by

Throw Statement di CSharp

Seperti di Visual Basic yang memiliki perintah atau statement untuk menghandle error, pada CSharp penggunaan throw ini berkaitan dengan penanganan error (try statement) dalam C#. Throw digunakan untuk membangkitkan exception dalam program. Penanganan error pada aplikasi menurut saya adalah hal yang sangat penting, karena berkaitan dengan tuntasnya sebuah sistem berjalan sesuai alur/flow chart. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.

using System;
namespace latihan
{
class ContohThrow
{
public static void Main()
{
try
{
Console.Write("Ketik nama Anda: ");
string nama = Console.ReadLine();
if (nama!="Novi")
throw new System.ApplicationException("Nama tidak dikenal");
Console.Write("Selamat, Nama Anda dalam daftar");
}
catch(ApplicationException ae)
{
Console.WriteLine ("Exception: " + ae.Message);
}
Console.ReadLine();
}
}
}

Dalam program di atas proses utamanya diletakkan dalam blok try, kemudian disertai oleh blok catch. Ini berarti jika ada exception (kesalahan/error) yang ditimbulkan dalam blok try, eksekusi program akan melompat ke block catch (jika tipe exceptionnya sesuai).

Selain dihasilkan/dibangkitkan oleh sistem, misalnya DivideByZeroException dan IndexOutOfRangeException, exception juga bisa dibangkitkan oleh aplikasi. Pada contoh di atas, kondisi nama!=”Novi itu sendiri pada dasarnya bukan merupakan exception namun aplikasi ingin memperlakukan itu sebagai exception. Untuk keperluan inilah perintah throw digunakan. Jadi jika nama!=”Novi”, maka aplikasi akan membangkitkan exception sehingga eksekusi program akan melompat ke bagian penanganan exception (blok catch) yang dalam kasus diatas berisi pesan error/kesalahan pada aplikasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *