Chord Lagu Sulangan Mangan: Mengenal Lagu Daerah Sulawesi Selatan yang Menyentuh Hati

Pengantar

Lagu daerah Sulawesi Selatan memiliki kekayaan budaya yang begitu memukau. Salah satu lagu yang cukup terkenal adalah “Sulangan Mangan”. Lagu ini memiliki lirik yang menyentuh hati dan menjadi favorit banyak orang. Bagi Anda yang ingin belajar memainkan lagu ini, berikut chord dasar yang bisa Anda praktekkan.

Chord Lagu Sulangan Mangan

Berikut chord dasar dari lagu Sulangan Mangan:

Intro: Em D C B

Verse 1:

EmD

Sulangan mangan, kaluku mangan

CB

Umpama mangan, kaluku mangan

Chorus:

EmD

Sulangan mangan, kaluku mangan

CB

Umpama mangan, kaluku mangan

Verse 2:

EmD

Sulangan mangan, kaluku mangan

CB

Umpama mangan, kaluku mangan

Chorus:

EmD

Sulangan mangan, kaluku mangan

CB

Umpama mangan, kaluku mangan

Bridge:

Em D C B

Chorus:

EmD

Sulangan mangan, kaluku mangan

CB

Umpama mangan, kaluku mangan

Outro: Em D C B

Penjelasan Chord Lagu Sulangan Mangan

Lagu Sulangan Mangan memiliki chord dasar Em, D, C, dan B. Chord ini termasuk dalam kategori chord dasar yang mudah dipelajari, sehingga cocok bagi pemula yang ingin memainkan lagu ini.

Artikel Lain:  ETABS 2015 License Generator: Cara Mudah Mendapatkan Lisensi Gratis

Pada bagian intro dan outro, menggunakan urutan chord Em, D, C, dan B. Anda bisa berlatih menggantungkan jari pada fret 7, 5, 3, dan 2 pada senar ke-6 (senar paling bawah) untuk chord Em, D, C, dan B secara berurutan.

Pada verse 1 dan verse 2, menggunakan chord Em, D, C, dan B yang sama seperti pada intro dan outro. Anda bisa mempraktekkan petikan atau strumming yang sesuai dengan gaya bermain gitar Anda untuk memberikan nuansa yang lebih indah pada lagu ini.

Pada bagian chorus, menggunakan chord yang sama seperti pada intro, verse, dan outro. Anda dapat menggantungkan jari pada fret yang telah disebutkan sebelumnya.

Pada bagian bridge, menggunakan chord yang sama seperti pada intro dan outro. Anda bisa berlatih memainkan chord Em, D, C, dan B dengan pola yang berbeda untuk memberikan variasi pada lagu ini.

Sejarah Lagu Sulangan Mangan

Lagu Sulangan Mangan merupakan lagu daerah Sulawesi Selatan yang berasal dari tradisi masyarakat setempat. Lagu ini menggambarkan rasa cinta dan kerinduan seseorang yang sedang berada jauh dari keluarga dan tanah airnya.

Sulangan mangan memiliki arti “sungguh-sungguh ingin makan” atau dalam konteks lagu ini bisa diartikan sebagai “sungguh-sungguh ingin pulang”. Lagu ini menceritakan tentang seorang yang sedang merantau atau bekerja di tempat yang jauh dari keluarganya. Rindu akan keluarga dan tanah airnya begitu mendalam, sehingga ingin segera pulang dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta.

Artikel Lain:  SK Kelulusan - Pentingnya Surat Keputusan Kelulusan

Lagu ini banyak dinyanyikan dalam berbagai acara adat, pernikahan, dan perayaan di Sulawesi Selatan. Lirik yang sederhana namun penuh makna membuat lagu ini begitu populer dan dihafal oleh banyak orang.

Keindahan Lagu Sulangan Mangan

Lagu Sulangan Mangan memiliki keindahan tersendiri. Melodi yang sederhana namun mengena di hati membuat lagu ini begitu spesial. Selain itu, lirik yang menggambarkan kerinduan dan cinta pada keluarga dan tanah air juga menjadi daya tarik utama lagu ini.

Lagu ini juga memiliki keunikan dalam penggunaan bahasa dan budaya Sulawesi Selatan. Meskipun terdapat kearifan lokal dalam lagu ini, tetapi pesan dan emosi yang disampaikannya universal sehingga dapat dirasakan oleh siapa saja, tanpa memandang asal usul atau latar belakang budaya.

Bagi pecinta musik tradisional Indonesia, lagu Sulangan Mangan merupakan salah satu lagu yang wajib diketahui dan dipelajari. Lagu ini tidak hanya menjadi bagian dari warisan budaya Sulawesi Selatan, tetapi juga menjadi bagian dari kekayaan musik Indonesia yang perlu dilestarikan.

Kesimpulan

Lagu Sulangan Mangan adalah salah satu lagu daerah Sulawesi Selatan yang memiliki lirik yang menyentuh hati. Dengan chord dasar Em, D, C, dan B, Anda dapat memainkan lagu ini dengan mudah. Selain itu, lagu ini juga memiliki pesan yang universal tentang kerinduan pada keluarga dan tanah air. Mari kita lestarikan kekayaan budaya Indonesia, termasuk lagu-lagu daerah yang indah seperti Sulangan Mangan.

Leave a Comment