by

Apa itu Intel Celeron

Bagi Anda penggemar komputer dan laptop pasti pernah bertanya-tanya tentang apa itu prosesor Intel Celeron? Intel Celeron adalah sebuah tipe dan spesifikasi mikroprosesor yang dibuat oleh perusahaan Intel Corporation. Dalam perkembangannya Intel Celeron merupakan varian dari arsitektur prosesor Intel Pentium II.

Apa itu Intel Celeron
Apa itu Intel Celeron

Namun karena alasan ekonomis (harga), maka Intel Celeron dibuat dengan memori cache yang lebih kecil di bandingkan dengan Intel Pentium II yaitu sebesar 128 KB, sedangkan Intel Pentium II sendiri memiliki memori cache sebesar 512 KB. Oleh karena itu sejak awal peluncurannya bulan April 1998, Intel Celeron mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan Intel Pentium II.

Pada tahun 2008 Intel Corporation memperbaharui produk prosesor Intel Celeron dengan arsitektur berbasis Core 2 dengan kode core Allendale. Akan tetapi memori cache dalam Intel Celeron ini juga hanya 25% daripada memori cache pada prosesor berbasis Core 2, sehingga Intel Celeron juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan Core 2.

Prosesor Intel Celeron sendiri dapat dipasang pada socket tipe PGA 370 maupun motherboard yang memiliki slot 1. Jika Anda bingung apakah tipe prosesor Intel Celeron spesifikasinya tinggi atau tidak, yang jelas performa Intel Celeron masih dibawah prosesor dengan arsitektur berbasis Core 3, seperti prosesor Intel Core i3.

Prosesor Intel Celeron sudah cukup digunakan jika kebutuhan Anda hanya untuk mengetik, mendengarkan lagu, browsing, menonton film maupun untuk belajar komputer. Namun Jika kebutuhan Anda adalah tingkat tinggi seperti menggambar, mendesain, merender video, membuat program, maka prosesor Intel Celeron tidak cocok untuk Anda gunakan. Semoga artikel tentang prosesor Intel Celeron ini bermanfaat untuk Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *