by

Wisata Alam Hutan Sesaot di Lombok Barat yang Asri

-Wisata-448 views

Hutan Sesaot merupakan salah satu hutan yang dapat Anda kunjungi apabila ingin menikmati wisata alam di Lombok dengan suasana yang sunyi, nyaman, dan tenang. Hutan Sesaot memiliki kawasan yang masih alami dan tentu saja memiliki pemandangan yang masih sangat asri. Oleh karena itu, saat ini Hutan Sesaot dijadikan sebagai salah satu kawasan hutan lindung di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Wisata Pemandian di Hutan Sesaot
Wisata Pemandian di Hutan Sesaot

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana keindahan hutan lindung Sesaot ini? Berikut akan kami ulas sekaligus memberi gambaran kepada Anda tentang keindahan Hutan Sesaot.

Lokasi Hutan Sesaot

Hutan Sesaot ini berada di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mayoritas penduduk di Desa Sesaot merupakan Suku Sasak yang juga warga desanya sangat pandai dalam membuat kerajinan tenun.

Hutan Sesaot Lombok Nusa Tenggara Barat
Hutan Sesaot Lombok Nusa Tenggara Barat

Hutan Sesaot memiliki wilayah seluas kurang lebih 5.000 hektar. Luas wilayah ini terbagi menjadi dua hutan, yaitu hutan buatan dan hutan alami. Hutan buatan memiliki luas ±43 persen dari luas keseluruhan hutan Sesaot. Sedangkan hutan alami memiliki luas ±57 persen dari luas keseluruhan hutan Sesaot. Hutan alami inilah yang disebut hutan lindung. Sementara hutan buatan dijadikan sebagai hutan wisata.

Akses Menuju Hutan Sesaot

Untuk menuju Hutan Sesaot, Anda dapat menyewa mobil ataupun motor. Tarif sewa mobil kurang lebih Rp 600.000,- per jam, sudah termasuk bahan bakar dan sopir, sedangkan untuk sewa motor dikenakan tarif Rp 50.000,- per hari.

Daya Tarik Wisata di Hutan Sesaot

Hutan Sesaot menawarkan panorama alam yang menawan. Udara di hutan juga terasa sejuk dan menyegarkan. Kawasan Hutan Sesaot memiliki lebih dari 40 sumber mata air. Sumber-sumber mata air ini mengalir ke beberapa sungai yang ada di Kota Mataram serta wilayah Lombok Barat. Seperti Sungai Sesaot, Sungai Lenek, Sungai Tembiras, Sungai Jangkuk, Sungai Pemoto, dan Sungai Selepang.

Di tengah Hutan Sesaot ini mengalir sebuah sungai bernama Sungai Aik Nyet. Sungai ini memiliki air yang sangat jernih dan dingin. Beberapa batu besar berada di tengah aliran sungai tersebut.

Wisata Alam Aik Nyet
Wisata Alam Aik Nyet
Sungai Aik Nyet di Lombok Nusa Tenggara Barat
Sungai Aik Nyet di Lombok Nusa Tenggara Barat

Air di Sungai Aik Nyet ini konon tidak pernah mengering meskipun dalam musim kemarau. Sungai ini menjadi salah satu sungai suci karena mangalir langsung dari Gunung Rinjani.

Hutan Sesaot memiliki wilayah hutan primer, hutan sekunder, juga perkebunan mahoni dan agroforestri. Agroforestri merupakan budidaya tanaman hutan dan tanaman pertanian, yang digunakan untuk mencegah erosi dan menghilangkan polusi udara.

Aktivitas di Hutan Sesaot

Ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Hutan Sesaot. Anda dapat merasakan sensasi berendam ataupun berenang di Sungai Sesaot yang mengalir di tengah hutan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melakukan outbond ataupun hanya sekedar berjalan mengelilingi hutan. Saat malam hari, Anda dapat bermalam dengan mendirikan tenda di hutan ini.

Fasilitas di Hutan Sesaot

Sate Bulayak Khas Lombok
Sate Bulayak Khas Lombok

Beberapa warung tenda lesehan yang menjual makanan telah disediakan di Hutan Sesaot. Warung-warung tersebut menyajikan aneka menu masakan khas Lombok, seperti sate bulayak, ayam taliwang, tumis kangkung, dan makanan khas lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *