by

Pesawat Jet KFX IFX Proyek Indonesia dan Korea Selatan

Bagi Anda pecinta militer di Indonesia tentu bukan berita baru lagi bahwa Indonesia dan Korea Selatan sedang dalam proyek pembuatan pesawat Jet Tempur yang diberi nama KFX IFX. Pesawat ini nanti harapannya akan membuat Indonesia mampu membuat pesawat jet tempur sehingga tercapai kemandirian bangsa dalam alutsista untuk militer.

Pesawat Jet KFX IFX Proyek Indonesia dan Korea Selatan
Pesawat Jet KFX IFX Proyek Indonesia dan Korea Selatan

Meskipun sempat tersiar bahwa Indonesia sudah tidak ikut lagi dalam proyek ini, akan tetapi ternyata Pemerintah masih mencoba untuk terus menego ulang perjanjian dengan Korea Selatan agar proyek ini nanti juga dapat menguntungkan pihak Indonesia.

Indonesia pada awalnya menanggung sebesar 20% pendanaan proyek ini, sedangkan Korea Selatan menanggung sisanya yang 80%. Pemerintah rupanya tidak ingin setengah-setengah karena akan membuat Indonesia mungkin dalam tanda kutip tidak akan mendapat transfer teknologi sensitif untuk pembuatannya secara mandiri di dalam negeri.

Selain itu proyek ini juga masih menunggu lisensi dari Amerika Serikat yang mungkin nanti juga akan menyediakan komponen High End Technology untuk pesawat Indonesia dan Korea Selatan.

Prototype pesawat jet tempur KFX IFX rencananya akan dibuat pada tahun 2023, tentu kita sebagai warga negara ingin melihat Indonesia mampu membuat pesawat jet dengan kemandirian. Terlebih lagi pesawat jet tempur KFX IFX ini adalah jenis pesawat generas 4,5 yang mempunyai teknologi semi siluman.

Kita berharap tentu saja Indonesia dan Korea Selatan tetap berkomitmen untuk bekerja sama membangun pesawat jet tempur ini hingga selesai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *