by

Tempat Membeli Domain di Indonesia

Domain bagi sebagian orang terutama yang berprofesi sebagai seorang Blogger akan menjadi sesuatu yang sangat penting dan benar-benar harus diperhatikan. Melihat perkembangan teknologi dan jaringan internet yang semakin meluas di Indonesia, saya merasa akan semakin banyak orang yang akan membeli domain, entah itu untuk keperluan berbisnis, menjalankan usaha dan jasa, atau bahkan hanya untuk membuat blog yang di monetize.

Tempat Membeli Domain di Indonesia
Tempat Membeli Domain di Indonesia

Domain sendiri sebenarnya dikelola oleh perusahaan nirlaba yang bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang berpusat di Los Angeles dan California Amerika Serikat.

Dalam pendistribusiannya, ICANN memberikan akreditasi dan pengawasan terhadap masalah domain kepada registrar atau reseller domain. Lalu apa hubungannya ICANN dengan domain?

Ekstensi top level domain yang sudah di distribusikan, diatur, dikelola dan telah di delegasikan ICANN kepada registrar, selanjutnya akan dijual/disewakan ke pembeli melalui registrar/reseller, sehingga bagi Anda konsumen atau orang yang akan menyewa domain, sangat penting untuk memilih registrar yang sudah mendapat sertifikat dari ICANN. Hal ini untuk menjaga keamanan serta keberlangsungan domain dan web Anda nantinya, karena nama domain sangatlah penting bagi brand/merk di dunia maya (internet), jadi jangan sampai Anda membeli domain di tempat abal-abal yang akan membuat Anda menyesal akhirnya.

Dalam kesempatan ini saya akan memberikan informasi kepada Anda mengenai registrar atau reseller domain yang ada di Indonesia, beberapa sudah terakreditasi ICANN, namun untuk beberapa yang lain silakan cari tahu sendiri informasinya.

  1. Rumahweb

Rumahweb merupakan salah satu registrar yang paling terkenal di Indonesia hingga saat ini sebagai tempat untuk membeli dan menyewa domain, pelayanannya yang ramah serta cepat dalam pemesanan nama domain, membuat perusahaan ini terus berkembang.

Telah bekerjasama dengan PANDI dan sudah mendapatkan sertifikat dari ICANN membuat Rumahweb semakin menjadi registrar terpercaya untuk membeli dan menyewa domain.

Berdiri tahun 2002 di Yogyakarta, saat ini Rumahweb sudah mampu melayani lebih dari 14.000 domain milik pelanggan perorangan maupun bisnis. Tidak hanya itu, Perusahaan/CV ini telah memiliki teknologi Cloud jika Anda ingin sekalian memesan hosting untuk web Anda.

  1. Niagahoster

Niagahoster termasuk salah satu registrar baru di Indonesia namun sudah memiliki banyak pelanggan. Niagahoster merupakan bagian bisnis atau jaringan dari Hostinger Group. Saya masih belum mendapatkan informasi sudah berapa domain yang mereka kelola hingga saat ini, namun yang jelas mereka sudah memiliki banyak pelanggan di Indonesia.

Selain itu di Niagahoster Anda juga bisa memesan hosting dengan tarif yang relatif murah dengan kapasitas hingga unlimited. Domain .id dan top level domain internasionalpun sudah tersedia di Niagahoster. Dari informasi yang saya dapatkan, mereka juga sudah mempunyai teknologi Cloud yang memang terkenal lebih cepat daripada teknologi biasa (konvensional).

  1. Qwords

Qwords berdiri sejak bulan juli tahun 2005, melayani lebih dari 6000 pelanggan aktif, Qwords juga masuk dalam 10 besar perusahaan web dan hosting di Indonesia. Saya pernah membaca bahwa kantor Qwords selain di Indonesia, mereka juga sudah mempunyai kantor cabang di Singapura.

Saya sudah pernah membeli domain di registrar Qwords, menurut saya pelayanannya juga lumayan bagus. Qwords juga sudah memiliki teknologi Cloud, jadi jika Anda ingin sekalian membeli domain dan membuat web di Qwords tentu akan semakin mempermudah pekerjaan Anda. Untuk masalah ICANN saya belum mendapatkan informasi, silakan Anda mencari tahu mengenai status Qwords dengan sertifikasi dari ICANN tersebut.

  1. Beon

Saya pertama kali mendengar nama Beon sedikit asing karena belum pernah mengetahuinya. Akan tetapi setelah membaca dan melihat SSL dari situs mereka, saya yakin Beon adalah perusahaan Web Hosting dan penyedia domain terpercaya, karena SSL dari situs mereka menampilkan nama Perusahaan.

Beon menurut data telah berdiri lebih dari 8 tahun dan sudah melayani lebih dari 7000 pelanggan. Beon juga menyediakan hosting dengan teknologi Cloud yang tentunya akan meningkatkan kinerja dan kecepatan web Anda saat di akses. Saya sendiri belum memiliki pengalaman membeli domain dari Beon, sehingga belum bisa menyimpulkan pelayanannya.

  1. Exabytes

Exabytes tergolong perusahaan web dan hosting yang baru saja hadir di Indonesia. Exabytes sendiri sejatinya adalah milik Exabytes Group yang awal berdirinya adalah di negara Malaysia dan Singapura. Saat ini Exabytes melebarkan sayapnya dengan membuka cabang kantor di Indonesia.

Meskipun masih tergolong baru, Exabytes juga menjadi salah satu penyedia domain terpercaya di Indonesia saat ini, apa alasannya? Meskipun di Indonesia masih tergolong baru namun Exabytes sudah berpengalaman dari tahun 2001 dan bisnis onlinenya juga sudah tersebar di 121 negara. Meskipun milik orang luar, di Exabytes Anda juga masih dapat memesan domain dengan ekstensi .ID. Exabytes juga menyediakan berbagai pilihan hosting dan server untuk tempat menyimpan file dan data web Anda.

Itulah ulasan mengenai tempat membeli domain di Indonesia. Meskipun mungkin masih ada registrar yang belum sempat saya ulas, akan tetapi dari 5 registrar tersebut dapat Anda jadikan referensi untuk membeli dan menyewa domain Anda nantinya. Atau jika Anda mempunyai registrar yang menurut Anda bagus, silakan sharingkan kepada kami melalui form komentar, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli dan menyewa domain.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *