by

5 Contoh Ide Usaha Rumahan Dengan Modal 5 Jutaan yang Menjanjikan

-Bisnis-149 views

Keterbatasan modal kadang menjadi hambatan bagi orang yang ingin memulai bisnis rumahan. Ketika modal terbatas, kebanyakan orang minder duluan dan berpikir tidak ada usaha yang bisa dilakukan dengan sedikit modal tersebut.

5 Contoh Ide Usaha Rumahan Dengan Modal 5 Jutaan yang Menjanjikan
5 Contoh Ide Usaha Rumahan Dengan Modal 5 Jutaan yang Menjanjikan

Nah, kali ini Anda jangan pesimis dulu untuk memulai usaha rumahan. Keterbatasan bukanlah halangan bagi Anda untuk memulai menjadi pengusaha. Jika Anda masih bingung dengan usaha apa yang dapat Anda lakukan dengan modal terbatas, maka berikut ini kami rekomendasikan beberapa jenis ide usaha yang bisa di jalankan dengan modal 5 jutaan namun sangat menguntungkan.

5 Contoh Ide Usaha Rumahan dengan Modal 5 Jutaan yang Menjanjikan

  1. Bisnis Laundry

Bisnis laundry di jaman yang serba sibuk dan instan seperti sekarang sangatlah menjanjikan. Anda dapat memulai bisnis laundry di rumah dengan modal yang tidak terlalu banyak. Modal yang Anda butuhkan hanyalah mesin cuci, setrika, sabun cuci, dan pewangi. Pilihlah mesin cuci dengan harga di bawah 3 juta. Jika Anda menginginkan 2 mesin cuci, maka Anda dapat membeli mesin cuci tipe bukaan atas dengan harga sekitar 1,5 jutaan di pasaran. Dua buah setrika dapat Anda beli dengan harga 300 ribu. Sedangkan sabun cuci dan pewangi dapat Anda beli dengan alokasi anggaran 200 ribu. Bagaimana? Murah bukan?

Berdasarkan perhitungan tersebut, modal awal yang Anda butuhkan hanya berkisar pada 3,5 juta rupiah dan Anda sudah dapat memulai membuka usaha laundry kiloan yang potensinya cukup menjanjikan serta menguntungkan. Pastikan Anda memberikan pelayanan yang memuaskan, sehingga banyak yang tertarik dan Anda akan memiliki pelanggan setia yang melimpah.

  1. Usaha Konter Pulsa

Coba tanyakan pada diri Anda sekarang? Hari ini siapa yang tidak membutuhkan pulsa sebagai alat pembayaran PLN maupun sebagai alat pembayaran untuk komunikasi? Pasti hampir semua orang sekarang butuh pulsa. Dengan modal sekitar 5 juta rupiah Anda dapat membuka usaha konter pulsa. Anda dapat memanfaatkan teras rumah Anda sebagai kios konter pulsa. Anda cukup merenovasi teras rumah dengan menggunakan triplek dan di cat dengan warna menarik, maka Anda sudah memiliki kios sendiri. Bila perlu tambahkan etalase untuk berjualan kartu perdana, sehingga konter pulsa Anda akan semakin lengkap dan komplit.

Kemudian Anda dapat mendaftar menjadi agen pulsa di konter-konter besar. Carilah penawaran harga pulsa yang bersaing, sehingga Anda dapat mengambil keuntungan yang lebih banyak. Selain pulsa, Anda juga bisa memperluas usaha Anda dengan menjual token listrik, air, dan kebutuhan lainnya yang masih berkaitan dengan pulsa.

  1. Usaha Aksesoris dan Souvenir

Usaha ini biasanya banyak diminati oleh kaum wanita. Anda yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi dapat membuat aksesoris dan souvenir sendiri di rumah. Kemudian pasarkan aksesoris tersebut dengan harga yang tidak terlalu mahal, agar banyak yang mampu membelinya. Pasarkan secara online selain dijual di rumah, manfaatkan dengan baik jejaring sosial yang sangat banyak sekali penggunanya, seperti facebook, twitter, instagram, vk dan jejaring sosial lainnya. Potensi berjualan secara online untuk aksesoris akan sangat menguntungkan.

Bagi Anda yang tidak begitu terampil membuat aksesoris atau souvenir, jangan putus asa. Anda dapat bekerja sama dengan teman, tetangga, atau saudara yang memiliki kemampuan membuat aksesoris dan souvenir. Nah, tugas Anda adalah memasarkannya. Jadi Anda bisa membuat perjanjian di awal ketika hendak memulai usaha, misalnya diskusikan seperti apa pembagian keuntungannya? Apakah sistemnya bagi hasil keuntungan atau tidak, bagaimana patungan modal, bagaimana cara memasarkannya, sehingga nantinya bisnis kerjasama aksesoris Anda akan berjalan dengan lancar.

  1. Usaha Katering

Jangan sia-siakan kemampuan Anda dalam memasak. Mulai saat ini, Anda bisa membuka usaha katering di rumah. Anda tak perlu muluk-muluk terlebih dahulu dengan menyasar usaha katering skala besar. Manfaatkan dengan maksimal modal Anda yang berkisar 5 jutaan tersebut.

Anda hanya perlu mengawali usaha dengan membuka usaha katering untuk pesta kecil dan selamatan misalnya. Anda juga bisa memanfaatkan momen puasa untuk membuka usaha katering buka bersama. Pilihlah menu nasi kotak dengan jenis makanan yang sederhana, namun enak. Sehingga, banyak yang akan memesan katering Anda.

  1. Usaha Makanan Olahan

Anda dapat memulai usaha makanan olahan seperti mengolah/membuat aneka kue kering, kue ulang tahun, jajanan tradisional, keripik, roti, dan aneka jajanan olahan lainnya.

Pilihlah jenis makanan olahan yang bahan bakunya banyak tersedia di pasar sekitar tempat Anda tinggal. Hal ini selain untuk mempermudah produksi tetapi juga berguna untuk menekan biaya modal pembuatan aneka makanan olahan. Karena bahan yang langka cenderung memiliki harga jual yang mahal. Sehingga di tingkat konsumen akan sangat berdampak sekali harga yang mahal/murah tersebut.

Kemaslah produk makanan olahan Anda dengan harga kemasan yang murah, namun dapat menjaga kualitas makanan di dalamnya. Jangan lupa juga memberikan dekorasi menarik di kemasan produk Anda untuk menarik minat konsumen.

Itulah artikel tentang 5 contoh ide usaha rumahan dengan modal 5 jutaan yang sangat menjanjikan dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jangan terburu-buru pesimis dulu, dengan modal sedikitpun Anda masih tetap bisa memulai usaha Anda sendiri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *