by

Proteksi Web Dengan Password

Tidak semua web yang kita buat digunakan untuk umum. Ada kalanya kita ingin membuat web yang hanya dapat di akses oleh diri kita sendiri maupun organisasi kita. Oleh karena itu melindungi web dengan password akan berguna untuk masalah yang satu ini.

Proteksi Web Dengan Password
Proteksi Web Dengan Password

Membuat password disini bukanlah membuat form login, akan tetapi membuat proteksi dengan file .htaccess sehingga nantinya siapapun yang ingin membuka web kita akan dimintai user dan password yang telah kita setting sebelumnya.

Tutorial ini dapat digunakan untuk melindungi seluruh web atau file-file dan folder tertentu dari web. Selain membutuhkan file .htaccess, kita juga diharuskan membuat file .htpasswd, tenang caranya sangat mudah, ikuti panduannya berikut ini.

Tutorial Melindungi Web Dengan Password

1.)  Buatlah file dengan nama .htaccess pada folder atau direktori web yang ingin Anda lindungi, kemudian copy-paste kode dibawah kedalam file .htaccess yang telah Anda buat.

[text]AuthType Basic
AuthName "restricted area"
AuthUserFile /home/noosinc/html-public/.htpasswd
require valid-user[/text]

2.) Pada bagian AuthUserFile /home/noosinc/html-public/.htpasswd silakan sesuaikan dengan lokasi file .htpasswd yang sebentar lagi Anda buat.

3.) Buatlah file dengan nama .htpasswd, jika memungkinkan letakkan saja satu folder yang sama agar Anda tidak bingung nantinya. Kemudian setelah Anda buat file .htpasswd, silakan masukkan username dan password Anda dengan format misalnya sebagai berikut:

[text]sonisitez:nog4QWqbHc2x.[/text]

4.) Formatnya adalah seperti ini username:password, password disini di enkripsi menggunakan MD5 encryptor, jika Anda bingung Anda dapat memasukkan username dan password melalui encryptor klik disini.

5.) Selesai, seharusnya sekarang web yang Anda proteksi tidak akan bisa dibuka secara langsung oleh pengunjung yang tidak mengetahui username dan passwordnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *