by

Daftar 5 Air Terjun di Kalimantan Barat

Anda penyuka travelling dan adventure? Jika iya, belum lengkap rasanya bila belum menyinggahi lokasi wisata air terjun di Kalimantan Barat. Air terjun atau biasa disebut riam di wilayah tersebut memang rata-rata masih alami dan bahkan belum banyak terjamah oleh tangan manusia.

Daftar 5 Air Terjun di Kalimantan Barat
Daftar 5 Air Terjun di Kalimantan Barat

Tak ayal, untuk menuju ke lokasi tersebut Anda harus melewati perjalanan yang cukup menantang. Namun, perjuangan Anda pastinya tidak sia-sia karena Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat alami, segar dan pastinya sangat eksotis. Penasaran air terjun mana sajakah di Kalimantan Barat yang sangat Mempesona?

Daftar 5 Air Terjun di Kalimantan Barat

  1. Riam Merasap
Air Terjun Riam Merasap Kalimantan Barat
Air Terjun Riam Merasap Kalimantan Barat

Air terjun pertama yang harus dikunjungi adalah Riam Merasap. Ketinggiannya mencapai 27 meter serta lebar kurang lebih 200 meter. Di sekeliling air terjun, Anda akan disuguhi indahnya hutan hujan tropis. Tempat wisata ini terletak di Desa Pisak, Sanggau Ledo, Bengkayang, Kalimantan Barat. Saat musim penghujan tiba, debit air yang jatuh akan sangat deras dan menyisakan buih-buih seperti asap. Karena itulah, air terjun ini diberi nama Riam Merasap.

  1. Air Terjun Tikalong
Air Terjun Tikalong Kalimantan Barat
Air Terjun Tikalong Kalimantan Barat

Selanjutnya adalah air terjun Tikalong. Air terjun yang satu ini mempunyai ketinggian sekitar 5 meter. Lokasinya berada di Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Total perjalanan yang harus Anda tempuh dari Kota Pontianak menuju lokasi air terjun kira-kira kurang lebih 3,5 jam. Sesampainya disana, Anda akan mendapatkan pemandangan asri dan menyegarkan yang masih alami.

  1. Air Terjun Entugun
Air Terjun Entugun Kalimantan Barat
Air Terjun Entugun Kalimantan Barat

Selain Riam Merasap dan Tikalong, Anda juga wajib berkunjung ke Air Terjun Entugun yang berlokasi di Dusun Kepayang, Desa Tembaga, Nanga Mahap, Sekadau, Kalimantan Barat. Di tempat ini, Anda akan menemukan keunikan air terjun yang bertingkat tiga. Tiap tingkatan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Tingkat kederasan air disini sangat tinggi. Jadi, Anda harus berhati-hati jika ingin bermain air di bawah guyuran riam.

Di sekelilingnya, Anda akan dibuat kagum dengan adanya bebatuan eksotis dan hutan tropis yang lebat. Benar-benar pemandangan yang sangat menyejukkan mata! Apalagi, hawa sejuk dan dingin serta derasnya suara air akan mampu membuat pikiran Anda segar seketika. Lokasinya yang masih asri sangat tepat bagi Anda yang menyukai tantangan dan ketenangan.

  1. Air Terjun Gurung Sumpit
Air Terjun Gurung Sumpit Kalimantan Barat
Air Terjun Gurung Sumpit Kalimantan Barat

Masih di wilayah Kalimantan Barat, tepatnya di Desa Sumpit, Belitang Hilir, Sekadau, terdapat air terjun yang bernama Gurung Sumpit. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, air terjun ini menyajikan pemandangan alam yang asri.

Yang membuat tempat ini spesial adalah dengan adanya gua di bagian tepi air terjun. Gua tersebut dijuluki Goa Ratu Kudong. Menurut kepercayaan masyarakat yang beredar, gua ini dulunya digunakan sebagai tempat bertapa sang Ratu Kudong dari Kerajaan Sekadau.

Untuk mencapai lokasi ini Anda harus melalui jarak tempuh yang cukup panjang. Dari Kabupaten Sekadau, Anda harus menuju ke Sungai Ayak. Kemudian, Anda akan menempuh jarak sekitar 15 kilometer dari Sungai Ayak. Perjalanan panjang tersebut bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

  1. Air Terjun Nokanayan
Air Terjun Nokanayan Kalimantan Barat
Air Terjun Nokanayan Kalimantan Barat

Air Terjun Nokanayan inilah yang disebut-sebut sebagai riam tertinggi di Kalimantan Barat bahkan Nusantara. Tingginya berkisar 180 meter. Lokasinya berada di Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang. Selain karena ketinggian air terjun yang menjulang, air terjun ini memiliki panorama alam sekitar yang masih sangat natural. Sama sekali jauh dari keramaian manusia.

Namun untuk menuju kesini Anda harus menempuh perjalanan yang amat panjang dari pusat Kota Pontianak dengan total waktu 2 hari. Satu hari perjalanan darat dan sehari menempuh hulu sungai Melawi dengan menggunakan boat.

Bagaimana? Tertarik ingin mengunjungi lima air terjun eksotis tersebut? Langsung saja datang ke Kalimantan Barat dan bersiap untuk berjelajah sambil menikmati segarnya suasana alami disana. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *