by

6 Tips Sukses Bisnis Mini Cafe

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil, mungkin membuka bisnis atau usaha mini cafe merupakan pilihan yang layak dipertimbangkan. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, bisnis mini cafe bisa dibilang memiliki peluang yang cukup cerah. Meskipun sederhana dan termasuk bisnis modal kecil, namun usaha cafe ini dapat meraup keuntungan yang besar dan cukup menjanjikan.

Anda tertarik untuk mencoba bisnis ini? Kalau begitu, simak dulu 6 tips berikut agar bisnis mini cafe Anda bisa sukses dan terus berkembang.

6 Tips Sukses Bisnis Mini Cafe
6 Tips Sukses Bisnis Mini Cafe

6 Tips Sukses Bisnis Mini Cafe

  1. Menentukan target pasar

Langkah awal sebelum memulai bisnis mini cafe, terlebih dahulu Anda harus menentukan target pasar. Menargetkan pasar merupakan poin penting yang wajib dilakukan. Sebelumnya Anda harus menentukan target pembeli Anda, apakah untuk kalangan bawah atau low end, atau middle end, atau high end. Dan tentunya, dengan mengetahui target pembeli atau target pasar, Anda bisa menjual produk yang sesuai dengan selera maupun kantong mereka.

  1. Pemilihan lokasi cafe yang tepat

Memilih lokasi cafe yang strategis juga menjadi hal penting yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis mini café ini. Menempatkan lokasi cafe di tempat-tempat yang ramai seperti di jalan raya, pabrik, pasar, serta area kampus adalah pilihan yang tepat karena di tempat tersebut di huni banyak orang yang kemungkinan besar bisa menjadi pelanggan Anda.

  1. Sewalah tempat dengan harga murah

Jika Anda sudah punya lahan sendiri, maka bersyukurlah sebab Anda tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk menyewa ataupun membeli tanah tempat berdirinya bisnis cafe. Pasalnya, salah satu anggaran terbesar dalam perancangan bisnis mini cafe ini adalah pada penyewaan lokasinya. Apalagi jika Anda adalah pengusaha pemula yang belum memiliki modal banyak, masalah sewa space ini sudah pasti akan sangat memusingkan kepala.

Jika tidak memiliki lahan sendiri, mungkin Anda bisa menggunakan rumah partner bisnis, atau rumah orang lain untuk disewa sementara. Biasanya dana sewa terasnya tidak akan semahal merental ruko atau kios.

  1. Mencari tenaga kerja (karyawan)

Dalam mendirikan usaha cafe, tentu saja Anda akan membutuhkan karyawan untuk bekerja di mini cafe Anda. Namun, jika usaha cafe Anda masih dalam skala kecil, sebaiknya Anda tak perlu mencari banyak karyawan. Cukup 1 orang karyawan saja untuk dijadikan juru masak sementara Anda bisa menjadi pelayannya.

Saat Mencari partner bisnis yang akan membantu dalam menjalankan bisnis, pastikan untuk memilih  orang yang ramah dan enak diajak kerja sama karena ini juga bisa menjadi faktor penentu sukses tidaknya suatu bisnis.

  1. Fasilitas pendukung

Jika punya dana yang lebih maka tak ada salahnya untuk menambah fasilitas seperti WiFi. Dengan adanya fasilitas seperti ini, mini cafe Anda kemungkinan besar bisa menarik perhatian banyak orang. Pelanggan  yang akan datang ke cafe Anda pun bukan hanya dari kalangan anak muda saja, namun orang dewasa sekalipun akan lebih memilih tempat yang ada fasilitas internet gratisnya, mengingat saat ini internet sudah menjadi kebutuhan orang di era modern seperti ini.

  1. Pelayanan terbaik

Dengan menyediakan pelayanan yang baik, tentu saja pelanggan akan nyaman berada di mini cafe Anda. Bisa saja secara tidak langsung, mereka akan merekomendasikan cafe Anda pada kerabat maupun teman-teman terdekatnya sebagai tempat nongkrong dan kumpul-kumbul yang menyenangkan.

Bisnis modal kecil seperti ini sudah banyak dilakukan orang di seluruh Indonesia. Selain dapat mendatangkan keuntungan jutaan rupiah, bisnis mini cafe ini juga lebih fleksibel dan mudah untuk dijalani. Anda tertarik mencoba bisnis ini? tak perlu ragu, mulailah mencoba dan buktikan sendiri bagaimana keuntungan bisnis mini cafe ini. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *