik yang kita dapatkan sedikit, akan tetapi nilai CPC/BPK kita besar maka itu juga akan membuat penghasilan kita menjadi besar pula.

Nah itulah penjelasan-penjelasan tentang Pageview, Impression, RPM, CTR (RKT), CPC (BPK) di Google Adsense. Semoga dengan penjelasan tersebut membuat kita jadi lebih memahami faktor apa yang mempengaruhi peningkatan maupun penurunan penghasilan yang kita dapatkan di Google Adsense.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *