by

Cara Windows 10 Agar Tidak Lemot Saat Booting

Jika komputer Anda lemot saat booting atau loading terlalu lama ketika pertama kali di hidupkan, hal itu terjadi mungkin karena banyaknya aplikasi yang running/berjalan otomatis saat komputer start-up/memulai proses membuka Windows.

Di Windows 10 Anda dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan oleh Windows saat dihidupkan. Dengan begitu resource memory dan kinerja prosesor akan lebih sedikit, sehingga dapat mempercepat start-up atau booting Windows 10 Anda.

Untuk menonaktikan aplikasi berjalan otomatis ketika Windows 10 dijalankan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Ketikkan/pencet tombol “Ctrl+Shift+Esc” secara bersamaan, proses ini akan membuka jendela atau box Task Manager.
  2. Setelah Task Manager terbuka, pilih bagian tab “Start-up” dan disable aplikasi-aplikasi yang tidak perlu berjalan otomatis ketika komputer di hidupkan dengan cara klik kanan pada aplikasi dan pilih “Disable”. Pada gambar dibawah ini saya hanya mengaktifkan “Groove Monitor Utility” bawaan dari Microsoft Corporation, dan mendisable aplikasi lain berjalan ketika komputer di hidupkan. Hal ini dapat membuat komputer saya lebih cepat saat proses start-up/booting.

    Cara Windows 10 Agar Tidak Lemot Saat Booting
    Cara Windows 10 Agar Tidak Lemot Saat Booting

Itulah tutorial cara agar Windows 10 tidak lemot saat booting atau saat dihidupkan. Anda juga dapat mengurangi kinerja komputer Windows 10 dengan cara menonaktifkan proses-proses lain yang mungkin tidak terlalu penting, seperti download game, Windows Store, Cortana dan aplikasi lainnya. Hal ini akan saya bahas di artikel berikutnya mengenai Windows 10.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *