by

Benarkah Ngeblog Bisa Membuat Kaya

Benarkah ngeblog bisa membuat kita kaya? Mungkin pertanyaan ini sungguh sangat menarik untuk dibahas terutama bagi blogger pemula atau yang baru berkecimpung di dunia blogging. Sebagian blogger pemula ada yang percaya dan sebagian yang lainnya mungkin ragu-ragu, hal ini sangatlah wajar, karena untuk bisa kaya melalui blogging memanglah tidak mudah, butuh perjuangan, proses, tenaga, waktu, pikiran dan materi yang juga tidak sedikit.

Benarkah Ngeblog Bisa Membuat Kaya
Benarkah Ngeblog Bisa Membuat Kaya

Untuk menjadi blogger profesional yang berpenghasilan besar memang dibutuhkan banyak sekali pengorbanan (dalam hal ini saya tidak akan membahas mengenai blogger yang memakai platform free (gratisan), ataupun blogger yang suka copy paste artikel). Dengan menjadi blogger profesional, kesempatan untuk meraih penghasilan sebanyak-banyaknya memanglah sangat mungkin terjadi. Akan tetapi perlu diingat bahwa aktivitas ngeblog adalah aktivitas yang tidak bisa dilakukan secara instan butuh proses panjang sampai pada akhirnya anda benar-benar menjadi seperti seorang blogger profesional.

Lalu kembali ke pertanyaan di awal, apakah ngeblog bisa membuat kita kaya? Karena kata kaya bersifat relatif (tergantung siapa yang mengartikannya), kalau menurut saya secara pribadi iya sangat mungkin itu terjadi. Banyak blogger di luar negeri atau bahkan di Indonesia mempunyai penghasilan yang rata-rata tidak sedikit (jauh diatas gaji UMR) daerah dimana tempat mereka tinggal, hal ini bisa saya masukkan dalam kategori kaya.

Sebut saja seperti situs-situs besar Viva, Detik, Kompas dan Sindonews, saya yakin kalau penghasilan situs-situs besar tersebut dari jaringan periklanan sangatlah fantastis. Jika itu bagi anda terlalu besar, anda mungkin bisa mengunjungi forum “ads.id” untuk mencari tahu penghasilan rata-rata blogger profesional individu di indonesia seperti apa.

Akan tetapi banyak blogger mungkin salah persepsi, banyak yang mengira dengan membuat blog sederhana lalu sering menulis akan menjadikan mereka cepat kaya, hal ini tentu saja sedikit “kurang tepat”. Banyak faktor yang harus di penuhi dan dilakukan agar jika anda ingin membuat blog dan ingin di monetize bisa menghasilkan secara maksimal.

“Riset” adalah satu kata penting yang seringkali tidak dilakukan oleh seorang blogger (mungkin karena mereka menganggap buang-buang waktu atau biayanya terlalu mahal). Padahal riset keyword sangatlah penting jika anda ingin membuat “money site”. Hal ini akan mempengaruhi seberapa banyak pengunjung tertarget yang akan mengunjungi blog/situs anda. Mungkin jika anda punya banyak modal untuk melakukan promosi, seperti iklan tv, radio, baliho dan lain-lain, metode riset keyword tidak akan terlalu berpengaruh karena pengunjung blog anda akan tetap banyak, tetapi lain halnya jika ngeblog dengan modal seadanya, riset keyword sangatlah penting, anda dapat menggunakan tools seperti Google Keyword Planner, Semrush, Ahrefs, dan tools keyword research lain yang bertebaran di internet.

Jika anda ingin kaya dari aktivitas blogging bukan karena memang lagi “hoki” atau beruntung, maka banyak hal tentang blogging yang harus anda pelajari, tetapi sedikit akan saya share kepada anda poin terpenting apa saja yang mungkin harus anda pelajari, diantaranya adalah 1. Riset Keyword, 2. SEO (Search Engine Optimization) 3. Quality Backlink. Jika 3 poin penting tersebut telah benar-benar anda kuasai, saya yakin keinginan anda dalam membuat blog agar berpenghasilan maksimal akan lebih mudah anda dapatkan. Tetapi perlu anda ingat hal yang tidak kalah penting, buatlah blog yang tidak hanya menghasilkan uang, tetapi bermanfaat untuk orang lain/sesama, maka kemungkinan sukses sebagai blogger akan mengikuti dengan sendirinya, tentunya jika anda konsisten dalam aktivitas blogging tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *