Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Pendahuluan

Pompa air merupakan salah satu alat yang penting untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Namun, seringkali kita mengalami masalah listrik mati atau tidak tersedia listrik di tempat yang membutuhkan air. Untungnya, ada cara untuk membuat pompa air tanpa menggunakan listrik. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat pompa air tanpa listrik dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan pompa air tanpa listrik, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

  1. Tabung PVC dengan diameter 4 inci dan panjang 2 meter
  2. Tabung PVC dengan diameter 2 inci dan panjang 1 meter
  3. Pipa PVC dengan diameter 1 inci dan panjang 3 meter
  4. Wadah air
  5. Pasir halus
  6. Batu kerikil
  7. Penutup tabung PVC
  8. Pisau gergaji
  9. Lem PVC
  10. Alat pengukur
Artikel Lain:  Download Deep Freeze Windows 7 Serial

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pompa air tanpa listrik:

1. Persiapan

Pertama, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan dan siapkan area kerja yang bersih. Pastikan juga Anda memakai alat pelindung seperti sarung tangan dan kacamata.

2. Potong Tabung PVC

Potong tabung PVC dengan diameter 4 inci menjadi dua bagian yang memiliki panjang masing-masing 1 meter. Potong juga tabung PVC dengan diameter 2 inci menjadi dua bagian yang memiliki panjang masing-masing 30 cm.

3. Buat Lubang pada Tabung PVC

Pada salah satu ujung tabung PVC dengan diameter 4 inci, buat lubang dengan diameter sekitar 1,5 inci. Lubang ini akan menjadi tempat keluarnya air.

4. Pasang Tabung PVC dengan Diameter 2 Inci

Pasang tabung PVC dengan diameter 2 inci di tengah tabung PVC dengan diameter 4 inci yang sudah dipotong tadi. Pastikan tabung PVC dengan diameter 2 inci berada di posisi yang tepat dan stabil.

5. Tambahkan Pasir dan Batu Kerikil

Tambahkan pasir halus ke dalam tabung PVC dengan diameter 4 inci hingga setinggi 40 cm. Kemudian tambahkan batu kerikil di atas pasir hingga setinggi 20 cm. Hal ini akan membantu menyaring air dan menjaga kualitas air yang keluar.

Artikel Lain:  Follower Gratis Instagram Indonesia: Cara Mendapatkan Follower Aktif dengan Cepat dan Mudah

6. Pasang Tabung PVC dengan Diameter 4 Inci

Pasang tabung PVC dengan diameter 4 inci yang sudah dipotong ke tabung PVC dengan diameter 2 inci. Pastikan keduanya terhubung dengan rapat dan aman.

7. Pasang Pipa PVC

Pasang pipa PVC dengan diameter 1 inci di bagian atas tabung PVC dengan diameter 4 inci. Pastikan pipa PVC terpasang dengan rapat dan tegak lurus.

8. Pasang Penutup Tabung PVC

Pasang penutup tabung PVC di bagian atas pipa PVC. Pastikan penutup terpasang dengan rapat dan tidak bocor.

9. Masukkan Pompa ke dalam Wadah Air

Masukkan pompa yang telah Anda buat ke dalam wadah air seperti sumur atau bak penampungan air. Pastikan pompa berada di dalam air dan tidak terlalu dalam.

10. Uji Pompa Air

Pompa air tanpa listrik Anda sudah siap digunakan. Untuk mengeluarkan air, cukup tarik pipa PVC ke atas hingga air keluar melalui lubang yang sudah Anda buat sebelumnya.

Kesimpulan

Memiliki pompa air tanpa listrik bisa menjadi solusi yang praktis saat menghadapi masalah listrik mati atau tidak tersedianya listrik. Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah, Anda dapat membuat pompa air sendiri. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan seksama dan berhati-hati saat menggunakan alat-alat tajam. Dengan demikian, Anda dapat memenuhi kebutuhan air Anda tanpa tergantung pada listrik. Selamat mencoba!

Leave a Comment