Cara Menghilangkan Notepad yang Muncul saat Startup

Apakah Anda sering mengalami masalah dengan notepad yang muncul secara otomatis ketika Anda menyalakan komputer? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna komputer mengalami masalah ini dan mencari cara untuk mengatasinya. Notepad yang muncul saat startup dapat mengganggu kenyamanan dan efisiensi penggunaan komputer Anda. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghilangkan notepad yang muncul saat startup.

1. Mengecek Startup Folder

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa folder startup komputer Anda. Folder startup berisi daftar program yang dijalankan secara otomatis saat komputer dinyalakan. Untuk mengakses folder ini, cukup tekan tombol “Windows + R” pada keyboard Anda, ketik “shell:startup” (tanpa tanda kutip), dan tekan Enter. Periksa apakah ada file atau shortcut notepad di dalam folder ini. Jika ada, hapus file atau shortcut tersebut.

2. Mengubah Pengaturan Startup di Task Manager

Jika notepad masih muncul setelah Anda menghapus file atau shortcut dari folder startup, langkah selanjutnya adalah dengan mengubah pengaturan startup di Task Manager. Caranya, tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” pada keyboard Anda untuk membuka Task Manager. Pada tab “Startup”, periksa daftar program yang diaktifkan saat startup. Jika Anda menemukan notepad di daftar ini, klik kanan pada program tersebut dan pilih “Disable” atau “Disable All” jika ada opsi tersebut.

Artikel Lain:  Cara Mengisi Game PS2 ke Flashdisk dengan Mudah dan Praktis

3. Menghapus Registry Entry Notepad

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak menghilangkan notepad yang muncul saat startup, Anda dapat mencoba menghapus registry entry notepad. Namun, sebelum melakukan ini, pastikan untuk mencadangkan registry Anda terlebih dahulu, karena mengedit registry dapat berisiko jika dilakukan dengan tidak hati-hati. Untuk menghapus registry entry notepad, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka Registry Editor

Tekan tombol “Windows + R” pada keyboard Anda, ketik “regedit” (tanpa tanda kutip), dan tekan Enter. Ini akan membuka Registry Editor.

b. Navigasi ke Key Registry yang Tepat

Navigasikan ke lokasi registry berikut: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run

c. Hapus Entry Notepad

Pada panel sebelah kanan, cari dan hapus entry yang terkait dengan notepad. Pastikan Anda hanya menghapus entry notepad dan tidak menghapus entry lain yang mungkin diperlukan oleh program lain.

4. Mengecek Scheduled Tasks

Jika notepad masih muncul setelah menghapus registry entry, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan memeriksa Scheduled Tasks. Scheduled Tasks adalah tugas yang dijadwalkan untuk dijalankan pada waktu tertentu. Untuk mengakses Scheduled Tasks, buka Control Panel dan cari “Task Scheduler”. Buka aplikasi yang muncul dan periksa apakah ada tugas yang terkait dengan notepad. Jika ada, hapus tugas tersebut.

Artikel Lain:  Cara Menambah Like di Instagram Gratis

Kesimpulan

Notepad yang muncul saat startup dapat mengganggu penggunaan komputer Anda. Namun, dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat menghilangkannya dengan mudah. Mulai dari memeriksa folder startup, mengubah pengaturan startup di Task Manager, menghapus registry entry notepad, hingga memeriksa Scheduled Tasks, Anda memiliki beberapa opsi untuk mengatasi masalah ini. Jika semua langkah di atas tidak berhasil, disarankan untuk menghubungi teknisi komputer yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Leave a Comment