by

Tips Agar Channel Youtube Ramai Penonton

Youtube saat ini sudah menjadi platform untuk melakukan aktivitas video blogging yang sangat terkenal. Selain menyediakan fasilitas sebagai tempat ajang menunjukkan minat, bakat, hobi dan kreativitas, di Youtube Anda juga dapat memperoleh penghasilan.

Tips Agar Channel Youtube Ramai Penonton
Tips Agar Channel Youtube Ramai Penonton

Untuk memperoleh pengunjung di Youtube memang susah-susah gampang, tergantung cara Anda mengelola dan tentunya bagaimana kualitas dari channel yang Anda buat akan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung channel Youtube Anda. Logikanya semakin banyak pengunjung yang menonton video di channel Youtube Anda maka penghasilan yang Anda dapatkan dari Youtube juga akan semakin meningkat..

Berikut ini akan saya berikan sedikit tips bagaimana agar video di channel Youtube milik Anda banyak yang menonton.

  1. Pastikan Video yang Anda Buat Bermanfaat

Inilah mungkin syarat paling utama agar banyak yang menonton video di channel Anda. Video Anda haruslah bermanfaat, entah itu menghibur, memberikan pengetahuan, memberikan petunjuk, memberikan penjelasan, atau sekedar memberikan informasi, yang jelas agar video Anda banyak yang menonton, buatlah video-video yang memiliki nilai guna bagi penonton. Selain dapat memperbanyak jumlah viewer atau penonton, hal ini juga dapat menambah subscriber atau pelanggan yang tentunya akan dapat membantu meningkatkan jumlah viewer dan reputasi dari channel Youtube milik Anda.

  1. Jika Mungkin Buatlah Video Dengan Kualitas HD (High Definition)

Melihat video di Youtube tentu saja akan kurang nikmat jika video yang Anda buat memiliki ukuran atau resolusi kecil, hal ini akan membuat penonton merasa tidak puas dan kurang lega saat menonton video. Jadi jika memungkinkan buatlah video dengan resolusi HD minimal 720p (1280×720) atau akan lebih bagus lagi di ukuran 1080p (1920×1080). Hal ini akan membuat penonton nyaman karena video jernih dan tidak buram, selain meningkatkan jumlah penonton hal ini juga bermanfaat menambah durasi menonton pada video di channel Youtube Anda.

  1. Hindari Reupload Video Milik Orang Lain

Jangan sesekali mencoba untuk mereupload video orang lain. Meskipun mungkin Anda akan memperoleh keuntungan, lambat laun jika ketahuan channel Anda adalah channel reupload, maka kredibilitas channel Anda akan buruk, dan penontonpun satu persatu akan mulai meninggalkan channel Youtube Anda. Selain itu, hal ini juga melanggar pedoman komunitas Youtube yang dapat mengakibatkan channel Youtube Anda dihapus oleh Youtube.

  1. Jawablah Pertanyaan Penonton Dengan Ramah dan Jelas

Salah satu yang membuat penonton betah dan bolak balik mengunjungi channel Youtube Anda adalah kemampuan dan keramahan Anda untuk selalu menjawab dan melayani pertanyaan dari pelanggan maupun penonton video di channel Anda. Hal ini membuat penonton dan pelanggan channel Anda merasa tidak di cuekkan, dan akan dengan senang hati menunggu update video dari channel Youtube Anda. Tentu saja hal seperti ini akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan viewer channel Youtube Anda.

  1. Perhatikan Penulisan Judul, Tag dan Deskripsi Video

Saat Anda mengupload sebuah video di channel Youtube Anda, maka perhatikanlah penulisan judul, deskripsi, dan tag dari video Anda. Jangan sampai Anda menggunakan judul misalnya “video satu”, “video dua”, “video tiga”, tulislah judul yang sesuai dengan tema video yang Anda upload. Misalnya video tentang cara membuat masakan nasi goreng “Cara Membuat Nasi Goreng Lezat Dengan Daging Ikan dan Sayur Sawi”. Lalu berikan deskripsi apa itu nasi goreng lezat dengan ikan dan sawi yang anda buat, jangan lupa juga berikan tag yang sesuai misalnya “nasi goreng,masakan,resep masakan,makanan,nasi goreng ikan plus sayur” dan sebagainya.

  1. Manfaatkan Fasilitas Card, End Screen dan Tools Lain yang Disediakan Youtube

Untuk dapat meningkatkan jumlah viewer atau penonton video di channel Youtube Anda, manfaatkanlah dengan maksimal tools atau alat yang disediakan Youtube. Misalnya Anda dapat memanfaatkan kartu (card) untuk menampilkan judul dan link video lain milik anda di pojok kanan atas video yang sedang di play/diputar penonton. Hal ini akan membuat penonton akan menonton video tersebut jika tertarik dengan judulnya. Coba juga End Screen yang menampilkan video di 5 detik terakhir dari video yang sedang diputar oleh penonton. Tools-tools ini akan sangat bermanfaat menambah jumlah viewer atau penonton yang menonton video di channel Youtube milik Anda, silakan bereksperimen dengan tools-tools tersebut, dan tools lain yang disediakan oleh Youtube tentunya.

  1. Rutin Update Konten Video di Channel Anda

Uploadlah video di channel Youtube Anda dengan rutin. Hal ini akan membuat jumlah penonton video di channel Youtube Anda akan semakin meningkat.  Selain dapat membuat channel Youtube Anda ramai penonton, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak pelanggan di channel Youtube Anda. Selain itu, tentu penghasilan Anda akan meningkat, dan pelanggan lama Anda akan terus memperoleh update konten dari channel Anda.

Itulah beberapa tips bagaimana cara meningkatkan jumlah viewer atau pengunjung di channel Youtube. Yang terpenting adalah buatlah channel yang memiliki manfaat untuk orang banyak, hal ini akan membuat channel Youtube Anda ramai oleh pengunjung dalam waktu yang cukup singkat, selain itu seperti yang sudah saya bilang perhatikan pula penulisan judul, deskripsi, tag dari video yang Anda upload. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *