by

Ciri-Ciri Toko Online Terpercaya

Semakin meningkatnya transaksi elektronik khususnya di bidang jual beli online, maka tindak kejahatan yang dalam hal ini penipuan di dunia maya semakin marak terjadi. Semakin ke sini tampaknya para penipu di dunia online menggunakan cara yang semakin canggih saja. Jadi, sebagai pembeli Anda harus ekstra  berhati-hati. Jangan tergiur oleh kata-kata manis di iklannya, atau tergiur harga murah atau diskon, pastikan berpikir logis sebelum memutuskan bertransaksi di dunia maya, apalagi jika transaksi yang akan Anda lakukan berjumlah besar.

Ciri-Ciri Toko Online Terpercaya
Ciri-Ciri Toko Online Terpercaya

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan tersebut, berikut ini saya akan bagikan informasi mengenai ciri-ciri toko online terpercaya yang layak di ajak bertransaksi. Apa saja ciri-cirinya?

  1. Menggunakan Situs/Domain Berbayar

Toko online terpercaya selalu menggunakan domain/situs berbayar, entah itu menggunakan domain .com, .co.id atau lainnya. Untuk situs toko online di Indonesia sendiri mayoritas menggunakan .co.id yang artinya adalah company (perusahaan) di Indonesia. Jadi pastikan langkah pertama untuk menghindari penipuan online adalah dengan hanya mengunjungi situs toko yang berdomain resmi yang berbayar tersebut. Dan kalau memang tidak diperlukan hindarilah berbelanja pada toko online yang hanya menggunakan domain gratis seperti blogger (.blogspot.com) atau (.wordpress).com.

  1. Tampilan Website Profesional

Toko online yang terpercaya biasanya sudah dikelola dengan profesional, mulai dari manajemen tokonya hingga tampilan situsnya. Salah satu ciri  sebuah toko online aman untuk transaksi adalah tampilan websitenya yang profesional dan tidak asal-asalan. Tampilan website toko tersebut biasanya di buat sedemikian rupa agar memudahkan calon pembeli untuk melihat koleksi produk dan juga cara pemesanannya. Selain itu, dalam website tersebut juga dijelaskan deskripsi produk dengan lengkap dan mendetail.

  1. Menggunakan Sistem Pembayaran yang Aman

Toko online profesional dan terpercaya biasanya menggunakan sistem pembayaran yang memudahkan konsumen. Misalnya saja dengan menyediakan layanan cash on delivery (COD), internet banking, ataupun rekening bersama.

Biasanya toko online terpercaya menggunakan nama rekening perusahaannya pada semua bank yang dimiliki. Anda wajib berhati-hati jika diminta untuk mentransfer uang ke nomor rekening yang mencurigakan.

  1. Menggunakan Fixed Phone

Toko online yang mencantumkan ixed phone berjenis PSTN lebih bisa dipercaya. Karena dengan menggunakan PSTN, maka lokasi toko online tersebut lebih mudah dilacak.

  1. Track Record Google

Sebelum membeli barang di sebuah toko online, pastikan Anda meneliti dulu bagaimana track record dari toko tersebut. Dimana menelitinya? Anda bisa melihat komentar dan review dari para pembeli sebelumnya. Pastikan Anda memilih toko online dimana sistem websitenya memberi izin orang yang pernah membeli untuk mereview produk/layanan toko tersebut.

Selain itu, untuk memastikan keamanannya lagi, Anda bisa mencari tahu tentang domain website tersebut melalui Google Rank. Toko online yang terpercaya pasti akan mendapatkan ranking yang bagus dari Google.

  1. Menyediakan Informasi Pengiriman Produk

Toko online yang terpercaya biasanya juga mencantumkan halaman dimana para konsumen bisa melakukan tracking pengiriman produk mereka. Toko online ini akan langsung memberikan nomor resi pengiriman paket produk Anda setelah selesai diproses. Dan dengan nomor resi tersebut, Anda bisa mengeceknya melalui situs ekspedisi ataupun pada toko online itu sendiri. Bahkan ada sebagian toko online yang mengirimkan riwayat pengiriman paket Anda melalui email ataupun sms.

Itulah diatas ciri-ciri toko online yang terpercaya. Walau tak bisa 100% aman, setidaknya dengan menerapkan tips diatas, tindak penipuan akan bisa di minimalisir.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *