by

Pura Batu Bolong di Lombok

-Wisata-168 views

Lombok tidak hanya terkenal dengan wisata pantai saja. Berada di Lombok, Anda juga dapat menikmati wisata religi. Ada beberapa tempat ibadah yang dapat Anda kunjungi di Lombok Nusa Tenggara Barat. Salah satunya adalah Pura Batu Bolong. Pura Batu Bolong merupakan tempat ibadah agama Hindu yang berdiri di atas batu karang. Batu Bolong sendiri memiliki arti sebagai batu yang berlubang. Pura ini memang memiliki lubang pada bagian tengah dari batu karang.

Pura Batu Bolong Saat Siang Hari
Pura Batu Bolong Saat Siang Hari

Ingin tahu seperti apa keindahan Pura Batu Bolong? Berikut akan kami tunjukkan kepada Anda detail Pura Batu Bolong yang kami sertakan dengan gambar agar Anda lebih tahu tentunya.

Lokasi Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong Saat di Senja Hari
Pura Batu Bolong Saat di Senja Hari

Pura Batu Bolong masih berada dalam kawasan yang sama dengan wisata Pantai Senggigi di Lombok Nusa Tenggara Barat. Lokasi Pura Batu Bolong berada kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Mataram. Pura Batu Bolong berdiri di tepi pantai yang sedikit menjorok ke arah laut. Bentuknya menyerupai Pura Tanah Lot yang ada di Bali.

Akses Menuju Pura Batu Bolong

Untuk menuju Pura Batu Bolong, Anda dapat menempuh perjalanan dari pusat Kota Mataram. Anda dapat menggunakan transportasi pribadi jika Anda membawanya dari rumah atau jika tidak Anda dapat menggunakan jasa transportasi umum yang ada disana. Anda juga dapat menyewa kendaraan, baik motor ataupun mobil jika ingin lebih leluasa, namun tentunya akan lebih mahal daripada Anda hanya menumpang transportasi umum.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, maka Anda dapat naik angkutan umum dari Kota Mataram. Pertama, naiklah angkutan umum dengan jurusan Sweta-Ampenan. Kemudian lanjutkan dengan naik angkutan umum jurusan Ampenan-Senggigi. Setelah itu Anda coba minta untuk berhenti Pura Batu Bolong. Bertanyalah jika memang diperlukan agar Anda tidak tersesat saat mencari lokasinya, atau jika mungkin gunakan Google Maps agar mempermudah perjalanan Anda.

Tarif Masuk Pura Batu Bolong

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- untuk memasuki kawasan Pura Batu Bolong. Tentunya tarif yang sangat murah untuk tempat yang menjadi destinasi wisata.

Fasilitas di Pura Batu Bolong

Lokasinya yang berada di dekat kawasan wisata Pantai Senggigi, menjadikan Pura Batu Bolong sudah memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya yaitu area parkir kendaraan, penginapan, warung makan ataupun restoran, toilet, toko cinderamata khas Lombok, tempat hiburan, dan fasilitas lain.

Di sana juga tersedia jasa penyewaan selendang. Pengunjung memang diwajibkan memakai selendang berwarna kuning di pinggang saat memasuki pura. Bagi pengunjung yang tidak membawa selendang, dapat menyewanya dengan harga Rp. 5.000,-.

Daya Tarik Wisata di Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong memiliki dua pura di dalamnya. Pertama yaitu pura yang terletak di dekat pintu masuk. Setelah menuruni beberapa anak tangga, pengunjung akan melihat sebuah pura lagi yang berada di bawah pohon. Pura kedua ini berada pada ketinggian empat meter di atas batu karang yang memiliki lubang di bawahnya.

Pura Batu Bolong Beserta Pantainya yang Menawan
Pura Batu Bolong Beserta Pantainya yang Menawan

Saat berjalan menuju pura kedua, percikan ombak terkadang akan membasahi kaki pengunjung. Pengunjung juga dapat mendengar suara deburan ombak yang menghantam karang. Dari Pulau Batu Bolong, pengunjung dapat melihat Gunung Agung yang ada di Pulau Bali. Pemandangan yang indah ini akan terasa semakin menenangkan jika dengan adanya hembusan angin pantai yang sejuk dan landai. Anda juga dapat menikmati waktu senja sambil menyaksikan sunset di Pura Batu Bolong. Jika Anda menyukai wisata religi dan alam sekaligus, mungkin wisata pura Batu Bolong bisa menjadi alternatif liburan Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *