Apakah MediaTek Helio P35 Bagus untuk Game? Semua yang Perlu Anda Ketahui

MediaTek Helio P35 adalah salah satu chipset yang sering digunakan dalam smartphone dengan harga terjangkau. Namun, apakah chipset ini benar-benar bagus untuk game? Apakah ia mampu memberikan performa yang memadai untuk bermain game-game terkini? Dalam artikel ini, kami akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui tentang MediaTek Helio P35 dan seberapa baik ia dapat menghadapi permainan-permainan yang menuntut.

Sebelum kita masuk ke detail lebih jauh tentang MediaTek Helio P35, penting untuk memahami bahwa kemampuan chipset dalam menghadapi permainan tergantung pada beberapa faktor. Salah satunya adalah GPU yang digunakan oleh chipset tersebut. MediaTek Helio P35 dilengkapi dengan GPU PowerVR GE8320, yang biasanya dianggap sebagai GPU kelas menengah.

1. Spesifikasi MediaTek Helio P35

Sebelum kita membahas apakah MediaTek Helio P35 bagus untuk game atau tidak, mari kita lihat spesifikasinya terlebih dahulu. Chipset ini menggunakan arsitektur 12nm dan memiliki delapan inti prosesor ARM Cortex-A53 dengan kecepatan hingga 2.3GHz. Dalam hal GPU, MediaTek Helio P35 menggunakan PowerVR GE8320 dengan kecepatan hingga 680MHz. Chipset ini juga mendukung RAM LPDDR3 hingga 6GB dan penyimpanan eMMC 5.1.

Artikel Lain:  Perbedaan Turtle Wax Biru dan Hijau: Mana yang Lebih Baik untuk Kendaraan Anda?

2. Performa MediaTek Helio P35 dalam Game

Sekarang, mari kita tinjau seberapa baik MediaTek Helio P35 dalam menghadapi game-game terkini. Dengan GPU PowerVR GE8320, chipset ini mampu memberikan performa yang cukup baik dalam game-game dengan grafis yang tidak terlalu kompleks. Anda dapat mengharapkan pemutaran lancar dalam game-game populer seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Free Fire.

3. Batasan MediaTek Helio P35 dalam Game

Namun, MediaTek Helio P35 memiliki batasan dalam menghadapi game-game dengan grafis yang lebih kompleks. Ketika berhadapan dengan game-game dengan grafis tinggi seperti Call of Duty Mobile atau Genshin Impact, Anda mungkin mengalami penurunan frame rate dan penurunan kualitas grafis. Hal ini karena GPU PowerVR GE8320 tidak cukup kuat untuk menangani tuntutan grafis yang lebih tinggi.

4. Optimalisasi Game untuk MediaTek Helio P35

Jangan khawatir jika Anda menggunakan smartphone dengan MediaTek Helio P35 dan ingin bermain game-game dengan grafis yang lebih tinggi. Beberapa game memiliki opsi pengaturan grafis yang dapat Anda atur agar sesuai dengan kemampuan chipset Anda. Dengan mengurangi pengaturan grafis seperti resolusi, efek khusus, dan bayangan, Anda mungkin dapat meningkatkan performa game dan mengurangi penurunan frame rate.

Artikel Lain:  Bagaimana Cara Membedakan Butanol dengan Dietil Eter di Laboratorium

5. Alternatif Chipset untuk Game

Jika Anda seorang gamer yang serius dan ingin memainkan game-game dengan grafis tinggi tanpa batasan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan smartphone dengan chipset yang lebih kuat. Beberapa alternatif chipset yang lebih canggih untuk game adalah Qualcomm Snapdragon 730G, MediaTek Dimensity 800U, dan Qualcomm Snapdragon 845.

6. Kesimpulan

Dalam kesimpulan, MediaTek Helio P35 adalah chipset yang bagus untuk game-game dengan grafis yang tidak terlalu kompleks. Dengan harga yang terjangkau, chipset ini mampu memberikan performa yang cukup baik dalam game-game populer seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends. Namun, jika Anda ingin bermain game-game dengan grafis yang lebih tinggi, Anda mungkin perlu mencari smartphone dengan chipset yang lebih kuat.

Setiap pengalaman bermain game juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti RAM, penyimpanan, dan optimasi perangkat lunak. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli smartphone untuk bermain game, pastikan untuk melakukan riset menyeluruh dan mempertimbangkan semua aspek yang relevan.

Jadi, apakah MediaTek Helio P35 bagus untuk game? Jawabannya tergantung pada permainan yang ingin Anda mainkan. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan MediaTek Helio P35 dalam menghadapi game-game modern.

Leave a Comment