Cara Cloning di Photoshop

 

Pendahuluan

Menggunakan fitur cloning di Adobe Photoshop adalah salah satu cara yang efektif untuk mengedit gambar. Dengan cloning, Anda dapat menggandakan atau menghapus elemen gambar dengan tampilan yang alami dan tidak terlihat seperti manipulasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan cloning di Photoshop dengan mudah.

1. Mengaktifkan Alat Clone Stamp

Pertama, buka Photoshop dan buka gambar yang ingin Anda edit. Kemudian, pilih alat “Clone Stamp” dari panel alat di sebelah kiri. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard “S” untuk mengaktifkan alat ini.

2. Mengatur Ukuran dan Kelembutan Kuas

Setelah mengaktifkan alat Clone Stamp, langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran dan kelembutan kuas. Anda dapat mengubah ukuran kuas dengan mengklik ikon “Brush Preset Picker” di bilah opsi atas atau dengan menggunakan pintasan keyboard [” dan “]”. Pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai dengan area yang ingin Anda clone.

3. Mengatur Sumber Sampel

Sebelum mulai melakukan cloning, Anda perlu mengatur sumber sampel. Caranya adalah dengan menahan tombol “Alt” dan mengklik area gambar yang ingin Anda jadikan sebagai sumber sampel. Ini akan menandai titik awal dari mana Anda akan mengkloning.

Artikel Lain:  Tombol-tombol Cash Register: Fungsi dan Kelebihan

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah dasar untuk melakukan cloning di Adobe Photoshop. Dengan menggunakan alat Clone Stamp, Anda dapat dengan mudah menggandakan atau menghapus elemen gambar. Pastikan untuk mengatur ukuran dan kelembutan kuas yang tepat, serta memilih sumber sampel yang sesuai. Selamat mencoba!

Leave a Comment