Cara Melihat Riwayat Komentar di TikTok: Panduan Lengkap

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat membuat dan membagikan video pendek, serta berinteraksi dengan komunitas TikTok lainnya melalui komentar. Namun, bagaimana cara melihat riwayat komentar di TikTok? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat riwayat komentar di TikTok, sehingga Anda dapat mengelola dan menjaga interaksi dengan pengguna lain.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa TikTok terus mengembangkan dan memperbarui fitur-fiturnya. Oleh karena itu, antarmuka dan langkah-langkah yang akan kami jelaskan dalam artikel ini mungkin bisa berbeda di versi TikTok yang Anda gunakan. Namun, kami akan mencoba memberikan panduan umum yang dapat diterapkan di sebagian besar versi TikTok.

1. Mengakses Riwayat Komentar

Untuk melihat riwayat komentar di TikTok, pertama-tama buka aplikasi TikTok di perangkat Anda. Setelah masuk ke akun Anda, cari dan klik ikon profil di kanan bawah layar. Ini akan membawa Anda ke halaman profil Anda.

Pada halaman profil, Anda akan melihat beberapa tab di bagian atas layar. Cari dan klik tab “Komentar”. Ini akan membuka riwayat komentar Anda, yang mencakup semua komentar yang pernah Anda berikan di video TikTok orang lain.

Penting untuk dicatat bahwa riwayat komentar hanya mencakup komentar yang Anda berikan, dan bukan komentar yang diberikan oleh pengguna lain di video Anda.

2. Membalas Komentar

Selain melihat riwayat komentar, Anda juga dapat membalas komentar yang diberikan oleh pengguna lain di video TikTok Anda. Untuk melakukannya, buka video TikTok Anda dan gulir ke bawah hingga Anda melihat daftar komentar. Cari komentar yang ingin Anda balas, lalu ketuk ikon balas di sebelah komentar tersebut.

Artikel Lain:  Ciri-ciri Telegram di Hack: Tanda-tanda, Pencegahan, dan Langkah yang Harus Diambil

Setelah Anda mengetuk ikon balas, akan muncul kotak komentar di bagian bawah layar. Tulis balasan Anda di kotak komentar, lalu ketuk tombol “Kirim” untuk mengirim balasan Anda. Balasan Anda akan muncul di bawah komentar asli dan pengguna yang memberikan komentar akan menerima pemberitahuan bahwa Anda telah membalas komentarnya.

3. Menghapus Komentar

Ketika melihat riwayat komentar di TikTok, Anda juga memiliki opsi untuk menghapus komentar yang telah Anda berikan. Untuk menghapus komentar, buka riwayat komentar seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Cari komentar yang ingin Anda hapus, lalu ketuk dan tahan komentar tersebut.

Setelah Anda menahan komentar, beberapa opsi akan muncul di layar. Salah satu opsi tersebut adalah “Hapus”. Ketuk opsi “Hapus”, dan konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus komentar tersebut. Komentar akan dihapus dari riwayat komentar Anda dan tidak akan terlihat oleh pengguna lain.

4. Meletakkan Komentar di Bawah Tinjauan

Saat Anda menelusuri video TikTok, Anda mungkin ingin memberikan komentar yang berhubungan langsung dengan video tersebut, bukan sebagai tanggapan atas komentar pengguna lain. Untuk melakukannya, buka video TikTok yang ingin Anda komentari dan gulir ke bawah hingga Anda melihat daftar komentar.

Di bagian bawah daftar komentar, Anda akan melihat kotak komentar kosong. Ketuk kotak komentar tersebut dan ketikkan komentar Anda. Setelah selesai mengetik, ketuk tombol “Kirim” untuk mengirim komentar Anda. Komentar Anda akan muncul di bawah video TikTok dan pengguna lain dapat melihat dan memberikan tanggapan jika mereka mau.

5. Menyembunyikan Komentar

Jika Anda menemukan komentar yang tidak pantas atau tidak diinginkan di video TikTok Anda, Anda memiliki opsi untuk menyembunyikan komentar tersebut. Untuk menyembunyikan komentar, buka video TikTok Anda dan gulir ke bawah hingga Anda melihat daftar komentar.

Cari komentar yang ingin Anda sembunyikan, lalu ketuk dan tahan komentar tersebut. Setelah beberapa opsi muncul, ketuk opsi “Sembunyikan”. Komentar yang Anda sembunyikan tidak akan terlihat oleh pengguna lain, tetapi pengguna tersebut masih dapat melihat komentar mereka sendiri.

Artikel Lain:  Unduh MP3 Gratis dengan X2Download - Solusi Terbaik untuk Mendapatkan Musik Favoritmu

6. Melaporkan Komentar

Jika Anda menemukan komentar yang melanggar pedoman komunitas TikTok atau berisi konten yang tidak pantas, Anda dapat melaporkan komentar tersebut. Melaporkan komentar yang tidak pantas dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan positif di TikTok.

Untuk melaporkan komentar, buka video TikTok Anda dan cari komentar yang ingin Anda laporkan. Ketuk dan tahan komentar tersebut, lalu ketuk opsi “Laporkan”. TikTok akan memberikan beberapa pilihan alasan pelaporan. Pilih alasan yang paling sesuai dengan situasi, dan konfirmasikan bahwa Anda ingin melaporkan komentar tersebut.

7. Mengatur Pengaturan Komentar

TikTok juga menyediakan opsi untuk mengatur pengaturan komentar, yang memungkinkan Anda membatasi siapa yang dapat memberikan komentar di video Anda. Untuk mengatur pengaturan komentar, buka aplikasi TikTok dan masuk ke halaman profil Anda.

Pada halaman profil, ketuk ikon tiga titik di kanan atas layar untuk membuka pengaturan. Di menu pengaturan, cari dan ketuk opsi “Privasi dan Keamanan”. Di bawah opsi ini, Anda akan menemukan opsi “Siapa yang dapat memberikan komentar pada video saya”.

Pilih opsi yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat memilih untuk mengizinkan semua orang, teman-teman saja, atau tidak mengizinkan siapa pun untuk memberikan komentar pada video Anda.

8. Mengelola Komentar dengan Filter Kata

Jika Anda ingin menghindari komentar yang mengandung kata-kata tertentu, TikTok juga menyediakan opsi filter kata. Filter kata akan menyaring komentar yang mengandung kata-kata yang telah Anda tentukan.

Untuk mengatur filter kata, buka aplikasi TikTok dan masuk ke halaman profil Anda. Buka pengaturan dengan mengetuk ikon tiga titik di kanan atas layar, lalu cari dan ketuk opsi “Privasi dan Keamanan”. Di bawah opsi ini, Anda akan menemukan opsi “Filter Kata”.

Artikel Lain:  Nama Makanan Hewan Manis Teka Teki: Mengungkap Keunikan, Detail, dan Kehandalan Mereka

Anda dapat menambahkan kata-kata yang ingin Anda filter pada kotak filter kata. TikTok akan menyaring komentar yang mengandung kata-kata tersebut dan menyembunyikannya dari daftar komentar.

9. Mengelola Komentar dengan Fitur Komentar Otomatis

TikTok juga memiliki fitur komentar otomatis yang dapat membantu Anda mengelola komentar yang masuk ke video Anda. Fitur ini akan memberikan opsi untuk mengizinkan hanya komentar dari teman atau mengizinkan komentar dari semua orang.

Untuk mengatur fitur komentar otomatis, buka aplikasi TikTok dan masuk ke halaman profil Anda. Buka pengaturan dengan mengetuk ikon tiga titik di kanan atas layar, lalu cari dan ketuk opsi “Privasi dan Keamanan”. Di bawah opsi ini, Anda akan menemukan opsi “Komentar Otomatis”.

Pilih opsi yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat memilih untuk mengizinkan komentar dari teman saja atau mengizinkan komentar dari semua orang.

10. Menjaga Interaksi Positif

Saat menggunakanTikTok, penting untuk menjaga interaksi dengan pengguna lain tetap positif dan menghormati. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga interaksi yang positif di TikTok:

1. Beri komentar yang sopan dan relevan. Hindari membuat komentar yang tidak pantas, ofensif, atau mengganggu.

2. Balas komentar dengan sikap terbuka dan ramah. Jika ada pengguna yang memberikan komentar atau bertanya tentang konten Anda, berikan respons yang informatif atau menghargai.

3. Jangan terlibat dalam perdebatan yang tidak produktif atau menjurus ke arah negatif. Jika Anda tidak setuju dengan komentar pengguna lain, ada baiknya untuk menjaga sikap yang dewasa dan menghindari konflik yang tidak perlu.

4. Gunakan fitur pengaturan privasi dan keamanan untuk mengendalikan siapa yang dapat memberikan komentar pada video Anda. Jika Anda merasa terganggu dengan komentar yang tidak diinginkan, Anda dapat membatasi akses pengguna untuk memberikan komentar.

5. Laporkan komentar yang melanggar pedoman komunitas TikTok. Melaporkan komentar yang tidak pantas dapat membantu menjaga integritas platform dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua pengguna.

Dalam menggunakan TikTok, penting untuk menghargai dan menghormati pengguna lain serta menjaga interaksi yang positif. Dengan mengikuti panduan ini dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh TikTok, Anda dapat mengelola dan menjaga riwayat komentar Anda dengan baik. Selamat menggunakan TikTok dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Leave a Comment