by

Sukses Sebuah Tujuan atau Keharusan

-Opini-100 views

Mendengar kata sukses, tentu semua orang, anda termasuk saya pasti ingin meraihnya di kehidupan kita. Banyak perbedaan pendapat tentang arti kata sukses, masing-masing memiliki definisi sendiri, karena kehidupan setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang mendefinisikan sukses kalau mempunyai banyak uang, ada yang mendefinisikan sukses kalau punya anak yang berbakti, adapula yang mendefinisikan sukses kalau kehidupan keluarganya bahagia walaupun sederhana.

Sukses sebuah tujuan atau keharusan
Sukses sebuah tujuan atau keharusan

Nah, untuk meraih kesuksesan memanglah tidak mudah, apalagi jika harus dimulai dari nol “0”. Banyak kiat-kiat yang harus kita terapkan dalam hidup jika ingin meraih kesuksesan. Salah satunya adalah pola pikir. Pola pikir yang tepat akan memberikan kita kesempatan lebih besar untuk meraih kesuksesan.

Untuk pola pikir sendiri ada beberapa yang mungkin menurut saya bisa mendorong orang untuk meraih sebuah kesuksesan. Menanamkan kesuksesan bukan sebagai sebuah tujuan melainkan keharusan akan lebih membuat kita mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi dalam jalan mengarungi serta proses dalam meraih kesuksesan tersebut.

Lalu apa perbedaan antara kedua pola pikir tersebut? Jika kita menganggap kesuksesan sebagai sebuah tujuan, maka hasil akhir entah berhasil maupun tidak, tak akan menjadi persoalan. Beda halnya jika kita menganggap kesuksesan sebagai sebuah keharusan, maka ketika kita gagal kita akan segera bangkit, karena menganggap kita memang harus sukses, entah berapa lama waktu yang dibutuhkan, kalau perlu sampai panjang umur kita, kita akan terus berusaha meraihnya.

Sikap positif seperti inilah yang memang harus berusaha kita tanamkan pada diri kita. Ulet dan pantang menyerah yang akan membuat kesempatan kita meraih kesuksesan menjadi lebih besar. Jadi sebisa mungkin anda harus bisa mengontrol pikiran dan tindakan anda, bukan malah sebaliknya anda yang di kontrol oleh pikiran dan tindakan.

Akan tetapi harus suksespun bukan berarti harus mengorbankan norma-norma kehidupan bersosial. Artinya dalam menjalankan proses anda untuk meraih kesuksesan, anda sebisa mungkin tidak meninggalkan norma-norma di masyarakat. Misalnya saja, karena anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, anda selalu tidak menghadiri kegiatan sosial di masyarakat lingkungan anda, misalnya saja kerja bakti dan sebagainya, hal ini akan membuat anda malah jadi bahan pembicaraan.

Untuk itulah, bagi anda yang ingin sukses, terapkan pola pikir yang positif mulai dari sekarang, jangan sering terhanyut oleh pikiran-pikiran negatif yang membuat kita tidak maju-maju, berjalan ditempat atau bahkan lebih buruk yaitu kemunduran. Semua orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan, termasuk anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *