by

Belanja Bulanan Jadi Lebih Hemat Dengan Cara Cerdas Berikut

Aktivitas yang sangat menyenangkan bagi para wanita, khususnya para ibu adalah berbelanja. Saking bersemangatnya belanja, para ibu ini terkadang membeli banyak hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, dan seringkali melupakan apa-apa yang seharusnya dibeli. Ini menjadi penyakit kebanyakan wanita, terutama para ibu yang bermukim di perkotaan.

Belanja Bulanan Jadi Lebih Hemat Dengan Cara Cerdas Berikut
Belanja Bulanan Jadi Lebih Hemat Dengan Cara Cerdas Berikut

Kebiasaan berbelanja yang seperti ini seringkali berdampak buruk bagi kondisi keuangan keluarga, pasalnya jadi banyak pengeluaran yang tidak sesuai dengan perencanaan, dan hal ini bisa membuat pengeluaran membengkak. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka tidak hanya penghasilan bulanan saja yang terancam tak bersisa, lambat laun tabungan pun akan semakin menipis, apabila Anda membiasakan cara berbelanja seperti ini.

Lalu, apa solusi bagi para ibu dan wanita pada umumnya agar lebih bisa menghemat ketika belanja bulanan? Berikut jawabannya.

Cara Cerdas Belanja Bulanan Bagi Wanita dan Ibu-ibu

Buatlah Perencanaan Sebelum Belanja

Anda perlu meyakini bahwa dalam banyak hal, kita perlu melakukan perencanaan, begitu pula ketika kita hendak berbelanja. Sebelum berbelanja, pastikan Anda sudah merencanakan apa saja yang hendak dibeli dalam satu bulan ke depan. Dengan merencanakan seperti ini, maka Anda bisa berbelanja sekaligus dalam satu waktu, sehingga Anda akan terhindar dari kegiatan berbelanja berulang kali.

Berbelanja berulangkali bisa memberi dampak buruk bagi keuangan Anda. Jika Anda sering belanja, maka keinginan dan godaan untuk membeli barang yang tidak Anda perlukan semakin besar. Apalagi jika setiap Anda pergi belanja ada saja penawaran menarik berupa diskon atau promo produk terbaru. Jadi, rencanakanlah dengan baik apa yang Anda butuhkan dalam satu bulan.

Berhati-hatilah Dengan Diskon

Godaan terbesar saat berbelanja adalah diskon. Dengan adanya diskon, seringkali kita terjebak membeli sesuatu dalam jumlah banyak, padahal kita tidak membutuhkan barang atau produk tersebut dalam jumlah banyak. Selain itu, seringkali juga barang yang kita beli sebenarnya tidak kita butuhkan. Kita membelinya hanya karena tergiur dengan harganya yang jauh lebih murah dari biasanya.

Apabila Anda tergoda terus, maka bisa dijamin pengeluaran Anda akan membengkak. Tapi kadangkala juga keberadaan diskon ini menjadi solusi penghematan. Dengan catatan barang diskon yang kita beli adalah barang yang memang kita rencanakan untuk dibeli dan jumlahnya pun sesuai dengan kebutuhan kita.

Jadi, sekalipun Anda diminta berhati-hati dengan diskon, tapi bukan berarti Anda tidak diizinkan membeli barang-barang diskon ya! Sebagai pembeli cerdas dan bijak, Anda bisa memilah dan memilih, serta memutuskan membeli barang diskon pada saat dan kondisi yang tepat.

Hindari Belanja Saat Lapar

Dalam kondisi lapar, secara psikologis kita ingin membeli banyak hal saat berbelanja. Ini sama halnya ketika kita sedang berpuasa. Sebelum waktunya berbuka, bukankah kita sering kalap membeli banyak makanan? Namun saat berbuka, hanya satu atau dua jenis makanan yang sanggup kita makan. Jadi, kalau mau belanja sebaiknya Anda makan dulu, dan hindari berbelanja di saat lapar.

Jika Anda tidak percaya dengan saran di atas, maka sebaiknya Anda membuktikannya sendiri. Belanjalah di saat lapar dan di lain waktu belanjalah di saat kenyang, lalu Anda bandingkan perbandingan hasrat Anda berbelanja pada dua kondisi tersebut. Mau coba buktikan?

Belanja Sesuai Dengan Catatan

Satu hal penting yang perlu Anda lakukan untuk menghemat saat berbelanja, yaitu dengan membuat catatan. Catatlah apa yang akan Anda beli saat berbelanja, dan ketika berbelanja. Maka Anda harus disiplin dengan catatan yang Anda buat. Maksudnya, Anda hanya boleh membeli barang yang Anda tulis di dalam catatan saja.

Berbelanja memang menjadi hal yang menyenangkan terutama bagi ibu-ibu dan kaum hawa lainnya, namun menjadi wanita yang cerdas berbelanja akan menjadikan Anda lebih bisa mengontrol keuangan serta memenuhi target masa depan Anda. Selamat mencoba tips-tips tersebut, dan semoga Anda bisa lebih hemat dalam berbelanja. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *