by

Mendapatkan Iklan Matched Content Google Adsense

Banyak sekali Blogger yang bertanya bagaimana cara mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense. Iklan Matched Content atau “Konten yang Disesuaikan” memang sangat menarik bagi sebagian Blogger. Bagaimana tidak, iklan Matched Content membuat sebuah blog terlihat lebih kaya dan “cerdas” karena iklan ini memang menggunakan algoritma Google yang mirip dengan related posts namun memiliki isi yang lebih bervariasi daripada hanya sekedar related posts biasa.

Mendapatkan Iklan Matched Content Google Adsense
Mendapatkan Iklan Matched Content Google Adsense

Sayangnya tidak semua blog eligible atau memenuhi syarat untuk mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense. Ada persyaratan-persyaratan tertentu yang saya sendiri sebagai Blogger tidak mengetahui dengan pasti syaratnya apa saja. Untuk itulah di artikel ini saya ingin berbagi pengalaman kepada Anda bagaimana dan kiat-kiat apa saja agar mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense, berikut ini adalah pembahasannya.

  1. Visitor blog harus mencapai jumlah tertentu

Percaya atau tidak, iklan Matched Content memang akan diberikan oleh Google Adsense jika blog Anda telah mencapai jumlah visitor perhari sesuai yang di syaratkan oleh Google Adsense. Sayang sekali saya sendiri tidak begitu tahu dengan jelas dan pasti berapa jumlah visitor yang dibutuhkan untuk mendapatkan iklan Matched Content ini. Akan tetapi menurut pengalaman saya, Anda sudah bisa mendapatkan iklan Matched Content ini ketika minimal jumlah visitor blog Anda perhari telah mencapai 300 – 500 visitor perhari dengan stabil. Namun karena keterbatasan informasi mungkin saja dibawah 300 visitor perhari Anda tetap bisa mendapatkan iklan Matched Content, jumlah visitor yang saya sebutkan hanya sebatas perkiraan karena pengalaman pribadi ketika blog saya mendapatkan iklan Matched Content.

  1. Jumlah pageviews blog juga harus mencapai jumlah tertentu

Seperti halnya jumlah visitor atau pengunjung, jumlah pageviews mungkin juga menjadi syarat agar Google Adsense memperbolehkan blog Anda untuk di pasang iklan Matched Content ini. Saya tidak tahu jumlah pasti pageviews yang di syaratkan berapa, namun menurut pengalaman, saya mendapatkan iklan Matched Content ketika blog saya telah mendapatkan jumlah pageviews antara 30.000 – 50.000 pageviews perbulan. Karena hal ini belum pasti, mungkin jika pageviews Anda dibawah angka tersebut akan tetap bisa mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense.

  1. Jumlah postingan dan jumlah indeks halaman di mesin pencari Google

Syarat yang nomor 3 tentang jumlah postingan dan jumlah indeks halaman Google ini yang menurut saya memang akan sangat berpengaruh bisa tidaknya blog Anda mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense. Hal ini disebabkan iklan Matched Content sendiri akan menampilkan postingan atau artikel di blog Anda yang telah terindeks Google Search Engine. Jadi jika postingan atau artikel Anda masih sedikit, kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense. Sekedar informasi, saya mendapatkan iklan Matched Content saat jumlah artikel atau postingan di blog saya masih dibawah 180 artikel/postingan.

  1. Iklan Google Adsense Anda telah di optimalkan

Maksud dari iklan Google Adsense di optimalkan adalah Anda telah mengaplikasikan rekomendasi-rekomendasi pengoptimalan iklan di blog Anda melalui dashboard Google Adsense. Bagi yang telah lama memiliki akun Google Adsense pasti tidak akan asing dengan pengoptimalan yang saya maksud. Biasanya pengoptimalan iklan ini muncul di halaman dashboard, dan jika Anda setuju dengan pengoptimalan iklan di blog/situs milik Anda, Anda hanya tinggal memilih “View” lalu “Apply”, atau lihat lalu terapkan. Misalnya untuk border yang tidak sesuai dengan warna latar belakang blog Anda, maka Google Adsense biasanya akan merekomendasikan untuk dilakukan pengoptimalan agar warna border iklan Anda sesuai dengan warna latar belakang blog Anda. Jadi Anda tinggal ingin menerapkannya atau tidak.

  1. Desain atau tampilan blog

Desain atau tampilan blog mungkin adalah syarat yang tidak terlalu diperhitungkan untuk mendapatkan iklan Matched Content. Akan tetapi jika Anda ingin jumlah visitor atau pengunjung blog terus meningkat dan stabil, tentu saja desain maupun tampilan blog Anda harus diperhatikan. Seperti misalnya blog Anda responsive dan tidak menyalahi aturan atau TOS (Terms of Service) dari Google Adsense sehingga memenuhi syarat di pasang iklan Matched Content nantinya.

Itulah beberapa informasi mengenai pengalaman saya bagaimana mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense. Mungkin banyak syarat dan faktor lain seperti umur blog/domain, dan sebagainya yang belum saya tahu. Akan tetapi jika blog Anda bermanfaat dan memiliki banyak pengunjung, kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *