Cara Mengatasi PES 2017 Not Responding

PES 2017 merupakan salah satu game sepak bola yang sangat populer di Indonesia. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah saat game ini tidak merespons atau mengalami not responding. Masalah ini dapat sangat mengganggu dan membuat frustrasi, tetapi jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara mengatasi masalah tersebut.

1. Memperbarui Driver Grafis Anda

Salah satu alasan utama mengapa PES 2017 bisa tidak merespons adalah karena driver grafis yang tidak diperbarui. Pastikan Anda memiliki driver grafis terbaru untuk kartu grafis Anda. Anda dapat mengunjungi situs web produsen kartu grafis Anda dan mencari versi driver terbaru yang kompatibel dengan sistem Anda.

2. Memperbarui Game PES 2017

Selain memperbarui driver grafis, periksa apakah ada pembaruan game PES 2017 yang tersedia. Terkadang, pengembang merilis pembaruan untuk mengatasi bug dan masalah kinerja. Pastikan Anda mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru untuk game PES 2017.

Artikel Lain:  TV Sharp STR-W5453-B Naik - Peningkatan Pengalaman Menonton Anda

3. Menjalankan Game dengan Mode Kompatibilitas

Jika PES 2017 masih tidak merespons setelah memperbarui driver grafis dan game, coba jalankan game dengan mode kompatibilitas. Klik kanan ikon game PES 2017 di desktop Anda, pilih “Properties”, lalu pilih tab “Compatibility”. Centang kotak “Run this program in compatibility mode for” dan pilih versi Windows yang sesuai dengan sistem Anda.

4. Menonaktifkan Antivirus Sementara

Sometimes, antivirus programs can interfere with the normal functioning of games. If you have an antivirus program running in the background, try disabling it temporarily and see if it resolves the not responding issue in PES 2017. Remember to enable the antivirus program again after testing.

5. Menyesuaikan Pengaturan Grafis Game

PES 2017 memiliki pengaturan grafis yang dapat disesuaikan. Buka menu “Options” dalam game dan periksa pengaturan grafis yang digunakan. Jika Anda mengalami masalah not responding, coba turunkan beberapa pengaturan grafis seperti resolusi, efek grafis, dan kualitas tekstur. Setelah menyesuaikan pengaturan, coba jalankan game dan lihat apakah masalah telah teratasi.

6. Membersihkan File Cache PES 2017

File cache yang tidak terkendali dapat menyebabkan masalah kinerja pada game PES 2017. Untuk mengatasi hal ini, buka folder instalasi game PES 2017 di komputer Anda dan cari folder “cache”. Hapus semua file yang ada di dalamnya. Setelah membersihkan file cache, coba jalankan game kembali dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Artikel Lain:  Cara Menghilangkan Desis pada Tone Control

7. Memperbarui Sistem Operasi Anda

Kadang-kadang, masalah not responding pada game PES 2017 dapat terjadi karena kesalahan atau bug pada sistem operasi Anda. Pastikan Anda memiliki versi terbaru dari sistem operasi yang Anda gunakan. Periksa pembaruan yang tersedia dan instal semua pembaruan yang relevan.

8. Mengubah Pengaturan Power Plan

Pengaturan power plan pada komputer Anda dapat mempengaruhi kinerja game PES 2017. Buka Control Panel, pilih “Power Options”, dan periksa pengaturan power plan yang digunakan saat Anda bermain game. Pilih power plan yang memberikan performa terbaik untuk game, seperti “High Performance”.

9. Melakukan Scan Disk dan Memperbaiki File Sistem

Kerusakan pada file sistem Anda dapat menyebabkan masalah not responding pada game PES 2017. Gunakan utilitas Scan Disk di komputer Anda untuk memeriksa dan memperbaiki file sistem yang rusak. Anda juga dapat menggunakan utilitas pihak ketiga yang dapat membantu memperbaiki masalah pada file sistem Anda.

10. Menginstal Ulang Game PES 2017

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah not responding pada PES 2017, coba menginstal ulang game. Hapus instalasi game yang ada dan bersihkan semua file yang terkait. Setelah itu, instal kembali game PES 2017 dari awal dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Artikel Lain:  Peralatan Room Service: Membuat Pengalaman Menginap Anda Menjadi Lebih Nyaman

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa cara mengatasi masalah not responding pada game PES 2017. Pastikan Anda memperbarui driver grafis, memperbarui game, menjalankan game dengan mode kompatibilitas, menonaktifkan antivirus sementara, menyesuaikan pengaturan grafis game, membersihkan file cache, memperbarui sistem operasi, mengubah pengaturan power plan, melakukan scan disk dan memperbaiki file sistem, serta menginstal ulang game PES 2017. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah yang Anda alami dan kembali menikmati permainan PES 2017 dengan lancar. Selamat bermain!

Leave a Comment