Cara Menggunakan Aplikasi Lain Sambil Video Call dengan Mudah

Video call menjadi salah satu cara yang populer untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat kita, baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja. Namun, seringkali kita juga perlu menggunakan aplikasi lain di saat yang bersamaan, seperti mengirim pesan atau membuka dokumen. Nah, dalam artikel ini, kami akan membagikan cara mudah untuk melakukan video call sambil menggunakan aplikasi lain. Dengan menggunakan tips ini, Anda dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan tanpa harus menghentikan video call Anda.

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Pertama, pastikan Anda memiliki smartphone atau perangkat yang memiliki RAM yang cukup untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Selain itu, pastikan juga Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi video call pilihan Anda serta aplikasi lain yang ingin Anda gunakan.

1. Membuka Aplikasi Video Call dan Aplikasi Lain Secara Bersamaan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi video call dan aplikasi lain secara bersamaan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon aplikasi video call di layar utama perangkat Anda dan kemudian menggunakan tombol navigasi untuk kembali ke layar utama dan membuka aplikasi lain yang Anda inginkan.

Summary: Langkah pertama adalah membuka aplikasi video call dan aplikasi lain secara bersamaan dengan mengklik ikon aplikasi video call dan menggunakan tombol navigasi untuk membuka aplikasi lain.

Artikel Lain:  Cara Melihat ER Instagram: Panduan Lengkap dan Detail

2. Menggunakan Fitur Layar Terbagi (Split Screen)

Beberapa perangkat memiliki fitur layar terbagi yang memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam mode tampilan terpisah. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu menekan dan tahan tombol multitasking atau tombol yang ditentukan pada perangkat Anda. Setelah itu, pilih aplikasi lain yang ingin Anda buka dan atur ukuran tampilan masing-masing aplikasi sesuai kebutuhan Anda.

Summary: Fitur layar terbagi memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam mode tampilan terpisah. Tekan dan tahan tombol multitasking, pilih aplikasi lain, dan atur ukuran tampilan masing-masing aplikasi.

3. Menggunakan Fitur Pop-up Window

Jika perangkat Anda tidak memiliki fitur layar terbagi, Anda masih dapat menggunakan fitur pop-up window. Beberapa aplikasi video call dan aplikasi lain menyediakan fitur ini. Anda dapat mengaktifkannya dengan mengklik ikon pop-up window di aplikasi video call Anda. Setelah itu, Anda dapat membuka aplikasi lain dalam jendela pop-up yang muncul dan menempatkannya di posisi yang nyaman bagi Anda.

Summary: Jika perangkat Anda tidak memiliki fitur layar terbagi, Anda dapat menggunakan fitur pop-up window yang disediakan oleh beberapa aplikasi. Aktifkan fitur ini di aplikasi video call Anda dan buka aplikasi lain dalam jendela pop-up yang muncul.

4. Menggunakan Perangkat Tambahan

Jika kedua cara di atas tidak memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan perangkat tambahan seperti tablet atau komputer. Anda dapat menjalankan video call di smartphone Anda sambil membuka aplikasi lain di perangkat tambahan tersebut. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap terhubung melalui video call sambil bekerja atau melakukan tugas di aplikasi lain.

Artikel Lain:  Perbedaan Philips MyCare dan Radiant Line: Mana yang Lebih Baik?

Summary: Jika tidak memungkinkan menggunakan fitur perangkat, Anda dapat menggunakan perangkat tambahan seperti tablet atau komputer untuk menjalankan video call di smartphone sambil membuka aplikasi lain di perangkat tambahan tersebut.

5. Menggunakan Fitur Picture-in-Picture (PiP)

Beberapa aplikasi video call modern menyertakan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang memungkinkan Anda untuk menjalankan video call dalam jendela kecil yang dapat dipindahkan ke bagian mana pun di layar perangkat Anda. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di pengaturan aplikasi video call Anda dan menikmati video call sambil membuka aplikasi lain di layar utama perangkat Anda.

Summary: Beberapa aplikasi video call menyediakan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang memungkinkan Anda menjalankan video call dalam jendela kecil yang dapat dipindahkan di layar perangkat Anda. Aktifkan fitur ini di pengaturan aplikasi video call Anda.

6. Menutup Aplikasi Lain yang Tidak Diperlukan

Jika Anda mengalami masalah dengan kinerja perangkat saat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, Anda dapat menutup aplikasi lain yang tidak diperlukan. Ini akan mengurangi beban pada RAM perangkat Anda dan memungkinkan Anda untuk menjalankan video call dengan lebih lancar.

Summary: Jika perangkat Anda terasa lambat saat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, tutup aplikasi lain yang tidak diperlukan untuk mengurangi beban pada RAM perangkat Anda.

7. Menggunakan Mode Tetap (Pin Mode)

Beberapa perangkat memiliki fitur Mode Tetap (Pin Mode) yang memungkinkan Anda untuk menjaga tampilan aplikasi tertentu tetap terbuka di layar, bahkan saat Anda membuka aplikasi lain. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di pengaturan perangkat Anda dan menjalankan video call sambil membuka aplikasi lain dalam mode tetap.

Artikel Lain:  Cara Melihat Nomor Dana Pengirim: Panduan Lengkap dan Terperinci

Summary: Fitur Mode Tetap (Pin Mode) memungkinkan Anda menjaga tampilan aplikasi tertentu tetap terbuka di layar saat Anda membuka aplikasi lain. Aktifkan fitur ini di pengaturan perangkat Anda.

8. Menggunakan Aplikasi Layar Pecah (Floating Apps)

Jika Anda ingin lebih fleksibel dalam menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, Anda dapat menggunakan aplikasi layar pecah (floating apps). Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi lain dalam jendela mengambang yang dapat diposisikan di layar perangkat Anda. Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi layar pecah yang sesuai dengan perangkat Anda di toko aplikasi.

Summary: Aplikasi layar pecah (floating apps) memungkinkan Anda menjalankan aplikasi lain dalam jendela mengambang di layar perangkat Anda. Cari dan unduh aplikasi layar pecah yang sesuai dengan perangkat Anda di toko aplikasi.

9. Menggunakan Layanan Konferensi Video

Jika Anda perlu berkomunikasi dengan beberapa orang dalam waktu yang bersamaan, Anda juga dapat menggunakan layanan konferensi video. Layanan ini memungkinkan Anda menjalankan video call dengan beberapa orang sekaligus, sehingga Anda tidak perlu membuka aplikasi lain saat sedang melakukan video call.

Summary: Jika Anda perlu berkomunikasi dengan beberapa orang dalam waktu yang bersamaan, gunakan layanan konferensi video untuk menjalankan video call dengan beberapa orang sekaligus.

10. Mengoptimalkan Pengaturan dan Koneksi Internet Anda

Terakhir, untuk memastikan video call Anda berjalan dengan lancar saat menggunakan aplikasi lain, pastikan untuk mengoptimalkan pengaturan dan koneksi internet Anda. Tutup aplikasi lain yang tidak diperlukan, matikan notifikasi yang mengganggu, dan pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat.

Summary: Untuk menjalankan video call sambil menggunakan aplikasi lain, pastikan untuk mengoptimalkan pengaturan dan koneksi internet Anda dengan menutup aplikasi lain yang tidak diperlukan, mematikan notifikasi yang mengganggu, dan menggunakan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda sekarang dapat menggunakan aplikasi lain sambil melakukan video call dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Leave a Comment