by

Cara Backup dan Restore Windows 10

Jika Anda memiliki komputer dengan Windows 10 sangat disarankan untuk rutin membackup dan membuat restore point, agar bila dikemudian hari terjadi sesuatu dengan Windows 10 Anda, Anda tinggal merestore atau mengembalikannya ke kondisi sebelum Anda membackup komputer.

Membackup komputer di Windows 10 akan membuat Anda merasa tenang dari hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti rusaknya file system (corrupt), Windows 10 terkena virus, atau kinerja Windows 10 Anda menjadi lambat, maupun Windows 10 Anda tidak berjalan dengan semestinya. Jika masalah tersebut Anda alami, dengan beberapa klik maka komputer dengan Windows 10 Anda akan menjadi seperti semula sebelum Anda melakukan kegiatan backup. File system akan kembali aman, virus hilang, hasilnya komputer dapat berjalan normal kembali.

Untuk membackup dan merestore Windows 10 Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Cara Membackup Windows 10
  1. Buka control panel, Anda dapat menekan tombol “Windows+R” secara bersamaan, pada kolom Run yang muncul, ketikkan “control panel” tanpa tanda petik, lalu tekan enter atau klik Ok.

    Cara Membackup Windows 10 - Langkah 1
    Cara Membackup Windows 10 – Langkah 1
  2. Pada kolom search dibagian kanan atas, ketikkan “restore” tanpa tanda petik, dan pilih/klik pada bagian “Create a restore point”. Lihat screenshot dibawah ini.

    Cara Membackup Windows 10 - Langkah 2
    Cara Membackup Windows 10 – Langkah 2
  3. Setelah muncul jendela System Properties, klik “Create”, lalu ketikkan nama backupan yang Anda inginkan, terserah namanya mau seperti apa, misalnya disini saya isi dengan nama”backup-komputerku” lalu klik “Create”. Tunggu proses pembuatan system restore point hingga selesai. Jika bingung lihat urutannya pada gambar berikut.

    Cara Membackup Windows 10 - Langkah 3
    Cara Membackup Windows 10 – Langkah 3
  4. Jika proses pembuatan restore point telah selesai, Anda dapat mengembalikan/merestore point Windows 10 Anda dengan kondisi sama seperti sebelum Anda buatkan backup dengan restore point.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana langkah cara mengembalikan/merestore Windows 10 Anda, menggunakan restore point yang telah Anda buat tadi? Berikut langkah-langkahnya.

  • Cara Mengembalikan/Merestore Windows 10
  1. Buka control panel, langkahnya sama seperti di cara Membackup Windows 10 tadi. Namun setelah terbuka silakan ketikkan di kolom pencarian kanan atas dengan keyword “recovery” tanpa tanda petik. Setelah itu klik “Recovery”, lihat screenshot dibawah ini.

    Cara Merestore Windows 10 - Langkah 1
    Cara Merestore Windows 10 – Langkah 1
  2. Langkah selanjutnya adalah klik/pilih “Open System Restore”, pada window yang muncul, klik “Next” sampai muncul daftar nama restore point yang telah kita buat sebelumnya, klik pada nama restore point yang kita buat yaitu “backup-komputerku“. Lihat gambar berikut.

    Cara Merestore Windows 10 - Langkah 2
    Cara Merestore Windows 10 – Langkah 2
  3. Step terakhir adalah silakan Anda klik tombol “Finish”. Ingat mengembalikan atau merestore Windows 10 Anda prosesnya tidak dapat dihentikan, jadi jika Anda sudah yakin silakan konfirmasi dan selesaikan prosesnya.

    Cara Merestore Windows 10 - Langkah 3
    Cara Merestore Windows 10 – Langkah 3

Selamat, jika tidak ada masalah yang berarti, komputer Windows 10 Anda akan kembali seperti kondisi saat sebelum Anda melakukan pembuatan restore point.

Itulah tutorial bagaimana cara backup dan restore Windows 10. Dengan rutin membackup komputer Windows 10 Anda, maka akan memberikan ketenangan bila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan sistem operasi Windows 10 Anda. Karena nanti dapat Anda restore/kembalikan ke kondisi semula. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *