by

Kelebihan Windows 10

Banyak orang-orang diluar sana yang masih ragu ingin menginstall komputernya dengan Windows 10. Alasannyapun bermacam-macam, mulai dari takut tidak bisa menggunakan Windows 10, hingga ada juga yang mempunyai alasan karena masih nyaman menggunakan Windows 7 maupun Windows 8.

Kelebihan Windows 10
Kelebihan Windows 10

Padahal jika dilihat dari versinya, tentu saja Windows 10 mempunyai banyak kelebihan dibandingkan versi Windows sebelum-sebelumnya. Hal inilah yang patut dipertimbangkan bagi Anda para pengguna komputer agar menginstall komputer Anda dengan Windows 10.

Lalu apa saja kelebihan Windows 10, dan kenapa harus menggunakannya? Berikut akan kami ulas beberapa hal mengenai kelebihan Windows 10 dibandingkan versi sebelumnya.

  1. Dapat mendeteksi dan menginstall driver secara otomatis

Jika Anda menggunakan Windows 7, tentu saja Anda perlu menginstall driver secara manual, terutama untuk driver lan card (ethernet) ataupun driver VGA (Video Graphic Adapter).

Di Windows 10 terbaru, saya memiliki pengalaman kita tidak lagi membutuhkan instalasi driver ethernet dan VGA secara manual. Untuk driver ethernet atau lan card biasanya akan terinstall secara otomatis setelah Anda selesai menginstall Windows 10. Sedangkan untuk VGA sendiri, saya memiliki pengalaman ketika terkoneksi dengan internet maka driver VGA saya, yang dalam hal ini menggunakan Nvidia Geforce akan terinstall secara otomatis setelah terkoneksi dengan internet dalam waktu yang cukup lama. Anda bisa melakukan restart komputer apakah driver VGA Anda terinstall atau tidak. Akan tetapi proses instalasi otomatis untuk VGA ini mungkin memang harus di dukung koneksi internet yang kencang dan stabil, sehingga hasilnya akan cepat terasa dan segera dapat dilihat.

  1. Lebih aman dalam hal sekuritas

Tahukah Anda virus yang baru-baru ini terkenal lewat aksinya mengunci dan mengenkripsi komputer korban seperti virus WannaCry? Di Windows 10 terbaru, update tentang bug atau kelemahan terhadap virus ini telah ditutup. Sehingga jika Anda menggunakan Windows 10, tentu saja akan jauh lebih aman dibandingkan menggunakan sistem operasi dengan versi Windows sebelumnya.

  1. Tampilan grafis yang futuristik

Dengan mengusung konsep flat graphics (grafis datar) membuat Windows 10 terlihat lebih modern, sehingga tampilannyapun terlihat sangat futuristik dibandingkan dengan versi Windows sebelum-sebelumnya.

  1. Tampilan Start Menu yang jauh lebih bagus

Jika banyak yang protes dengan tampilan start menu di Windows 8 yang sangat membingungkan, lain halnya dengan Windows 10. Dengan menampilkan start menu yang dapat diatur dan tidak mengganggu layar seperti di Windows 8, membuat Windows 10 cepat sekali memiliki banyak penggemar.

Selain tampilan start menunya yang bagus, kita dapat mengcustom dan membuat group untuk aplikasi-aplikasi yang sering kita gunakan, sehingga akan semakin mempermudah dalam menggunakan aplikasi di Windows 10.

  1. Jauh lebih cepat daripada versi Windows sebelumnya

Menurut opini saya, Windows 10 memiliki kecepatan baik pada saat proses booting/start-up maupun memindahkan file yang jauh lebih baik daripada versi Windows 7 maupun Windows 8. Hal ini mungkin karena teknologi dan algoritma semakin berkembang sehingga membuat Windows 10 memiliki algoritma yang lebih baik lagi.

  1. Support REFS File System

REFS () adalah jenis file system terbaru yang terdapat pada sistem operasi Windows 10. Jika sebelumnya kita hanya mengenal tipe file system seperti FAT dan NTFS, maka di Windows 10 sudah ada tipe file system REFS yang jauh lebih cepat daripada jenis file system FAT maupun NTFS.  Untuk memformat drive Anda ke tipe file system REFS Anda bisa membuatnya melalui klik kanan, pilih format di drive Anda misalnya drive “D”, pada file system pilih REFS, lalu klik “Start”. Akan tetapi REFS ini masih belum dapat Anda gunakan untuk drive “C” yang berisi instalasi Windows 10 Anda.

Itulah beberapa kelebihan-kelebihan yang terdapat pada Windows 10. Bagaimana? Anda tertarik ingin beralih ke Windows 10 sekarang? Bagikan pengalaman Anda menggunakan Windows 10 bersama kami.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *