Arti Perkata Surat Al Luqman Ayat 13-14

Pengenalan Surat Al Luqman

Surat Al Luqman adalah surat ke-31 dalam Al-Quran, yang terdiri dari 34 ayat. Surat ini dinamai setelah Luqman Al-Hakim, seorang bijak yang disebutkan dalam ayat pertama surat ini. Surat Al Luqman berisi nasihat-nasihat bijak dari Luqman kepada putranya. Dalam surat ini, terdapat beberapa ayat yang memiliki arti penting, termasuk ayat 13-14. Mari kita jelajahi arti perkata dari Surat Al Luqman ayat 13-14.

Arti Perkata Surat Al Luqman Ayat 13

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu dia memberi pelajaran kepadanya, “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah. Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.

Ayat ini mengandung pesan penting dari Luqman kepada putranya. Luqman mengingatkan anaknya agar tidak mempersekutukan Allah, karena itu adalah dosa yang besar. Mempersekutukan Allah berarti menganggap ada Tuhan lain selain Allah, yang merupakan pelanggaran terbesar dalam agama Islam.

Arti Perkata Surat Al Luqman Ayat 14

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

Artikel Lain:  Lirik Songon Solu: Lagu Batak yang Menggugah Hati dan Jiwa

Ayat ini menunjukkan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua. Luqman menasihati putranya untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ayat ini juga mengingatkan kita untuk selalu bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya, termasuk karunia memiliki dua orang tua yang merawat dan membesarkan kita.

Kesimpulan

Arti perkata Surat Al Luqman ayat 13-14 menyampaikan pesan penting dalam agama Islam. Ayat 13 mengingatkan kita untuk tidak mempersekutukan Allah, sedangkan ayat 14 mengajarkan tentang pentingnya berbakti kepada kedua orang tua dan bersyukur kepada Allah. Dengan memahami dan mengamalkan pesan-pesan ini, kita dapat memperkuat keyakinan dan kehidupan spiritual kita.

Jadi, mari kita selalu merenungkan dan mengaplikasikan pesan yang terkandung dalam Surat Al Luqman ayat 13-14 agar kita dapat hidup dalam keberkahan dan mendapatkan ridha Allah SWT.

Leave a Comment