by

Mengatasi Masalah Tidak bisa Login PhpMyAdmin di Debian

Mengatasi Masalah Tidak bisa Login PhpMyAdmin di Debian
Mengatasi Masalah Tidak bisa Login PhpMyAdmin di Debian

Pernahkah Anda mengalami masalah gagal login di PhpMyAdmin Debian 9.3.0 atau versi lainnya. Masalah ini terjadi mungkin bukan karena Anda gagal dalam proses instalasi MySQL Server dan PhpMyAdmin.

Menurut yang saya baca, pada Debian khususnya versi 9.3.0 yang saya gunakan, versi MySQL dengan versi terbaru tidak mengijinkan Administrator untuk login menggunakan akun default bawaan yaitu user “root” menggunakan PhpMyAdmin diluar localhost.

Namun user root akan tetap di ijinkan untuk menggunakan MySQL didalam localhost internal Debian itu sendiri. Jika masalah ini yang Anda hadapi, mungkin tutorial ini bisa membantu Anda untuk dapat mengakses database dengan PhpMyAdmin tetapi tidak menggunakan user root.

Tutorial Mengatasi Masalah Tidak bisa Login PhpMyAdmin di Debian.

  1. Silakan Anda login ke Debian Server Anda. Pastikan Anda telah berada di level Super User atau root. Jika belum ketikkan perintah “su”, enter dan masukkan password Anda.
  2. Masuklah pada MySQL di Server Debian Anda menggunakan akun root MySQL dengan cara ketikkan perintah berikut ini, lalu masukkan password Anda.
mysql -u root -p
  1. Lalu ketikkan perintah berikut ini untuk membuat user “noosinc”.
CREATE USER 'noosinc'@'%' IDENTIFIED BY 'Password_Anda';

Ganti “Password_Anda” dengan password yang Anda inginkan.

  1. Berikan hak akses pada user “noosinc” agar diperbolehkan mengakses PhpMyAdmin melalui luar jaringan Ketikkan perintah berikut ini.
GRANT ALL PRIVILEGES ON *.* TO 'noosinc'@'%' WITH GRANT OPTION;
FLUSH PRIVILEGES;

Anda juga dapat memberikan hak akses di localhost dengan mengganti “%” dengan “localhost“.

Itulah tutorial cara bagaimana mengatasi masalah tidak bisa login dan membuat database di PhpMyAdmin pada Debian Server. Mudah-mudahan tutorial ini juga dapat membantu Anda yang memiliki permasalahan yang sama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *