by

Strategi Mengembangkan Bisnis Online

-Bisnis-131 views

Pebisnis online sukses tidak mendapatkan pelanggan yang banyak secara instan. Banyak hal yang harus dikorbankan dan diperjuangakan agar bisnis online mereka dapat berkembang dengan baik. Dan bahkan, seringkali pebisnis online mengalami jatuh bangun dalam membangun bisnis mereka. Dengan tekad dan kesabaran yang kuat, mereka mungkin akan berhasil mendapatkan kesuksesan seperti yang diinginkan.

Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Strategi Mengembangkan Bisnis Online

Jika Anda tengah menjalani bisnis online namun perkembangan bisnis tersebut tidak terlalu signifikan, Anda tidak perlu khawatir dan jangan pernah berpikir untuk menyerah. Berikut kami telah bagikan beberapa tips jitu untuk membantu mengembangkan bisnis Online Anda. Untuk itu langsung saja simak tipsnya berikut ini.

1. Tampilan Toko yang Menarik dan Profesional
Jika Anda berjualan online menggunakan website, buatlah tampilan toko Anda sebaik dan semenarik mungkin. Artinya, perhatikan navigasi yang Anda gunakan, pastikan bahwa navigasi yang ada user friendly atau tidak membingungkan pengunjung. Selain itu, pakailah template yang terkesan simple dan tidak terlalu ramai dengan pernak-pernik, sehingga ringan saat dibuka.

Perhatikan juga display produk yang dipasang. Foto yang Anda gunakan untuk display harus jelas dan jernih. Gunakan kamera dengan resolusi tinggi serta background putih polos agar produk dapat terlihat dengan jelas.

2. Gunakan Strategi Jualan yang Jitu
Strategi dalam berjualan merupakan hal penting, yang juga menjadi kunci sukses suatu usaha. Misalkan, Anda dapat mengaplikasikan sistem pemberian poin atau pemberian kupon setiap kali belanja dengan transaksi tertentu. Kupon atau poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan potongan harga sesuai dengan kebijakan yang Anda buat.
Sistem pemberian poin dan kupon lebih baik dibandingkan dengan pemberian diskon langsung. Sebab, dengan pemberian poin/kupon membuat pembeli dan Anda terus terikat dan pembeli akan cenderung membeli lagi dan lagi.

3. Terus Lakukan Promosi
Selain strategi jualan, strategi promosi juga sangat penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Untuk itu jangan pernah berhenti melakukan promosi, meski usaha Anda telah berjalan dan dikenal. Tetap lakukan promosi secara berkala. Misal, dengan melakukan promosi rutin setiap akhir pekan atau hari-hari tertentu. Mulai dari media sosial facebook, instagram, email, bbm, WA, atau dari mulut ke mulut. Namun tentunya, jangan melakukan spam kepada calon pelanggan. Misal saat ada produk baru, atau saat Anda sedang ada promo, maka saat itulah menjadi saat yang tepat melakukan promosi tersebut.

4. Layanan yang Baik dan Bersahabat
Layanan yang baik dan bersahabat adalah hal yang wajib dilakukan saat berbisnis online. Sapa dan jawab pertanyan dari calon pembeli dengan cepat dan sopan agar mereka nyaman berbelanja di toko Anda. Kembangkan juga layanan toko Anda, demi semakin membuat pembeli nyaman. Misal dengan menerapkan sistem retur atau pengembalian produk jika tidak sesuai dengan keterangan, cacat saat pengiriman, dan lainnya (sesuai batas waktu yang telah ditentukan).

Itulah beberapa tips jitu untuk menggembangkan bisnis online shop Anda. Tips lainnya yaitu untuk terus berinovasi demi pengembangan produk dan menambah relasi. Nah, selamat mencoba tips-tips tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *