by

Wisata Unik Desa Sade Lombok

-Wisata-86 views

Lombok memiliki beberapa desa wisata yang terkenal. Namun Desa Sade merupakan salah satu desa yang masih belum banyak terdengar di kalangan para wisatawan, Desa Sade mungkin menjadi sebuah desa yang paling unik di antara semua desa wisata di Lombok. Desa Sade berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya berada kurang lebih delapan kilometer dari Bandara Internasional Lombok.

Akses Menuju Desa Sade

Untuk menuju Desa Sade, Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Disana Anda dapat menggunakan angkutan umum dengan jurusan Mataram-Kuta. Perjalanan dari pusat Kota Mataram menuju Desa Sade dapat mencapai waktu dua jam perjalanan. Sedangkan apabila berangkat dari Bandara Internasional Lombok, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi menuju lokasi Desa Sade dengan waktu tempuh kurang lebih selama 20 hingga 30 menit.

Daya Tarik Obyek Wisata di Desa Sade

Dari jalan raya, Anda sudah dapat melihat keberadaan Desa Sade yang cukup menarik perhatian ini. Bangunannya terlihat mencolok dan memiliki ciri khas yang unik. Atap rumah di Desa Sade terbuat dari kayu yang kemudian ditutupi menggunakan rumput gajah atau terkadang diganti dengan alang-alang. Rumah-rumah di Desa Sade merupakan penampakan rumah tradisional Suku Sasak, masyarakat asli Pulau Lombok. Desa Sade di diami oleh kurang lebih 150 kepala keluarga Suku Sasak. Pada bagian depan, Anda akan disambut dengan sebuah papan bertuliskan Selamat Datang di Desa Sade.

Desa Sade di Lombok Nampak Dari Depan
Desa Sade di Lombok Nampak Dari Depan

Dinding rumah di Desa Sade masih terbuat dari bambu. Lantai rumah dibuat dari campuran tanah, getah pohon, dan abu jerami yang kemudian diolesi dengan kotoran kerbau.

Meskipun bahan dasar lantai terbuat dari kotoran kerbau, tidak menjadikan rumah tradisional di Desa Sade ini berbau kotoran. Hal tersebut dikarenakan kotoran kerbau sudah mengering. Bakteri penyebab bau sudah mati karena sudah dijemur di bawah matahari. Kotoran kerbau digunakan untuk mencegah kelembaban tanah, melicinkan lantai, juga menjaga suhu udara di rumah tetap terasa dingin.

Rumah Adat Suku Sasak di Desa Sade Lombok
Rumah Adat Suku Sasak di Desa Sade Lombok

Rumah-rumah tradisonal di Desa Sade memiliki ukuran 7 x 5 meter dan menghadap ke Gunung Rinjani, gunung yang dianggap suci bagi sebagian warga Lombok. Ada dua ruangan utama dalam rumah tradisional ini, yaitu bale luar dan bale dalam. Bale luar digunakan untuk menerima tamu. Sedangkan bale dalam digunakan untuk para anggota keluarga menjalankan aktivitas yang lebih privat. Ruangan bale dalam ini terdiri atas ruang dapur dan kamar tidur.

Pintu rumah di Desa Sade terlihat unik karena dibuat lebih rendah daripada tinggi orang dewasa. Ukurannya hanya setinggi dada orang dewasa. Oleh karena itu, siapapun yang ingin memasuki rumah harus melewati pintu terlebih dahulu dengan cara menundukkan badan. Ini menjadi simbol bahwa tamu yang datang akan menghormati si pemilik rumah.

Di Desa Sade juga terdapat bangunan tradisional lain. Seperti lumbung padi dengan sebuah jendela untuk menyimpan hasil pertanian. Ada pula beruga yang digunakan sebagai tempat berkumpul warga.

Itulah di atas sekilas tentang Desa Sade yang terletak di Lombok Nusa Tenggara Barat. Segera jadwalkan liburan Anda ke Lombok, serta jangan lupa mengunjungi desa wisata unik yang satu ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *