Contoh Ro Sukun Didahului Hamzah Washal

Pengertian Ro Sukun Didahului Hamzah Washal

Ro sukun didahului hamzah washal merupakan salah satu gabungan huruf dalam bahasa Arab yang sering digunakan dalam membaca Al-Quran. Huruf Ro sukun adalah huruf yang memiliki tanda sukun di atasnya, sedangkan hamzah washal adalah hamzah yang dilafalkan dengan cara menambahkan tanda sukun di atasnya.

Contoh Penggunaan Ro Sukun Didahului Hamzah Washal

Penggunaan ro sukun didahului hamzah washal biasanya ditemukan dalam beberapa kata dalam Al-Quran. Berikut adalah beberapa contoh penggunaannya:

1. Kata “masya”. Contoh penggunaannya terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 284:

“Lillahi mafis samawati wama fil ardhi, wa-in tubdhu ma fi anfusikum aw tukhfu yuhasibkum bihi Allah, fa-yaghfiru limayyasya’u wa-yu’adzdzibu mayyasya’u. Wa-llahu ‘ala kulli syai’in qadir.”

Artinya: “Kepunyaan Allah-lah apa yang ada di langit dan di bumi. Jika kamu menyingkapkan apa yang ada dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan menghisab kamu dengan itu. Kemudian Allah akan mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan mengazab siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Artikel Lain:  Cara Pemasangan Bronjong Sungai: Solusi Terbaik dalam Mengatasi Erosi Sungai

2. Kata “mustaqbal”. Contoh penggunaannya terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 263:

“Qaulun marufun wa maghfiratun khairun min sadaqatin yatba’uha adzza.”

Artinya: “Kata-kata yang baik dan pengampunan lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan celaan.

3. Kata “mushawwir”. Contoh penggunaannya terdapat pada Surat Asy-Syura ayat 11:

“Laisa kamitslihi syai’un wa huwas sami’ul basir.”

Artinya: “Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Melihat.

Pengaruh Penggunaan Ro Sukun Didahului Hamzah Washal pada Tajwid

Penggunaan ro sukun didahului hamzah washal juga mempengaruhi cara membaca Al-Quran secara tajwid. Dalam tajwid, penggunaan ro sukun didahului hamzah washal akan mempengaruhi cara melafalkan huruf sebelumnya.

Contohnya, ketika kata yang mengandung ro sukun didahului hamzah washal berada setelah huruf yang berhuruf mad, maka huruf mad tersebut akan dilafalkan dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh:

1. Kata “masya”. Kata ini mengandung huruf ya yang berhuruf mad. Ketika diikuti oleh ro sukun didahului hamzah washal, maka huruf ya tersebut akan dilafalkan dengan cara mad thabi’i.

2. Kata “mustaqbal”. Kata ini mengandung huruf qaf yang berhuruf mad. Ketika diikuti oleh ro sukun didahului hamzah washal, maka huruf qaf tersebut akan dilafalkan dengan cara mad lazim kalimi.

Artikel Lain:  Ho Tongtong Ihuthononku Lirik: Memahami Makna dan Pesan di Balik Liriknya

3. Kata “mushawwir”. Kata ini mengandung huruf wawu yang berhuruf mad. Ketika diikuti oleh ro sukun didahului hamzah washal, maka huruf wawu tersebut akan dilafalkan dengan cara mad lazim kilmi mutsaqqal.

Kesimpulan

Dalam membaca Al-Quran, kita akan menemukan penggunaan ro sukun didahului hamzah washal dalam beberapa kata. Penggunaan ini juga mempengaruhi cara melafalkan huruf sebelumnya, terutama dalam tajwid. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal dan memahami contoh penggunaan ro sukun didahului hamzah washal agar dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Leave a Comment