Cara Menonaktifkan Balon Obrolan Telegram: Panduan Lengkap

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer di seluruh dunia. Salah satu fitur utama yang dimiliki oleh Telegram adalah balon obrolan yang muncul ketika ada pesan baru. Meskipun beberapa orang menyukai fitur ini, ada juga yang ingin menonaktifkannya. Jika Anda salah satunya, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara menonaktifkan balon obrolan Telegram.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu balon obrolan Telegram. Balon obrolan adalah notifikasi kecil yang muncul di layar ponsel atau komputer Anda ketika ada pesan baru di Telegram. Notifikasi ini berisi sebagian isi pesan dan pengirimnya. Fitur ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam melihat pesan baru tanpa harus membuka aplikasi Telegram secara penuh. Namun, beberapa orang mungkin merasa terganggu dengan balon obrolan ini dan ingin menonaktifkannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuka Pengaturan Telegram

Langkah pertama dalam menonaktifkan balon obrolan Telegram adalah membuka pengaturan aplikasi. Pada kebanyakan perangkat, Anda dapat menemukan ikon pengaturan di bagian atas atau bawah layar. Ketuk ikon pengaturan untuk membuka menu pengaturan Telegram.

Artikel Lain:  Contoh Carpon Bahasa Sunda tentang Sakola: Unik, Detail, dan Komprehensif

Pada komputer, Anda dapat menemukan menu pengaturan dengan mengklik ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar dan memilih “Settings” dari menu dropdown yang muncul.

Setelah Anda membuka menu pengaturan, cari opsi “Notifications & Sounds” atau “Notifikasi & Suara”. Pilihan ini mungkin berbeda pada setiap perangkat, tetapi Anda harus dapat menemukannya dengan mudah.

2. Mematikan Notifikasi Balon Obrolan

Setelah Anda masuk ke menu pengaturan Telegram, cari opsi untuk mengatur notifikasi. Biasanya, opsi ini ditemukan di bawah sub-menu “Notifications” atau “Notifikasi”. Ketuk atau klik opsi ini untuk membuka pengaturan notifikasi Telegram.

Dalam pengaturan notifikasi, Anda akan melihat daftar opsi yang dapat Anda atur. Cari opsi yang berkaitan dengan balon obrolan atau pemberitahuan pesan baru. Opsi ini mungkin diberi judul seperti “Chat Bubbles” atau “Balon Obrolan”.

Setelah Anda menemukan opsi tersebut, matikan atau nonaktifkan fitur balon obrolan dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi “Off” atau “Matikan”. Setelah Anda mengubah pengaturan ini, balon obrolan Telegram tidak akan muncul lagi ketika ada pesan baru.

3. Mengatur Notifikasi Lainnya

Selain menonaktifkan balon obrolan, Anda mungkin juga ingin mengatur notifikasi lainnya sesuai dengan preferensi Anda. Dalam pengaturan notifikasi Telegram, Anda dapat mengatur suara notifikasi, getaran, dan lampu LED yang muncul ketika ada pesan masuk.

Artikel Lain:  Medium Adalah Fisika: Panduan Lengkap dan Terperinci

Jika Anda ingin sepenuhnya menonaktifkan semua notifikasi Telegram, Anda juga dapat mematikan notifikasi suara dan getaran. Namun, pastikan Anda tetap memeriksa aplikasi secara manual untuk melihat pesan yang masuk, karena Anda tidak akan lagi menerima notifikasi apa pun.

Setelah Anda mengatur notifikasi sesuai dengan preferensi Anda, simpan pengaturan dan tutup menu pengaturan Telegram. Sekarang, Anda telah berhasil menonaktifkan balon obrolan Telegram dan mengatur notifikasi sesuai dengan keinginan Anda.

Ringkasan:

1. Buka pengaturan Telegram

2. Matikan notifikasi balon obrolan

3. Atur notifikasi lainnya sesuai preferensi Anda

Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan balon obrolan Telegram dan mengatur notifikasi sesuai dengan preferensi Anda. Jangan lupa untuk memeriksa aplikasi secara manual untuk melihat pesan yang masuk setelah menonaktifkan notifikasi. Selamat mencoba!

Leave a Comment