Arti Lambang Tapak Suci dan Ikrar

Daftar Isi

Pendahuluan

Tapak Suci adalah sebuah aliran bela diri yang dikenal dengan lambang khasnya. Lambang Tapak Suci terdiri dari berbagai elemen yang memiliki makna dan arti tersendiri. Selain itu, ikrar juga menjadi bagian penting dalam Tapak Suci yang melambangkan komitmen dan kesetiaan para anggotanya. dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai arti dari lambang Tapak Suci dan ikrar yang menjadi dasar dari aliran bela diri ini.

Lambang Tapak Suci

Lambang Tapak Suci terdiri dari beberapa elemen utama yang memiliki makna dan simbol tersendiri. Berikut adalah penjelasan mengenai arti dari setiap elemen dalam lambang Tapak Suci:

Tapak Kaki

Tapak Suci memiliki lambang berupa tapak kaki yang melambangkan langkah-langkah yang diambil dalam perjalanan hidup. Tapak kaki ini juga melambangkan perjalanan spiritual dan pencarian akan kebenaran.

Bulan

Bulan dalam lambang Tapak Suci melambangkan bulan sabit yang merupakan simbol dari agama Islam. Hal ini menggambarkan bahwa Tapak Suci memiliki nilai-nilai keagamaan yang mendasari setiap aksi dan perbuatan.

Bintang

Bintang dalam lambang Tapak Suci melambangkan kecerdasan dan pengetahuan. Bintang ini mengingatkan setiap anggota Tapak Suci untuk senantiasa belajar dan mengembangkan diri agar dapat menjadi individu yang cerdas dan bijaksana.

Artikel Lain:  Like Project Haikal: Membantu Pencapaian Impian dengan Bantuan Komunitas

Tulisan Arab

Tulisan Arab yang terdapat dalam lambang Tapak Suci berbunyi “Bismillah” yang artinya “Dengan nama Allah. Hal ini menunjukkan bahwa setiap langkah yang diambil oleh anggota Tapak Suci harus dilandasi dengan niat yang baik dan mengharap ridha Allah SWT.

Ikrar

Ikrar merupakan bagian penting dalam Tapak Suci yang melambangkan komitmen dan kesetiaan setiap anggota. Berikut adalah ikrar dalam Tapak Suci:

“Saya berjanji akan selalu menjunjung tinggi nama baik dan martabat Tapak Suci. Saya akan senantiasa menjaga kehormatan dan kewibawaan Tapak Suci di mana pun saya berada. Saya bertekad untuk belajar dan mengamalkan ajaran Tapak Suci dengan sebaik-baiknya. Saya siap untuk berkorban demi kebaikan Tapak Suci, bangsa, dan negara.”

Ikrar tersebut diucapkan dengan penuh kesadaran dan dihayati oleh setiap anggota Tapak Suci. Ikrar ini menjadi pengingat bagi mereka untuk senantiasa menjaga integritas, loyalitas, dan semangat dalam menjalankan ajaran Tapak Suci.

Kesimpulan

Lambang Tapak Suci dan ikrar merupakan bagian penting dalam aliran bela diri ini. Lambang Tapak Suci melambangkan langkah-langkah dalam perjalanan hidup, nilai-nilai keagamaan, kecerdasan, dan niat yang baik. Sementara itu, ikrar menggambarkan komitmen dan kesetiaan setiap anggota Tapak Suci dalam menjalankan ajaran dan prinsip-prinsipnya. Dengan memahami arti dari lambang Tapak Suci dan ikrar ini, para anggota Tapak Suci diharapkan dapat menjadikan aliran bela diri ini sebagai sarana untuk mengembangkan diri secara spiritual dan moral.

Leave a Comment