by

Masa Muda Waktu Krusial yang Menentukan Masa Depan

-Opini-181 views

Semua orang yang sudah tua pasti pernah merasakan yang namanya masa muda. Masa muda adalah dimana kira-kira saat usia manusia atau orang normal berumur antara 17-25 tahun. Masa muda memang sangat krusial dan sangat penting untuk menentukan masa depan seseorang. Tindakan, perbuatan dan kebiasaan yang dilakukan seseorang saat di masa muda akan sangat mempengaruhi seperti apa kelak masa depannya.

Masa Muda Waktu Krusial yang Menentukan Masa Depan
Masa Muda Waktu Krusial yang Menentukan Masa Depan

Banyak hal di masa muda yang seharusnya dilakukan seseorang untuk memperbaiki masa depannya kelak, mulai dari bekerja keras, mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, melatih suatu keahlian di bidang tertentu sampai dengan mencari relasi atau pertemanan, semua harus dilakukan demi masa depan yang lebih baik.

Yang dilakukan seseorang di masa muda akan berdampak positif atau negatif tergantung bagaimana orang tersebut menyikapinya.

Lalu bagaimanakah penjelasan tentang apa yang seharusnya dilakukan seseorang saat masih muda? Berikut simak penjelasannya.

  1. Bekerja Keras

Bekerja keras adalah hal yang lumrah dilakukan seseorang ketika ia masih mempunyai tenaga ekstra dan berlebih. Oleh karena itu di masa mudalah yang paling tepat bagi seseorang untuk bekerja dengan keras dengan frekuensi tinggi. Karena masih mampunyai tubuh yang prima, banyaknya energi, matang-matangnya otak atau pemikiran, membuat masa muda sangat penting untuk di maksimalkan dalam bekerja keras baik menuntut ilmu atau mencari pengalaman.

Bekerja keras disini tidak harus di identikkan dengan bekerja yang memerlukan keringat atau secara fisik. Namun, saat seseorang bekerja menggunakan dan memaksimalkan fungsi otaknya untuk belajar, maupun melatih keahlian tertentu hingga mahir, dapat juga di kategorikan dengan bekerja keras. Untuk itulah bagi seseorang yang usianya masih muda, bekerja keras merupakan prioritas yang seharusnya dijalani atau dihabiskan dengan hal yang bermanfaat, agar kelak di masa tua dapat menikmati hasil dari kerja keras yang telah dilakukan.

  1. Mencari Pengalaman Sebanyak-banyaknya

Pengalaman adalah guru yang terbaik, siapa yang tidak mengenal semboyan itu? Ya, memang benar pengalaman sejatinya mempunyai manfaat yang jauh lebih banyak jika hanya dibandingkan dengan teori. Pengalaman dapat memberikan kita wawasan secara ‘real’ atau fakta, tentu dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki seseorang akan membuatnya bertindak dengan penuh perhitungan dan terhindar dari kegagalan yang sama secara terus menerus.

Di masa mudalah pengalaman harus dicari sebanyak mungkin, sehingga jatah kegagalan harus benar-benar dihabiskan di masa muda, agar ketika usia sudah dewasa atau beranjak tua, seseorang tidak disibukkan untuk bekerja keras mencari pengalaman dan memulai sesuatu dengan terlambat, baik dari segi waktu dan kondisi fisik yang sudah tidak mampu lagi.

  1. Belajar dan Menuntut Ilmu dengan Sungguh-sungguh

Di jaman sekarang banyak sekali anak muda yang menghabiskan waktu mereka untuk bermain-main. Padahal saat masa muda hendaknya digunakan untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya dan dengan penuh kesungguhan. Belajar dan menuntut ilmu sangat penting dilakukan oleh seseorang saat masa muda, hal ini karena segala sesuatu yang berurusan dengan dunia bahkan hingga akhirat semuanya harus disertai dengan ilmu.

Ilmu menjadikan seseorang dapat memilih mana yang baik dan mana yang tidak. Berhubungan dengan dunia ilmu tentu saja akan membuat kehidupan seseorang menjadi lebih mudah dan bermanfaat karena semua yang akan dilakukan sudah mempunyai ‘dasar’ yang ada di dalam otaknya. Tidak hanya itu, ilmu juga akan membuat seseorang lebih dihargai di kehidupan bermasyarakat, sehingga bagi anda yang masih muda, carilah ilmu sebanyak-banyaknya dan dengan kesungguhan hati, sehingga kelak ketika sudah tua akan membuat hidup anda menjadi lebih berguna di masyarakat.

  1. Melatih Suatu Keahlian di Bidang Tertentu

Setelah seseorang berumur atau katakanlah menjadi orang tua, tentu saja orang tersebut harus mempunyai sebuah profesi atau pekerjaan yang dapat diandalakan untuk dapat menghidupi keluarganya, atau paling tidak membiayai hidupnya sendiri secara pribadi. Yang namanya profesi tentu saja menuntut seseorang harus mempunyai disiplin ilmu tertentu. Untuk menguasai suatu keahlian dengan sangat baik tentu saja dibutuhkan waktu dan harus melalui proses yang tidak sebentar.

Sehingga di masa muda adalah saat yang tepat jika seseorang mulai berpikir dia ingin menjadi seperti apa, bagaimana dan ahli di bidang apa. Mempunyai keahlian tidak perlu banyak-banyak, cukup satu akan tetapi keahlian itu jika benar-benar dikuasai secara profesional maka akan dapat memberikan sumber penghasilan saat masa tua. Tetapi harus di ingat, pelajarilah disiplin ilmu yang baik dan memberikan manfaat bagi orang lain.

  1. Mencari Relasi atau Pertemenan

Berteman adalah hal yang lumrah dilakukan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Mencari relasi pertemanan sebanyak-banyaknya juga penting dilakukan saat masih muda atau bahkan hingga tua, karena selain mempunyai banyak manfaat, tentu saja akan mempermudah kita dalam melakukan berbagai macam urusan. Setiap individu atau personal pastilah mempunyai keahlian, ilmu, dan pengetahuan yang berbeda-beda, sehingga mempunyai banyak teman akan memberikan kita wawasan yang lebih terbuka dan luas.

Selain itu jika seseorang mempunyai banyak teman dan sedang membutuhkan sesuatu atau mempunyai masalah, pastilah bisa bertanya ke teman-temannya apakah mereka dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut atau tidak. Dengan begitu segala masalah akan bisa teratasi dan beban seseorang akan menjadi lebih ringan. Oleh karenanya, saat masih muda carilah teman sebanyak-banyaknya, karena di masa depan mungkin kita sangat membutuhkan bantuan ‘seorang teman’ atau orang lain dalam menjalani kehidupan kita.

Masa muda memang sangat krusial bagi masa depan seseorang. Sehingga seseorang yang masih muda hendaknya selalu berpikir panjang dan jauh kedepan, melakukan hal-hal yang dapat bermanfaat untuk masa depan adalah pilihan yang bijak dan harus di prioritaskan jika seseorang tidak ingin terlambat memulai sesuatu di hari tuanya kelak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *