by

Mengatasi Tidak Bisa Copy Teks di Pdf

Pernahkah Anda menjumpai file PDF yang tidak bisa di copy teks maupun gambarnya? Hal ini dikarenakan file PDF tersebut di proteksi untuk tidak dapat di copy. Terkadang untuk tujuan yang legal dan tidak melanggar hukum Anda membutuhkan untuk menyalin beberapa paragraf atau kalimat yang ada di file PDF tersebut dengan tujuan yang dapat dipertanggung jawabkan, misalnya sebatas tujuan edukasi dan pendidikan.

Mengatasi Tidak Bisa Copy Teks di Pdf
Mengatasi Tidak Bisa Copy Teks di Pdf

Jika Anda mengalami hal yang demikian berikut ini adalah cara mengatasi file PDF yang tidak dapat di copy isi ataupun kontennya dengan cara menonaktifkan proteksinya.

  1. Buka situs smallpdf (klik disini).
  2. Setelah terbuka pilih/drag and drop/upload file PDF yang tidak dapat di copy tadi ke situs smallpdf.
  3. Klik Choose File → Cari lokasi PDF Anda yang tidak dapat di copy → Klik Open.
  4. Tunggu proses upload hingga selesai.
  5. Setelah upload selesai, silakan centang cekbox “I pinky swear that I have the right to edit this file and remove its protection”.
  6. Klik Unlock PDF.
  7. Setelah selesai Anda dapat mendownload file PDF baru Anda yang telah dapat di copy dan dihilangkan proteksinya, silakan Anda dapat menggunakan file PDF tersebut dengan tujuan yang benar.

Itulah tutorial singkat bagaimana cara mengatasi masalah tidak dapat mengcopy teks maupun gambar di file PDF. Ingat, gunakan metode ini untuk tujuan yang benar dan tidak melanggar hukum maupun kekayaan intelektual orang lain. Bagi Anda yang masih bingung dengan langkahnya, sudah saya sediakan panduannya dalam bentuk video yang dapat Anda tonton dibawah ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *